Regional

Sesar Aceh Kini Perlu Diwaspadai Sejak 2004 Sepi 8 SR di Aceh Analisa BMKG Tentang Gempa 4

Provinsi Aceh baru saja diguncang Gempa bumi dengan kekuatan 4,2 Skala Richter (SR). Gempa mengguncang Kota Banda Aceh, Aceh Besar, dan Kota Sabang, Propinsi Aceh, Kamis (4/6/2020) pukul 05.27 WIB. Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, hasil monitoring BMKG hingga pukul 6.40 WIB sudah tercatat delapan kali aktivitas gempa.

Pertama dua gempa pembuka atau gempa pendahuluan (foreshocks). Selanjutnya gempa utama (mainshock) dan kemudian serangkaian lima gempa susulan (aftershocks). Menurut Daryono, segmen sesar Aceh adalah salah satu segmen sesar aktif sehingga dapat terjadi akumulasi tegangan (stress) kulit bumi di bagian Utara Sesar Besar Sumatra.

“Setelah Gempa Aceh 2004 tampak di zona segmen Sesar Aceh ini aktivitas gempanya relatif sepi dari gempa signifikan,” demikian keterangan Daryono dalam pesan digital pada Kamis (4/6/2020). Ia juga mengatakan bahwa kondisi semacam ini dapat disebut sebagai “seismic gap” yaitu zona sepi gempa meski sesarnya aktif. Ia memprediski satu saat di zona ini dapat terjadi gempa signifikan. Untuk itu Segmen Aceh ini menjadi salah satu segmen sesar aktif yang patut diwaspadai.

Gempa bumi yang terjadi pada pukul 05.31 WIB di wilayah Aceh dan Sabang berada pada koordinat 5,50 LU dan 95,33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Tenggara Banda Aceh pada kedalaman 10 km. Info Gempa Mag:4.6 SR, 04 Jun 20 05:27:28 WIB, Lok:5.97 LU,95.09 BT (26 km BaratLaut KOTA SABANG ACEH), Kedalaman:10 Km ::BMKG BSI. "Saya terkejut lagi tidur tiba tiba bergoyang tempat tidur dan bola lampu listrik.

"Saya kira kepala pusing ternyata memang gempa," ujar Sahlan, Salah Seorang Warga Montasik kepada Serambinews.com, Kamis (4/6/2020) Informasi yang dihimpun, akibat gempa terjadi bakdasubuh itu laporan sementara diterima ada satu rumah rusak. Lokasi bangunan rumah rusak ini terletak di Keunekai, Sabang.

Hingga kini belum diketahui nama pemilik rumah. Dari gambar terlihat salah satu sisi dindingnya runtuh. Berdasarkan informasi sementara yang di himpun serambinews.com dari grup Forkom SAR Aceh, gempa yang terjadi pada subuh pusat gempa di Banda Aceh dan terasa guncangannya hingga di Aceh Besar dan Sabang. Bahkan, dampak gempa yang terjadi tadi ada bangunan rusak di Keunekai Sabang. Info Gempa Mag:4.6 SR, 04 Jun 20 05:27:28 WIB, Lok:5.97 LU,95.09 BT (26 km BaratLaut KOTA SABANG ACEH), Kedlmn:10 Km ::BMKG BSI.

"Saya terkejut lagi tidur tiba tiba bergoyang tempat tidur dan bola lampu listrik. "Saya kira kepala pusing ternyata memang gempa,"ujar Sahlan, Salah Seorang Warga Montasik kepada Serambinews.com, Kamis (4/6/2020) BNPB memonitor dampak pascagempa berkekuatan M 4,8 yang terjadi di Aceh Kamis (4/6/2020). Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) masih melakukan pendataan pascagempa tersebut.

Gempa dirasakan masyarakat di Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar. Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat, yakni guncangan yang dirasakan di Sabang III MMI serta Banda Aceh dan Aceh Besar pada II MMI. Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan kerusakan di Sabang. Laporan sementara mencatat kerusakan rumah di daerah Kelurahan Paya, Kecamatan Sukajaya, Sabang.

BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh pada informasi palsu. Pastikan sumber informasi dari institusi resmi seperti BNPB, BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh atau Daerah.

Baca Berita Lain

Kayak Zaman Baheula Dulu kisah Unik Walkot Surabaya Tri Rismaharini Perangi Corona

Adinda Sherlina

Berkedudukan & Memiliki Martabat yang Sangat Tinggi Marga Latuconsina Ternyata Disandang Raja

Adinda Sherlina

Warga Sudah Mencium Aroma Menyengat Sejak 2 Hari Sebelumnya Pria Ditemukan Membusuk di Kamar Kos

Adinda Sherlina

Polisi Bongkar Makam buat Autopsi Fakta Terbaru Gadis Diperkosa Bergilir hingga Meninggal

Adinda Sherlina

Nasib Kuli Bangunan di Riau Berakhir Tragis Mengaku Jadi Selingkuhan Istri Teman Sendiri

Adinda Sherlina

Pacaran Seperti Suami Istri Saat Hamil Malah Ditinggal Nikah Siri Nasib Pilu Siswi SMP di Lamongan

Adinda Sherlina

Perawat Senior RS Siloam Surabaya Meninggal Terpapar Covid-19

Adinda Sherlina

Empat Santri Asal Madiun yang Pulang Kampung Positif Covid-19

Adinda Sherlina

Tulis Surat & Minum Racun Ini Alasan Michael Sampai hendak Pasang Badan Mengaku Jadi Pembunuh Elvina

Adinda Sherlina

Leave a Comment