Bisnis

Okupansi Hotel di Jawa Barat Hanya 5 Persen 25 Ribu Karyawan Hotel Dirumahkan Akibat Covid-19

Sekitar 25 ribu karyawan hotel di Jawa Barat terpaksa di rumahkan akibat mewabahnya virus corona di tanah air. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan sekitar 575 hotel di Jawa Barat terpaksa tutup akibat okupansi hotel yang sangat rendah. Okupansi hotel di Jawa Barat hanya menyentuh angka lima persen selama diberlakukannya social distancing. Padahal sebelumnya menyentuh angka 50 persen.

Kondisi tersebut membuat sejumlah hotel terpaksa tutup sementara dan merumahkan karyawannya. "Hotel itu tutup dengan sendirinya karena pengunjungnya tidak ada. Bukan bangkrut, kemudian karyawannya hampir 25 ribu itu dirumahkan untuk sementara. Belum ada pemutuhan hubungan kerja," ujar Dedi saat ditemui di Aula Polrestabes, Kota Bandung, Rabu (8/4/2020). Selain hotel, sejumlah tempat wisata dan hiburan lainnya pun tutup. Dedi mengatakan, pihaknya sedang mendata pengusaha dan pelaku UMKM yang rentan akibat terdampak virus corona.

"Emergency ekonominya, di tahap recovery ini kami harus lakukan langkah strategisnya. Salah satunya kami lagi menghimpun data yang kena dampak dari Covid 19 ini, terutama UMKM yang tidak bisa jualan di tempat wisata. Itu yang akan kiami data, by name by address," katanya. Data tersebut, kata Dedi, akan diajukan kepada Pemerintah Provinsi Jabar agar mendapat bantuan baik itu melalui bantuan langsung tunai atau program padat karya. "Sekarang (pendataan) masih berjalan. Kami harapkan di sektor pariwisata itu Agustus sampai Desember bisa dipulihkan. Kemarin kami sudah teleconfrence dengan asosiasi pengusaha di kabupaten dan kota, sekarang datanya berjalan terus," ucapnya. (*)

Baca Berita Lain

Kinerja Pelaku Bisnis Indonesia Disebut Paling Tinggi Se-Asean

Adinda Sherlina

YLKI Minta Pemerintah Tingkatkan Indeks Keberdayaan Konsumen

Adinda Sherlina

Kemenhub Hanya Sebatas Beri Imbauan menuju Maskapai Khawatir Tiket Pesawat Mahal saat Nataru

Adinda Sherlina

Prudential Indonesia Lanjutkan Program Edukasi Asuransi & Literasi Keuangan 2020

Adinda Sherlina

Blue Bird & DANA Bersinergi Tawarkan Alternatif Pembayaran Nontunai buat Pelanggan

Adinda Sherlina

Ekonomi Global Optimis Awal Tahun tapi Sayang Tiba-tiba Ada Corona BI

Adinda Sherlina

Fokus Garap Pasar Ladies, Syariah dan Online

Adinda Sherlina

Cerita Nursida Ajak Warga Desa Manfaatkan Teknologi Digital Hari Perempuan Internasional

Adinda Sherlina

BCA Akui Layanan Mobile Banking Alami Gangguan Ada Pembaharuan Sistem

Adinda Sherlina

Leave a Comment