Pendidikan

TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

<div ><div id='InformasiAwal'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) adalah badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi bertugas dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan "Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi".

Termasuk meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi. <div ><div id='Sejarah'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> BAN PT berdiri pada tahun 1994, berlandaskan UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

Sebagai satu satunya badan akreditasi yang diakui oleh pemerintah BAN PT memiliki wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi pada pendidikan tinggi. Dalam wewenang ini termasuk juga melaksanakan akreditasi bagi semua institusi pendidikan tinggi (baik untukPerguruan Tinggi Negeri(PTN),Perguruan Tinggi Swasta(PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK); program program pendidikan jarak jauh; dan program program, secara kerjasama dengan insitiusi pendidikan tinggi di dalam negeri, yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar negeri (saat ini institusi pendidikan tinggi dari luar negeri tidak dapat beroperasi, secara legal, di Indonesia). DalamPP No. 60 tahun 1989disebutkan bahwa BAN PT merupakan badan yang mandiri (independen) yang diangkat dan melaporkan tugasnya padaMenteri Pendidikan Nasional.

Fungsi utamaBadan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi(BAN PT) menurut peraturan perundangan yang ada (UU No. 20 tahun 2003, PP No. 60/1999, SK Menteri Pendidikan Nasional No. 118/U/2003), pada dasarnya adalah: membantuMenteri Pendidikan Nasionaldalam pelaksanaan salah satu kewajiban perundangannya, yaitu penilaian mutu perguruan tinggi, yaituPerguruan Tinggi Negeri,Kedinasan, Keagamaan, danSwasta. Lebih lanjut, dengan telah diundangkannya UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta telah dikeluarkannya Permendikbud No. 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional, fungsi utama BAN PT mengalami perubahan yang cukup signifikan terutama dengan adanya pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) untuk ilmu ilmu serumpun yang merupakan amanat dari undang undang (UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). BAN PT setidaknya memiliki enam peran dan tugas, yaitu: (1) mengembangkan sistem akreditasi nasional; (2) melaksanakan akreditasi institusi; (3) melaksanakan penilaian kelayakan prodi /PT baru bersama Ditjen Dikti; (4) memberikan rekomendasi dan (5) evaluasi terhadap LAM, serta (6) melaksanakan akreditasi program studi yang belum memiliki LAM serumpun.

Tata Kelola BAN PT terdiri atas Majelis Akreditasi yang berkoordinasi dengan Menristekdikti, kemudian Majelis membawahi Dewan Eksekutif yang mebawahi 3 divisi (Divisi Program/Akreditasi, Divisi Pengembangan dan Evaluasi, Divisi Sistem dan Pengelolaan Data) serta Sekretariat. Menristekdikti bertugas mengukuhkan Dewan Majelis serta Dewan Eksekutif. <div ><div id='VisidanMisi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div>

<div >

Baca Berita Lain

Sang Murid Ungkap Sifat Sang Guru Sebenarnya Kisah Wali Kelas Buat Status WA Soal Nilai Ujian

Adinda Sherlina

Extramarks Indonesia Memilih Donna Agnesia Sebagai Brand Ambassador

Adinda Sherlina

Siswa MAN 2 Malang capai Rp 200 Juta dari Lotte Beasiswa Juara 2019

Adinda Sherlina

Kongres Ikatan Alumni ITS Aklamasi Pilih Sutopo Kristanto sebagai Ketua Umum

Adinda Sherlina

10 Perguruan Tinggi Masuk Daftar Kampus dengan Penelitian Terbaik di Indonesia

Adinda Sherlina

Dilengkapi Linknya & Bisa Diunduh di Sini Kisi-kisi Ujian Nasional SMA Sederajat 2019/2020

Adinda Sherlina

Gramedia Matraman Gelar LiterArt Festival 2019 Tingkatkan Kemampuan Literasi & Seni

Adinda Sherlina

Perlu Evaluasi Sistem Pendidikan Tinggi Agar Mencerminkan Kurikulum Revolusi Industri 4.0.

Adinda Sherlina

Beri Motivasi Penggunaan Bahasa Inggris yang Baik Melalui Kampanye EF Ambassador

Adinda Sherlina

Leave a Comment