Nasional

Pemda Rawan Karhutla agar Memiliki Pos Anggaran Dana Pencegahan Kebakaran Tersendiri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian memberikan penekanan tehadap daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk memiliki pos anggaran dana tersendiri dalam rangka pencegahan kebakaran. Akhir tahun merupakan musim bagi pemerintah daerah (Pemda) mengajukan APBD, oleh karena itu Mendagri akan menekankan pada pemda terutama pada daerah yang rawan kebakaran untuk menganggarkan dana dalam rangka pencegahan kebakaran. "Dengan tujuan salah satunya adalah untuk membantu masyarakat membuka lahan tanpa membakar,” ujarnya, Jumat (5/12/2019) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Berdasarkan keterangan Puspen Kemendagri, saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Gabungan Tingkat Kementerian/Lembaga tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang dilakukan tertutup itu, Mendagri menilai Pemda perlu memiliki sistem deteksi dini. Sistem deteksi dini yang cepat diperlukan untuk mencegah meluasnya kebakaran dan sistem itu menurut Menteri Tito perlu dianggarkan ditingkat Pemda, tidak hanya ditingkat Polda. "Kalau (hutan atau lahan) sudah terbakar harus ada sistem deteksi dini yang cepat. Tadi yang disampaikan oleh Pak Gubernur di Polda Riau ada, di Polda Kalbar ada, untuk mendeteksi di titik titik api, begitu ada cepat bergerak," ujar mantan Kapolri tersebut.

Hal tersebut menurut Mendagri harus benar benar diefektifkan untuk memperkuat sistem pencegahan di daerah rawan Karhutla agar titik api kebakaran tidak membesar. "Cuma yang saya lihat ‘kok sayangnya ada di Polda? harusnya ada di Pemda, dianggarkan untuk membuat dan memperkuat sistem itu, nanti kita akan membuat edaran juga untuk itu, untuk teman teman Provinsi, Kabupaten/Kota, ini akan penting. Karena kalau sudah ada titik api cepat dipadamkan selesai tidak akan membesar, kalau didiamkan membesar akan sulit sekali,” terangnya.

Baca Berita Lain

Peringatan Dini Gelombang Tinggi Perairan Indonesia hingga Akhir Maret 2019 Akibat Pola Sirkulasi

Adinda Sherlina

Pemilu Serentak 2019 Telan Banyak Korban Jiwa, KPU Usul 3 Opsi Ini pada Pemilu Berikutnya

Adinda Sherlina

Cek Namamu di Sini! Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019 DPR & MPR RI

Adinda Sherlina

IPW: KPK Butuh Pemimpin Baru yang Berkomitmen

Adinda Sherlina

PAN Minta Gerindra Buka Data ”Penumpang Gelap” Prabowo

Adinda Sherlina

Dibully Karena Dinilai Selingkuh dengan Puput Nastiti, Ahok Puji Balasan Ibunya: Bijak Tapi Nyelekit

Adinda Sherlina

Tegaskan NU Berbeda dari Parpol, Yenny Wahid Tepis Anggapan Minta Jatah Menteri

Adinda Sherlina

Vox Point Indonesia Desak Presiden Turun Tangan Atasi Polemik Perayaan Natal di Sumatera Barat

Adinda Sherlina

Pakar Hukum Undip Puji Sikap 5 Angggota Dewan Pengawas KPK

Adinda Sherlina

Leave a Comment