Nasional

Terungkap Kebiasaan Sebenarnya Eks Dirut Garuda Ari Ashkara di Kampung Punya 12 Sertifikat Tanah

Kebiasaan sebenarnya eks Dirut Garuda I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra alias Ari Askhara saat berada di kampung halamannya, Bali diungkap Kelian Banjar Dinas Padang Bali, Gede Mustika. Kelian Banjar Dinas Padang Bali, Gede Mustika menuturkan, Ari Askhara mempunyai sekitar 12 sertifikat tanah di lingkungan Banjar. "Dia termasuk jajaran orang kaya di Dalung. Kurang lebih ada sekitar 12 sertifikat tanah atas nama milik dia di Banjar sini saja," ucap Gede mustika.

Meski demikian, Gede Mustika mengaku tak tahu peruntukan aset tanah tersebut, mengingat keluarga eks Dirut Garuda itu hanya pulang saat piodalan dalam 6 bulan sekali. Lebih lanjut, Gede Mustika memaparkan ia dan warga sekitar jarang berinteraksi dengan Ari Askhara yang sejak lahir di Jakarta. Ari Askhara sebagai buah hati dari pasangan I Gusti Ngurah Sudana dan Gusti Ayu Adhi, mereka merupakan pensiunan Pertamina.

Berdasarkan catatan akta keluarganya, Ari Askhara tercatat sebagai warga Banjar Padang Bali yang beristrikan I Gusti Ayu Rai Diana Dewi dan memiliki dua anak yaitu I Gusti Ngurah Askahiran Devananda (20) dan I Gusti Ayu Kalyana Panyadita (17). Menurut Gede Mustika, keluarga Ari Askhara lebih banyak beraktivitas dan tinggal di Jakarta. "Ketemu yang bersangkutan ketika piodalan, sembahyang, sekitar 1 2 jam selesai, udah lagi pergi enggak tau kemana," beber Gede Mustika.

Gede Mustika mengungkapkan, sebagai kelian banjar sejak 4 tahun lalu ia sekadar berkomunikasi dalam pertemuan piodalan dan urusan administrasi banjar. "Kalau bapaknya, Gusti Ngurah Sedana sudah sering pulang tetapi bolaj balik sini ke Jakarta lagi," tegas Gede Mustika. Dengan demikian, Gede Mustika menyatakan tak terlalu mengetahui keseharian keluarga eks Dirut Garuda itu.

Ia bahkan mengaku tak pernah melihat ada moge di kediaman Ari Askhara. "Rumahnya hanya dijaga dua pembantu dan digarasi hanya ada satu mobil saja, saya sering ke sana untuk nganter surat," ucapnya. Kendati tak mengetahui keseharian eks Dirut Garuda, Gede Mustika menegaskan bahwa ia mengenal kebiasaan keluarga Ari Askhara di kampung yang kerap membantu.

'Sering mereka bantu bantu kegiatan banjar dalam bentuk dana sumbangan,'' jelas Gede Mustika. Diberitakan sebelumnya, karier Ari Ashkara yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia kini berakhir buruk. Ari Askhara dicopot dari jabatannya tersebut oleh Menteri BUMN, Erick Thohir akibat tersandung kasus penyelundupan lewat pesawat Garuda, maskapai penerbangan yang dipimpinnya.

Ari Askhara kedapatan menyelundupkan onderdill dan motor gede (moge) Harley Davidson keluaran tahun 1972 serta dua sepeda lipat mewah merk Brompton di dalam pesawat Garuda dari Toulouse, Perancis Jakarta. Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir akan memberhentikan Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara. Pencopotan Ari Ashkara tersebut dilatarbelakangi oleh temuan Bea dan Cukai atas motor Harley Davidson dan sepeda Brompton ilegal di pesawat baru milik Garuda berjenis Airbus A3330 900 NEO.

Pesawat tersebut melakukan perjalanan perdananya dari pabrik Airbus di Perancis. "Dengan itu, saya akan memberhentikan Saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses ini kami, karena Garuda adalah perusahaan publik, akan ada prosedur lainnya," kata Erick Thohir. Lantas, berapa harta kekayaan Ari Askhara?

Dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id, tercatat harta kekayaan Ari sebesar Rp 37.561.339.665. Data tersebut berdasarkan laporan hasil kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) milik Ari tertanggal 28 Maret/Periodik 2018. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan data LHKPN periode sebelumnya yang berjumlah Rp 29.392.625.000.

Mayoritas harta kekayaan Ari Ashkara berupa tanah dan bangunan yang memiliki nilai Rp 23.275.000.000. Dari laporan itu, diketahui Ari Ashkara memiliki sejumlah bidang tanah di beberapa kota, yaitu Jakarta Timur, Bogor, Bekasi, Buleleng, Denpasar, dan Gianyar. Untuk kekayaannya di bidang alat transportasi dan mesin, total ia memiliki tiga mobil dengan nilai Rp 1.370.000.000.

Namun, tak ada motor Harley dan sepeda Brompton dalam laporan itu. Tercatat ia memiliki mobil Mitsubishi Pajero Sport Jeep tahun 2012 seharga Rp 325.000.000. Ia juga memiliki dua mobil mewah, yaitu mobil Mazda 6 Sedan tahun 2017 senilai Rp 420.000.000 dan mobil Lexus Minibus tahun 2016 seharga Rp 625.000.000.

Sementara itu, harta bergerak yang dimiliki oleh Ari bernilai Rp 95.000.000. Ari Ashkara memiliki harta di bidang kas dan setara kas dengan total nilai Rp 10.441.339.665. Ia juga tercatat memiliki harta lainnya yang berjumlah Rp 2.380.000.000.

Kini, jabatan Ari Ashkara Askhara digantikan oleh Fuad Rizal yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. "Tadi sudah kami konfirmasi Plt Dirut (Direktur Utama) adalah Direktur Keuangan," kata Budi Karya Sumadi di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Baca Berita Lain

Direksi TVRI Bingung Pemberhentian Helmy Yahya karena Faktor Liga Inggris

Adinda Sherlina

Jalani Pemeriksaan KPK 7 Jam, Mantan Dirut Garuda Indonesia Belum Juga Ditahan

Adinda Sherlina

Mendagri Diminta Bina Bupati Lumajang & Bolaang Mongondow Timur yang Saling Sindir

Adinda Sherlina

Lowongan BUMN Perum Perumnas, Pendidikan Minimal Sarjana Buka hingga 18 Juli 2019

Adinda Sherlina

KPK Masih Punya PR Buronon Lain Selain Nurhadi Peneliti ICW Kurnia Ramadhana

Adinda Sherlina

Pilih Lokasi Tes di Kota Masing-masing atau yang Paling Dekat Daftar 74 Pusat UTBK 2020

Adinda Sherlina

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah SMP

Adinda Sherlina

Jawaban Soal Buatlah 1 Adegan Naskah Drama yang Diadaptasi dari Cerpen atau Novel

Adinda Sherlina

Pemuka Agama di Nduga Ungkap Kepedihan Warga : Ingin Cari Suaka dan Rencana Boikot Pemilu

Adinda Sherlina

Leave a Comment