Pendidikan

TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

<div ><div id='InformasiAwal'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) adalah badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi bertugas dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan "Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi".

Termasuk meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi. <div ><div id='Sejarah'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> BAN PT berdiri pada tahun 1994, berlandaskan UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

Sebagai satu satunya badan akreditasi yang diakui oleh pemerintah BAN PT memiliki wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi pada pendidikan tinggi. Dalam wewenang ini termasuk juga melaksanakan akreditasi bagi semua institusi pendidikan tinggi (baik untukPerguruan Tinggi Negeri(PTN),Perguruan Tinggi Swasta(PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK); program program pendidikan jarak jauh; dan program program, secara kerjasama dengan insitiusi pendidikan tinggi di dalam negeri, yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar negeri (saat ini institusi pendidikan tinggi dari luar negeri tidak dapat beroperasi, secara legal, di Indonesia). DalamPP No. 60 tahun 1989disebutkan bahwa BAN PT merupakan badan yang mandiri (independen) yang diangkat dan melaporkan tugasnya padaMenteri Pendidikan Nasional.

Fungsi utamaBadan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi(BAN PT) menurut peraturan perundangan yang ada (UU No. 20 tahun 2003, PP No. 60/1999, SK Menteri Pendidikan Nasional No. 118/U/2003), pada dasarnya adalah: membantuMenteri Pendidikan Nasionaldalam pelaksanaan salah satu kewajiban perundangannya, yaitu penilaian mutu perguruan tinggi, yaituPerguruan Tinggi Negeri,Kedinasan, Keagamaan, danSwasta. Lebih lanjut, dengan telah diundangkannya UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta telah dikeluarkannya Permendikbud No. 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional, fungsi utama BAN PT mengalami perubahan yang cukup signifikan terutama dengan adanya pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) untuk ilmu ilmu serumpun yang merupakan amanat dari undang undang (UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). BAN PT setidaknya memiliki enam peran dan tugas, yaitu: (1) mengembangkan sistem akreditasi nasional; (2) melaksanakan akreditasi institusi; (3) melaksanakan penilaian kelayakan prodi /PT baru bersama Ditjen Dikti; (4) memberikan rekomendasi dan (5) evaluasi terhadap LAM, serta (6) melaksanakan akreditasi program studi yang belum memiliki LAM serumpun.

Tata Kelola BAN PT terdiri atas Majelis Akreditasi yang berkoordinasi dengan Menristekdikti, kemudian Majelis membawahi Dewan Eksekutif yang mebawahi 3 divisi (Divisi Program/Akreditasi, Divisi Pengembangan dan Evaluasi, Divisi Sistem dan Pengelolaan Data) serta Sekretariat. Menristekdikti bertugas mengukuhkan Dewan Majelis serta Dewan Eksekutif. <div ><div id='VisidanMisi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div>

<div >

Baca Berita Lain

Perlu Evaluasi Sistem Pendidikan Tinggi Agar Mencerminkan Kurikulum Revolusi Industri 4.0.

Adinda Sherlina

INAIS Bogor Umumkan Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri di Acara Wisuda

Adinda Sherlina

LENGKAP! Bacaan & Niat Puasa Senin – Kamis Berikut Arti & 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Adinda Sherlina

Jangan Tunggu Aba-Aba Jangan Tunggu Perintah! Pesan Nadiem di Hari Guru Nasional

Adinda Sherlina

E Voting Pemilihan Ketua Umum ILUNI UI Gunakan Aplikasi UI Connect

Adinda Sherlina

Ini 4 Amalan Agar Panen Pahala Selamat Datang Bulan Rajab 1441 H Hari Ini Selasa 25 Februari 2020

Adinda Sherlina

Kembangkan Social Emotional Learning di Sekolah Dasar

Adinda Sherlina

Perum Perindo Salurkan Bantuan Pendidikan buat 11 Mahasiswa Jurusan Perikanan dari Keluarga Nelayan

Adinda Sherlina

Link Pendaftaran UTBK Gelombang II, Simak Mekanisme dan Jadwal Tesnya, Jangan Sampai Ketinggalan!

Adinda Sherlina

Leave a Comment