Bisnis

Okupansi Hotel di Jawa Barat Hanya 5 Persen 25 Ribu Karyawan Hotel Dirumahkan Akibat Covid-19

Sekitar 25 ribu karyawan hotel di Jawa Barat terpaksa di rumahkan akibat mewabahnya virus corona di tanah air. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan sekitar 575 hotel di Jawa Barat terpaksa tutup akibat okupansi hotel yang sangat rendah. Okupansi hotel di Jawa Barat hanya menyentuh angka lima persen selama diberlakukannya social distancing. Padahal sebelumnya menyentuh angka 50 persen.

Kondisi tersebut membuat sejumlah hotel terpaksa tutup sementara dan merumahkan karyawannya. "Hotel itu tutup dengan sendirinya karena pengunjungnya tidak ada. Bukan bangkrut, kemudian karyawannya hampir 25 ribu itu dirumahkan untuk sementara. Belum ada pemutuhan hubungan kerja," ujar Dedi saat ditemui di Aula Polrestabes, Kota Bandung, Rabu (8/4/2020). Selain hotel, sejumlah tempat wisata dan hiburan lainnya pun tutup. Dedi mengatakan, pihaknya sedang mendata pengusaha dan pelaku UMKM yang rentan akibat terdampak virus corona.

"Emergency ekonominya, di tahap recovery ini kami harus lakukan langkah strategisnya. Salah satunya kami lagi menghimpun data yang kena dampak dari Covid 19 ini, terutama UMKM yang tidak bisa jualan di tempat wisata. Itu yang akan kiami data, by name by address," katanya. Data tersebut, kata Dedi, akan diajukan kepada Pemerintah Provinsi Jabar agar mendapat bantuan baik itu melalui bantuan langsung tunai atau program padat karya. "Sekarang (pendataan) masih berjalan. Kami harapkan di sektor pariwisata itu Agustus sampai Desember bisa dipulihkan. Kemarin kami sudah teleconfrence dengan asosiasi pengusaha di kabupaten dan kota, sekarang datanya berjalan terus," ucapnya. (*)

Baca Berita Lain

Stanley Black Dan Decker Latih 30 Anak Muda Buat Jadi Mekanik

Adinda Sherlina

Terus Beri Dampak Positif Bagi Indonesia, Gojek Adakan Kirab Merajut Nusantara

Adinda Sherlina

BPS Hadirkan ‘Credit Scoring’ bagi Perusahaan Keuangan & Fintech

Adinda Sherlina

Tawarkan Cashback Hingga Rp100 juta & Promo Khusus Festival Properti Indonesia 2019 Digelar

Adinda Sherlina

Indonesia Masih Lemah dalam Lima Pilar Pariwisata Jokowi

Adinda Sherlina

Jokowi Pernah Beri Teguran Langsung Ahok Diberi Tugas penting Turunkan Impor Migas

Adinda Sherlina

Fortune Indonesia Ganti Brand Jadi Fortuna

Adinda Sherlina

Per 1 Maret 2019, Aprindo Terapkan Kebijakan Kantong Plastik Berbayar

Adinda Sherlina

1 Triliun/Hari Rata-rata Transaksi Rp 9 1 Juta Bursa Efek Sebut Investor Saham Capai 1

Adinda Sherlina

Leave a Comment