Travel

Penerbangan Ini Dibatalkan Setelah Awak Kabin Laporkan Ada Es di Sayap Pesawat

Seorang awak kabin mencegah terjadi bencana saat ia memberitahukan yang ada di sayap pesawat. Kru pesawat yang tak disebutkan namanya ini melihat es di sayap pesawat dan memberitahukannya pada pilot beberapa detik sebelum lepas landas. Melansir dari Thesun.co.uk, Minggu (15/12/2019), Program Pelaporan Insiden Faktor Manusia Rahasia (CHIRP) mengkungkap kejadian tersebut.

CHIRP sendiri adalah sebuah program untuk mengawasi penerbangan sipil di Inggris. Para awak kabin bisa secara anonim melaporkan suatu hal yang berkaitan dengan keselamatan penerbangan. Berdasarkan laporan dari awak kru tersebut, ada banyak salju di bagian sayap pesawat.

Akumulasi es di sayap bisa sangat berbahaya. Es pada dasarnya mengubah bentuk sayap dan menganggu aliran udara. Itu bisa sangat fatal karena bisa mengurangi daya angkat pesawat.

Pramugari itu heran kenapa pesawat itu tidak dibersihkan dari salju. "Saya berpikir seharusnya pilot berpengalaman, mereka harus tahu apa yang mereka lakukan dan bukan tempat saya untuk memberi tahu mereka cara melakukan pekerjaan mereka," kata kru pesawat dalam sebuah laporan. Sebelumnya, pintu pesawat sudah dikunci dan mesin dihidupkan dan siap terbang.

Awak kabin itu memberitahu adanya es sebelum pesawat memasuki landasan. Akhirnya pilot memindahkan pesawat ke area aman dan memeriksa sayap. Kapten kemudian mengkonfirmasi diperlukan pembersihan sebelum lepas landas.

Namun, penerbangan ini akhirnya dibatalkan dan landasan pacu ditutup di tengah hujan salju lebat. Awak kabin yang memberitahukan es di sayap mendapat ucapan terimakasih dari kapten pesawat. Kapten pesawat sebelumnya mengaku hanya melihat salju di sayap bukan es.

"Ingat bahwa hal terpenting dalam insiden seperti itu adalah melaporkan kekhawatiranmu sesegera mungkin," ungkap juru bicara CHIRP. Sampai berita ini diterbitkan belum ada detail nomor penerbangan dan bandara dari kejadian ini.

Baca Berita Lain

4 Ruang Tunggu Pesawat di Terminal 2 Bandara Soetta yang Bisa Kamu Gunakan

Adinda Sherlina

Informasi Perubahan Rute KRL di Hari Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin

Adinda Sherlina

5 Keindahan Alam Tasmania yang jadi Daya Tarik Turis saat Liburan ke Australia

Adinda Sherlina

Dua Kota di Turki yang Bisa Dikunjungi buat Melihat Sejarah Sinterklas Demre & Patra

Adinda Sherlina

Mampir menuju Pasar Akhir Pekan Chatuchak Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Bangkok yang Gratis Dikunjungi

Adinda Sherlina

7 Potret Romantis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Selama Liburan di Australia

Adinda Sherlina

Koper Penumpang Satu Pesawat Malah Sampai di Bandara yang Salah Tertukar

Adinda Sherlina

7 Kuliner Enak yang Cocok Jadi Menu Sarapan di Papua, Cobain Gurihnya Papeda Kuah Soru

Adinda Sherlina

Mie Dan Me Menu Favorit Penggugah Selera Hadir Di Holiday Inn Express Jakarta International Expo

Adinda Sherlina

Leave a Comment