Nasional

Yakin Enggak Lolos Tanggapi Penunjukan Ahok Jadi Pimpinan BUMN Said Didu Soroti Gaya Kepemimpinan

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu menyebut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak cocok menjadi direksi perusahaan BUMN. Said Didu menilai karakter Ahok sama sekali tak pantas untuk menjabat sebagai direksi di perusahaan BUMN. Hal itu disampaikannya melalui tayangan 'SAPA INDONESIA MALAM' yang diunggah kanal YouTube KOMPASTV, Jumat (15/11/2019).

Mulanya, Said Didu menganggap pernyataan Politisi Partai Golkar Andre Rosiade yang meyakini Ahok akan menjabat sebagai Komisaris Utama PLN. Namun, berdasarkan pengalamannya di BUMN, Said Didu menyebut untuk menjadi komisaris calon kandidat tak perlu melakukan tes. "Apa yang dikatakan Pak Andre tadi kebetulan saya yang bikin itu 2005, jadi komisaris itu enggak ada fit and proper test, sampai sekarang belum ada, siapa saja bisa ditaruh situ," terang Said Didu.

"Yang fit and propertest itu direksi, dan saya masih punya keyakinan, karena yang melakukan fit and proper test direksi itu pihak ketiga," sambungnya. Lantas, Said Didu mengaku tak terlalu yakin Ahok akan lolos dalam tes di perusahaan BUMN tersebut. "Saya belum yakin kalau Ahok ikut tes bisa lulus untuk di direksi," jelas Said Didu.

"Di direksi (perusahaan BUMN ) mana saja." Menanggapi pernyataan Said Didu, Andre Rosiade lantas memberikan penjelasan terkait fit and proper test bagi calon direksi BUMN. "Maksudnya Pak Said ada fit and proper test itu dilakukan oleh pihak ketiga, ada pihak ketika yang melakukan assasement," ucap Andre Rosiade.

"Nanti setelah yang lolos itu baru dikirim ke menteri." Lantas, Presenter Aiman Wicaksono kembali menanyakan maksud pernyataan Said Didu yang meyakini Ahok tak akan lolos dalam fit and proper test calon direksi BUMN. "Kenapa Anda mengatakan Ahok pasti tidak lolos?," tanya Aiman.

"Saya agak paham karena itu susah sekali diintervensi, saya menyeleksi itu hampir 10 ribu orang dan saya paham betul karakter yang seperti itu," jawab Said Didu. Tak memahami maksud Said Didu, Aiman kembali menanyakan maksud pernyataan Said Didu tersebut. "Karakter apa yang kemudian menggagalkan Ahok untuk menjadi direksi BUMN?," tanya Aiman.

Menurut Said Didu, gaya kepemipinan adalah hal yang menjadi hal penting dalam seleksi calon direksi BUMN. "Bobot tertinggi di situ kalau sudah di direksi adalah gaya kepemimpinan," jelas Said Didu. "Saya enggak tahu cocok di mana gaya kepemimpinan Ahok."

Diberitakan sebelumnya, nama Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh publik karena disebut akan mengisi jabatan di BUMN. Tak banyak yang tahu, ternyata Ahok adalah lulusan Teknik Geologi Dalam laman tersebut, dituliskan Ahok berkuliah di Universitas Trisakti.

Tepatnya di Jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral pada 1989. Ahok menghabiskan masa anak anak dan remajanya di kampung halamannya di Kabupaten Belitung Timur. Ia pun menempuh pendidikan dasar dan menengah pertamanya di sana.

Tercatat Ahok pernah bersekolah di SD Negeri III Gantung, Belitung Timur pada 1977. Selepas itu, Ahok bersekolah di SMP Negeri I Gantung, Belitung Timur pada 1981. Pada saat SMA, ia berpindah ke ibu kota.

Ayah dari Nicholas ini lalu bersekolah di SMAK III PKSD Jakarta. Selepas kuliah, Ahok medirikan sebuah perusahaan berbentuk CV yang bergerak di bidang pertambangan pada 1989. Hal ini seperti yang dikutip dari tayangan YouTubeKompas Tv, Jumat (15/11/2019).

Tiga tahun berselang, ia mendirikan PT Nurindra Ekapersada. Tak berhenti sampai di situ, Ahok melebarkan sayapnya di bidang usaha dengan mendirikan Pabrik Gravel Pack Sand di Belitung Timur. Sayang usahanya terhenti akibat ditutup pemerintah.

Ayah tiga anak ini mengaku ada oknum dari Kementerian Kehutanan, yang menerbitkan sertifikat hutan lindung di lahan tambang miliknya itu. Ahok kemudian mencoba peruntungannya di dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD kabupaten Belitung Timur. Partai Perhimpunan Indonesia Baru jadi pelabuhan pertamanya di dunia politik.

Ahok menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur hanya selama satu tahun, hal ini dikarenakan ia mencalonkan diri menjadi Bupati Belitung Timur dan menang pada 2005. Empat tahun berselang, pria kelahiran Belitung ini kembali menjadi anggota legislatif. Kali ini ia masuk Partai Golkar dan berhasil menjadi anggota DPR RI.

Karier politiknya mulai menanjak saat Joko Widodo (Jokowi) mengajaknya berduet pada pemilihan gubernur DKI Jakarta pada 2012. Mereka pun berhasil mengalahkan sang petahana, Fauzi Bowo. Ahok menjabat wakil gubernur hanya dua tahun saja, karena Jokowi terpilih sebagai presiden pada 2014.

Dengan terpilihnya Jokowi sebagai presiden, secara otomatis Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta untuk menyelesaikan periodenya bersama Jokowi. Pada masa kepemimpinannya, Jakarta mengalami banyak perubahan. Paling disorot adalah saat Ahok mengubah kawasan lokalisasi Kalijodo menjadi taman terbuka untuk masyarakat.

Pilkada DKI 2017, bersama dengan wakilnya, Djarot Syaiful Hidayat, Ahok kembali mencalonkan diri sebagai pimpinan rakyat DKI Jakarta. Sayang, langkahnya terhenti pada putaran kedua Pilkada DKI. Ia berhasil dikalahkan oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Baca Berita Lain

Luhut Minta Elite Politik Jangan Pelintir Berita soal Penanganan Corona

Adinda Sherlina

Dibully Karena Dinilai Selingkuh dengan Puput Nastiti, Ahok Puji Balasan Ibunya: Bijak Tapi Nyelekit

Adinda Sherlina

Video Detik Detik Kapal Pengawas Perikanan Vietnam Tabrak KRI Tjiptadi 381 Di Laut Natuna Utara

Adinda Sherlina

ICMI Harap Wapres Ma’ruf Keliling Kampus Perkuat Budaya Ilmiah Bahas Penanganan Radikalisme

Adinda Sherlina

Biar Dibahas Antar DPRD 9 Miliar Polemik 1 Set Komputer Rp 128 Anies Baswedan

Adinda Sherlina

Erupsi Gunung Anak Krakatau Tidak Memicu Tsunami BMKG

Adinda Sherlina

Remisi 1.049 Napi dalam Rangka Waisak Hemat Anggaran Makan Rp 606 Juta

Adinda Sherlina

Hanya . . . Anies Enggan Komentar Banyak Disinggung soal Banjir Berkali-kali Terjadi di Jakarta

Adinda Sherlina

Kebijakan Recovery Bond Model Perampokan Negara di Tengah Pandemi Corona

Adinda Sherlina

Leave a Comment