Travel

Sama Seperti Indonesia, 5 Negara Ini Juga Rayakan Lebaran pada 5 Juni

Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah atau Lebaran 2019 di Indonesia jatuh pada esok hari, Rabu (5/6/2019). Penetapan ini ditentukan melalui sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) pada Senin (3/6/2019) malam. Diwartakan Kompas.com , dari pantauan hilal yang dilakukan, tidak ada satu pun yang berhasil melihat hilal.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dalam konferensi pers setelah sidang isbat mengatakan, jika hilal tidak terlihat, maka bulan Ramadan digenapkan menjadi 30 hari. "Itu artinya besok hari Selasa kita masih puasa karena besok masih Ramadan," ujar Agama Lukman, dikutip dari Kompas.com . "Dengan demikian, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. Itulah hasil sidang isbat kali ini," lanjutnya.

Selain Indonesia, ternyata ada lima negara lain yang juga merayakan Idul Fitri pada Rabu. Menurut situs Urdu Point , diinformasikan Idul Fitri di Jepang jatuh pada 5 Juni. Diinformasikan Birmingham Mail , pada Senin malam, Malaysia tidak melihat penampakan bulan baru.

Sehingga dapat dipastikan Lebaran di tiga negara tersebut jatuh pada Rabu. "Pusat Islam di Thailand telah mengumumkan hari terakhir Ramadan adalah Selasa dan 5 Juni akan menjadi hari pertama Idul Fitri." Dilaporkan Khaleej Times , Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pakistan Fawad Chaudhry mengatakan, Idul Fitri akan diadakan pada Rabu.

Penentuan itu berdasarkan kalender bulan yang disiapkan oleh kementeriannya. Dilaporkan Khaleej Times , Dewan Imam Nasional Australia mengumumkan hari pertama Idul Fitri, sehingga Australia menjadi negara pertama yang membuat pengumuman. Idul Fitri di Australia akan dirayakan pada 5 Juni.

Informasi ini disampaikan Dewan Imam Nasional Australia melalui unggahan dalan media sosial Facebook. Dalam unggahan tersebut tertulis, 4 Juni akan menjadi hari ke 30 Ramadan.

Baca Berita Lain

M Bloc Space Kembali Buka dengan Program Responsible Reopening

Adinda Sherlina

Ada Tongseng Bulus hingga Sate Kobra 5 Kuliner Ekstrem di Jogja

Adinda Sherlina

Perhatikan 6 Tips Berpakaian Ini Saat Naik Pesawat

Adinda Sherlina

Resor Mewah Termahal di Dunia, Tarif Menginapnya Rp 1,4 M Per Malam

Adinda Sherlina

Lebih Praktis & Bebas Antre 5 Cara Pesan Tiket Kereta Api Lokal Pakai Aplikasi KAI Access

Adinda Sherlina

Ini 4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Mendaki Gunung Merbabu saat Musim Hujan

Adinda Sherlina

7 Tips Makan di Restoran ‘All You Can Eat’ yang Harus Kamu Perhatikan

Adinda Sherlina

Termasuk Masjid Cordoba di Spanyol 6 Masjid dengan Desain Terindah di Dunia

Adinda Sherlina

Makan Mie Ayam Bonus Baca Buku Lama yang Sudah Langka? Cuma Ada di Sini

Adinda Sherlina

Leave a Comment