Travel

Pilot Ini Ungkap Berbagai Hal yang Paling Ditakutinya Saat Menerbangkan Pesawat

Penerbangan tidak hanya jadi hal yang sangat menegangkan bagi penumpang, pilot kadang juga merasakan hal yang sama. Meski menegangkan, beberapa traveler yang lain menganggap penerbangan sangat menyenangkan. Traveler yang mengangap perjalanan dengan pesawat menyenangkan karena percaya penuh dengan pilot yang mengendalikan pesawat.

Namun, tahukah kamu pilot juga bisa saja takut saat melakukan penerbangan? Pilot Patrick Smith mengungkapkan bagian hal yang paling menakutkan saat penerbangan. Dia menjelaskan dalam bukunya Cockpit Confidential bahwa ketakutan ini berkaitan dengan kendali yang dimiliki pilot.

"Sebagian besar, pilot takut pada hal hal yang tidak dapat mereka kendalikan," tulis Smith dalam bukunya. Menurutnya para pilot tidak terlalu takut pada kesalahan pribadi (pilot), namun ia takut akan kesalahan orang lain atau yang berhubungan dengan hewan. Ia menempatkan api dari baterai smartphone di dalam daftar teratas kemudian, ledakan hingga serangan burung yang merusak mesin pesawat.

Kerusakan mekanis dan tabrakan dengan tanah juga jadi bagian dari daftar teratasnya. Menurutnya, serangan burung sering terjadi namun kerusakannya sangat kecil. Meski begitu, ia tetap menyebutnya sebagai bahaya.

Ia mencontohkan kecelakaan Miracle of the Hudson pada 2009 yang jatuh karena bertabrakan dengan sekawanan angsa. "Semakin berat burung, semakin besar potensi bahaya," kata Smith. Menurut FAA, korban nyawa terbesar akibat serangan burung terjadi pada 4 Oktober 1960.

"Eastern Air Lines Flight 375 menyerang sekelompok burung jalak Eropa saat lepas landas," kata FAA. Keempat mesin rusak dan pesawat jatuh di pelabuhan Boston. Dalam kecelakaan tersebut ada 62 korban jiwa.

“Burung tidak menyumbat mesin, tetapi dapat menekuk atau mematahkan ledakan internal, menyebabkan kehilangan daya," kata Smith. Smith menjelaskan baterai lithium bisa saja berbahaya jika panas. “Bahayanya bukan kebakaran kecil di kabin penumpang di mana itu dapat dengan mudah dipadamkan dengan alat pemadam," jelas Smith.

Menurutnya, bahaya terbesar adalah ketika baterai berada di bagasi. Satu hal yang tidak boleh dilakukan penumpang jika mereka khawatir adalah mencoba membaca ekspresi wajah awak kabin, Smith mengingatkan. "Pandangan sayu di mata pramugari mungkin salah satu kelelahan, bukan ketakutan," tulisnya.

Baca Berita Lain

Taiwan Berencana Bebaskan Visa Bagi Pemegang Paspor WNI

Adinda Sherlina

Penumpang Berhak Dapatkan Kompensasi Ini Penerbangan Tertunda atau Dibatalkan

Adinda Sherlina

Tempat Asal Santa Claus dengan Kuliner Kebab Lezatnya 15 Fakta Unik Turki

Adinda Sherlina

Jangan Pernah Mengeluh 15 Tips Naik Gunung buat Pendaki Pemula

Adinda Sherlina

5 Hotel Murah di Sekitar Jalur MRT Jakarta, Tarif Mulai Rp 300 Ribuan

Adinda Sherlina

Tempat buat Nikmati Makanan Khas Jawa di Pangkalpinang Kunjungi Omah Joglo Pawon Denok

Adinda Sherlina

Ternyata Ada Dua ‘Aliran’ Penumpang Bus AKAP yang Tentukan Posisi Kursi

Adinda Sherlina

Gubernur Jakarta Resmikan Wahana Baru Ancol Taman Impian

Adinda Sherlina

Jangan Berani Kunjungi Jeju Love Land di Korea Selatan saat Belum Berusia 20 Tahun

Adinda Sherlina

Leave a Comment