Internasional

Paus Fransiskus Angkat Uskup Ignatius Suharyo Jadi Kardinal untuk Indonesia

Paus Fransiskus mengangkat Monsigneur (Mgr) Ignatius Suharyo menjadi Kardinal baru untuk Indonesia. Mgr Ignatius Suharyo, yang kini menjabat Uskup Agung Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) akan menggantikan Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja. Laman resmi Kepausan, Vatican.va melaporkan setelah doa Angelus, Minggu (1/9/2019), Paus Fransiskus mengumumkan tersebut.

Mgr Ignatius Suharyo termasuk 13 Kardinal baru yang resmi diumumkan Paus Fransiskus. Setelah Paus mengumumkan, Mgr Ignatius Suharyo dan 12 kardinal lainnya akan dilantik dalam Consistorium atau Sidang Para Kardinal pada 5 Oktober 2019 di Vatikan. "Mari kita berdoa untuk Kardinal baru, sehingga, dengan menyatakan ketaatan mereka, mereka dapat membantu saya dalam pelayanan saya sebagai Uskup Roma untuk kebaikan semua umat kudus Allah yang setia," ucap Paus Fransiskus.

Di tempat berbeda, Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta, Romo V Adi Prasojo bersyukur atas penunjukan Mgr Ignatius Suharyo menjadi Kardinal baru untuk Indonesia . "Puji syukur kepada Tuhan atas kepercayaan dan cinta kasih Paus Fransiskus bagi Gereja Katolik Indonesia dengan pengangkatan Mgr. Ignatius Suharyo menjadi Kardinal," kata dalam keterangan pers yang diterima, Minggu (1/9/2019). Untuk diketahui Mgr Ignatius Suharyo menjadi kardinal ketiga yang pernah dimiliki Indonesia setelah Justinus Darmojuwono dan Julius Darmaatmadja.

Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja SJ masih berpartisipasi dalam konklaf 2005 ketika Paus Benediktus XVI terpilih dan pensiun sebagai Uskup Agung Jakarta tahun 2010 pada usia 75 tahun. Namun pada tahun 2013, karena alasan kesehatan, dia tidak bisa berpartisipasi dalam konklaf yang memilih Paus Fransiskus. Profile Mgr Igantius Suharyo

Uskup KAJ ini lahir di Sedayu, Batul, Yogyakarta pada 9 Juli 1950 lalu. Ia menjadi imam pada 26 Januari 1976. Tahbisan Uskup diterimanya pada 22 Agustus 1997.

Saat itu menjadi Uskup untuk Keuskupan Agung Semarang (KAS). Pada 29 Juni 2010, Mgr Ignatius Suharyo diangkat menjadi Uskup Agung Jakarta. Saat ini ia jua menjabat sebagai Uskup Ordinariat Militer Indonesia. Kini Mgr Ignatius Suharyo juga merupakan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Per 15 November 2012, ia menjabat jabatan ini menggantikan Mgr. Martinus Dogma Situmorang, OFM.Cap.

Baca Berita Lain

Video Detik-detik Wanita Lepas Baju di Tengah Jalan Terancam Denda Rp 28 Juta POPULER

Adinda Sherlina

Hari Ini dalam Sejarah: 2 September 1666, Kebakaran Besar Hanguskan London

Adinda Sherlina

6 Jenazah Korban Ditemukan Helikopter Berpenumpang 7 Orang Jatuh di Hawaii

Adinda Sherlina

Kini Idap Kanker Perut Wanita Ini Makan Makanan Tak Sehat Demi Beli Produk Make Up

Adinda Sherlina

Kate Middleton Istri Pangeran William Ketahuan Langgar Protokol Kerajaan Tak Hanya Meghan Markle

Adinda Sherlina

Iran Bakal Lakukan Balas Dendam yang Lebih Keras menuju AS Dalam Waktu Dekat

Adinda Sherlina

VIRAL! Tanpa Takut Buaya Pria Ini Selamatkan Bayi umur 45 Hari Dengan Baskom Dari Kepungan Banjir

Adinda Sherlina

Kisah Wanita yang Alami Kelainan Payudara Sampai Harus Mengikatkan Kain di Lehernya

Adinda Sherlina

Badan Rumah Tangga Kekaisaran Ungkap Mantan Permaisuri Jepang Michiko Alami Stres & Pendarahan

Adinda Sherlina

Leave a Comment