Pendidikan

Sang Murid Ungkap Sifat Sang Guru Sebenarnya Kisah Wali Kelas Buat Status WA Soal Nilai Ujian

Viral thread Twitter soal status seorang guru tentang nilai ujian. Thread Twitter itu dibuat oleh akun bernama @alfhrodite pada Sabtu 21 Desember 2019. Sampai hari ini, Rabu 25 Desember 2019, unggahan tersebut mendapat 1.600 komentar, 30.400 retweet, dan 45.400 like dari warganet.

@alfhrodite membagikan status WhatsApp yang dibuat oleh wali kelasnya, Ibu Guru Nani Roswati. Nani Roswati meminta para orangtua agar tidak terlalu menuntut terhadap nilai ujian anak anaknya. Ia mengingatkan jika potensi dalam setiap anak berbeda beda.

"Di tengah tengah para pelajar yang menjalani ujian itu Ada calon seniman yang tidak perlu menggerti matematika. Ada calon pengusaha yang tidak butuh pelajaran sejarah atau sastra.

Ada calon musisi yang nilai kimianya tak akan berarti. Ada calon olahragawan yang lebih mementingkan fisik daripada fisika," tulis Nani Roswati. Ia juga meminta agar para orangtua tidak kecewa bila anak anaknya tidak menjadi yang teratas.

"Sekiranya anak Anda lulus menjadi yang teratas, hebat! Tapi bila tidak, mohon jangan rampas rasa percaya diri mereka. Katakan saja: tidak apa apa, itu hanya sekedar ujian."

Ia mengaku tak menyangka jika status tersebut akan viral. "Saya kaget, karena saya jadwalnya padat yah. Kadang ngajar di sanggar dan les privat," Nani kini menjadi wali kelas di kelas XI SMK N 1 Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Hari di mana ia membuat status tersebut bertepatan dengan pembagian rapot di sekolah. Nani mendapat banyak keluhan orangtua yang merasa nilai anaknya turun. Ia lalu membuat status tersebut untuk memotivasi orangtua murid.

"Entah kenapa waktu itu saya buka percakapan di whatsapp grup, saya juga lupa dari mana itu video," "Kemudian saya upload di status wa, harapannya bisa memotivasi banyak orang," ujarnya. Video itupun di screencapture oleh muridnya bernama Alfi, dan dibuat utasan di Twitter sehingga menjadi viral.

Kemudian siswi bernama lengkap Alfiaturrokhmah, menceritakan sosok Nani saat dikelas. Nani ternyata sudah 6 tahun ini menjadi guru. Di sekolah, ia lebih suka dipanggil dengan sebutan 'bunda'.

Alfi pun menceritakan Nani adalah sosok ibu guru yang baik dan pengertian. Menurut Alfi, Nani juga sering menasehati anak didiknya. "Di kelas sering banget menasehati anak anak seperti memberi life lessons,"

"Pas bagi rapot juga tidak seperti orang tua datang, dikasih rapot kemudian pulang, tetapi dibilangin dulu anak ini gimana ke walinya," tutur Alfi. Alfi juga menuturkan jika sosok Nani adalah guru yang memandang setiap anak mempunyai passion berbeda.

Baca Berita Lain

Imbauan Kemenag & Cara Aman Melihat Cuaca Saat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember Menurut BMKG

Adinda Sherlina

Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Cara, Doa, Waktu Pelaksanaan dan Pahalanya

Adinda Sherlina

TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Adinda Sherlina

Ketika Para Anak Berkebutuhan Khusus Berlatih Drama Musikal

Adinda Sherlina

Inovasi Teknologi Diharapkan Jawab Tantangan Pendidikan di Masa Nadiem Makarim

Adinda Sherlina

Ratusan Lowongan Kerja Ditawarkan di Mercu Buana Career Fair 2019

Adinda Sherlina

Komitmen UNTAR Membangun Pendidikan Indonesia

Adinda Sherlina

Esri Indonesia capai UI Award 2019 Berkontribusi di Bidang Pendidikan

Adinda Sherlina

Wujudkan Mimpi Penyandang Disabilitas dan Anak Jalanan Melalui Caring for Children

Adinda Sherlina

Leave a Comment