Nasional

Rumah Eks Dirut Garuda Ari Askhara Paling Mewah di Kampungnya

Semenjak dipecat dari Dirut Garuda Indonesia, sosok I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra aliasAriAskharasedang jadi perbincangan. Ia terjerat kasuspenyelundupanmotorHarleyDavidsondan sepedaBrompton, Kamis (5/12/2019) lalu. Ari Askhara kini juga jadi perbincangan di mata tetanggarumahnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh tetangga Ari berinisial BG. "Dia memang asli sini, dari dulu memang tinggal di sini, cuma jarang ke sini. Pas upacara besar saja dia ke sini," ujarnya, Sabtu (7/12/2019). Gerbang itu diapit oleh gapura yang bentuknya menyerupai gapura Bali.

Sementara itu, dalam foto yang diambil wartawan Kompas.com, terlihatrumahkeluarga Ari tampak berhias corak khasBali. Terdapat sejumlah pahatan di dindingnya. Ada juga bentuk menyerupai patung di dekat pagarnya.

Ari ternyata memang merupakan keturunan dari keluarga yang sudah lama tinggal di wilayah itu. Mulai dari buyutnya, kakeknya, dan ayahnya, ternyata tinggal di sana. Tetangganya bahkan menyebut keluarga Ari sebagai keluarga terkaya di wilayahnya.

"Bisa dibilang memang dia paling kaya di sini. Cuma saya gak nyangka aja dia seperti itu (terjerat kasus)," kata BG. Hal senada dikatakan tetangga lainnya. Ari, ternyata jarang pulang kerumahnya yang berada diBali.

Saat pulang kampung pun, Ari tak menginap di rumah, melainkan di hotel. "Ia cuma datang pas acara besar aja," lanjut si tetangga yang enggan menyebutkan namanya. Lebih lanjut ia mengungkapkan mengapa dirumahitu tak ada aktivitas mencolok.

Dirumahtersebut, ternyata hanya ada ART saja. "Sekarang ya cuman ada pembantunya saja, tapi jarang keliatan karena ditutup rapat. Pembantunya dari luar sini," ujarnya tetangga lainnya, Mustika, mengakui Ari bukanlah sosok yang 'neko neko'. Bahkan itu menyebut eksDirutGarudatersebut sebagai sosok yang baik.

"Dia baik baik saja di sini, tak pernah ada neko neko. Dengan masyarakat komunikasinya bagus," katanya, dikutip dari Kompas.com. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Saut Situmorang mengatakan bahwa modus penyelundupan barang mewah seperti yang dilakukan Ari Askhara menggunakanGaruda Indonesia sebenarnya sudah cerita lama. "Kalau itu menjadi modus, saya kira itu sudah menjadi cerita yang sangat umum," ujar Saut usai diskusi di kawasan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019) dikutip dari Kompas.com.

KPK juga menemukan modus serupa pada sejumlah bandar udara serta pelabuhan. Penyelundup barang mewah biasanya ingin menghindari pajak. "Sejak awal saya di KPK sudah mencoba masuk di Tanjung Priok, langsung membuka kontainer. Pergi ke bandara melihat sendiri mereka melakukan ada barang yang tidak cocok dengan yang disebutkan. Itu modus itu seharusnya dihentikan," kata dia.

Saat ditanya apakah KPK juga akan ikut dalam investigasi penyelundupan yang terjadi di maskapai Garuda, Saut mengatakan, KPK hanya bisa melakukan supervisi atas kasus itu. "Jika tiba tiba dibalik isu transaksional mereka tidak serius menindaklanjuti, lalu ada hal hal lain, (KPK) bisa supervisi," kata Saut. Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ari Askhara dicopot dari jabatannya tersebut oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Pencopotan dilakukan karena Ari diketahui menyelundupkan suku cadang Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam pesawat A330 900 yang baru saja dibeli oleh maskapai tersebut.

Baca Berita Lain

Hanya . . . Anies Enggan Komentar Banyak Disinggung soal Banjir Berkali-kali Terjadi di Jakarta

Adinda Sherlina

Vox Point Indonesia Desak Presiden Turun Tangan Atasi Polemik Perayaan Natal di Sumatera Barat

Adinda Sherlina

Proses Pembuatan Visa Haji Indonesia Terus Dikebut, 143 Ribu Paspor Sudah Terkumpul

Adinda Sherlina

Kemendagri Dukung Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun Depan

Adinda Sherlina

Menteri dari Profesional Lebih Banyak, Yenny Wahid: Jokowi Dengar Suara Rakyat

Adinda Sherlina

ICMI Harap Wapres Ma’ruf Keliling Kampus Perkuat Budaya Ilmiah Bahas Penanganan Radikalisme

Adinda Sherlina

2 Pertimbangan BUMN yang Memilih Rudiantara jadi Bos PLN

Adinda Sherlina

Ada 2.196 Formasi Catat Persyaratannya di Sini! Pendaftaran CPNS 2019 Kemendikbud HARI INI

Adinda Sherlina

Dibully Karena Dinilai Selingkuh dengan Puput Nastiti, Ahok Puji Balasan Ibunya: Bijak Tapi Nyelekit

Adinda Sherlina

Leave a Comment