Kesehatan

Mulai Obati Luka hingga Hepatitisi Tumbuhan Putri Malu Ternyata Sangat Ampuh buat Pengobatan

Tanamanputrimaluatau yang memiliki nama latin Mimosa pudica Linn , merupakan tumbuhan dari anggota suku polong polongan. Adapuntanamanputrimalubiasanya banyak ditemukan tumbuh di pinggir jalan, tanah lapang. Mengutip dari berbagai sumber,tanamanputrimalupada umumnya mempunyai ciri khas, yakni memiliki kemampuan dalam melakukan gerak seismonasti ( tigmonasti ), yaitu jika dauntanamanputrimaludisentuh maka daun akan mengatupkan anak anak daunnya.

Selain itu, ciri laintanamanputrimaludikenal dari batangnya yang berwarna merah, dan jika sudah tua batangnya akan berubah warna menjadi warna hijau. Daun pada permukaan atas tanaman putri malu berwarna hijau sedangkan di bagian bawahnya berwarna merah kecokelatan. Umumnya orang mengiratanamanputrimaluhanya tumbuhan liar yang tidak memiliki khasiat sama sekali.

Padahal, menurut beberapa sumber,tanamanputri malu merupakan salah satu jenistanamanyang dapat dibudidayakan menjaditanamanobat. Berikut inimanfaattanamanputrimaluuntuk kesehatan. Tumbuhanputrimalubisa digunakan untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes berdasarkan dari penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang.

Dalam penelitian tersebut didapati jika dalam akartanamanputrimaludalam bentuk ekstrak kloroform bisa digunakan untuk menyembuhkan luka yang dialami penderita diabetes. Tanamanputrimaluini juga bisa dikonsumsi sebagai solusi batuk khususnya batuk yang disertai dengan dahak. Untuk membuat ramuan menyembuhkan batuk, anda bisa merebus 10 hingga 15 gram daunputrimaludengan air secukupnya sampai mendidih dan setelah dingin bisa diminum.

Selain menyembuhkan batuk,tanamanini juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan masalah pernafasan lainnya seperti pilek serta penyakit pernapasan atas lainnya. Dari sebuah penelitian juga membuktikan jika akar daritanamanputrimalusangat baik digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat. Hal ini dikarenakan dalam akarputrimalumengandung fenol yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.

Bahkan dalam sebuah situs luar negeri juga dikatakan jikatanamanini juga berguna untuk pertolongan pertama luka bakar. Manfaat berikutnya daritanamanputrimaluadalah bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati hepatitis. Mengkonsumsi air rebusanputrimaluini bisa meredakan penyakit hepatitis sekaligus meminimalisir gejala peradangan pada organ hati yang terjadi karena serangan virus hepatitis tersebut.

Dari sebuah penelitian juga dibuktikan jika keracunan juga bisa diatasi dengan memanfaatkantanamanputrimalusebab kandungan ekstrakputrimaluini bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga organ hati bisa terlindungi dari racun berbahaya. Untuk anda yang mengalami gangguan susah tidur atau lebih dikenal dengan istilah insomnia tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan dalamputrimalujuga dikatakan bisa mengatasi masalah tidur tersebut dengan cara merebus 50 gramputrimalusecukupnya dan diminum malam hari sebelum pergi tidur.

Ekstrak bubuktanamanputrimalujuga berguna untuk kesehatan kulit karena kandungan senyawa tanin dan juga sumber antioksidan yang sangat penting untuk menghentikan pendarahan dan juga menurunkan risiko infeksi serta membantu dalam proses pembentukan jaringan kulit yang lebih sehat. Untuk anda yang menderita demam dan sakit kepala juga bisa memanfaatkan daunputrimalusebab memiliki khasiat untuk menurunkan demam dan mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala, menggigil dan juga keringat dingin. Kandungan dalamputrimaluini ampuh untuk mengontrol suhu tubuh agar bisa selalu normal sehingga demam dan panas bisa diturunkan dan terjadi kembali.

Bagian dauntanamanputrimaluini juga ampuh digunakan untuk mengencerkan dahak di tenggorokan. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun ini, maka dahak akan lebih encer sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Air rebusantanamanputrimalujuga bisa andamanfaatkan sebagai pelancar saluran kemih sebab kandungan dalam daun ini memiliki sifat anti bakteri sehingga tubuh bisa terhindar dari serangan bakteri serta kuman.

Dari sebuah penelitian di salah satu Universitas di Indonesia juga dibuktikan jika ekstraktanamanputrimalumemiliki kandungan anti bakteri yang bagus untuk menangkal pertumbuhan dan perkembangan bakteri yakni bakteri shigella dysentriae yakni bakteri penyebab disentri. Tidak hanya mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi sertamanfaatantioksidan, namuntanamanini juga memiliki sifat anti bisa sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangkal racun dari ular berbisa seperti kobra. Akar daritanamanputrimaluyang sudah dikeringkan dan direbus membuktikan jika ekstrak tersebut terbilang efektif untuk menghambat racun dari bisa ular tersebut namun sebaiknya tetap dilakukan oleh pakar agar dosis yang digunakan bisa tepat.

Tidak hanya ada banyakmanfaatdaun sukun untuk asam urat dan rematik, namunputrimalujuga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada sendi tersebut. Rematik adalah salah satu masalah peradangan yang terjadi di area persendian karena autoimun dalam tubuh yang rendah. Dari hasil penelitian terbukti jikatanamanputrimaluampuh digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada penderita rematik.

Caranya adalah dengan merendamtanamanputrimalupada arak putih selama 2 minggu lalu gunakantanamanputrimaluyang sudah direndam tersebut untuk kompres bagian tubuh yang sakit. Sejak jaman dulu, cabang daritanamanini sudah digunakan untuk membersihkan gigi sekaligus menghilangkan bau tidak sedap, mengurangi plak, mengatasi dingivitis, memutihkan gigi dan juga periodontitis. Selain itu, dalamtanamanini juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri periodontitis seperti Actinobacillus actinomycetemcomitans, Capnocytophaga spp dan juga Treponema denticola.

Tanamanputrimalubahkan berguna untuk meningkatkan stamina pria saat berhubungan seksual. Untuk mengonsumsitanamanini, anda bisa merebus 15 lembar daunputrimalubersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja kemudian saring dan minum hingga habis yang khasiatnya akan terasa 30 menit sesudah minum air rebusan daun ini.

Baca Berita Lain

Ini 6 Efek Buruk Malas Mandi Bagi Kesehatan Ashanty Punya Kebiasaan Jarang Mandi

Adinda Sherlina

Manfaat Jus Bayam: Turunkan Kolesterol, Lancarkan Pencernaan, dan Cegah Kanker

Adinda Sherlina

Sebagian Orang Percaya Ketindihan Ulah Makhluk Halus, Bagaimana Menurut Pandangan Medis?

Adinda Sherlina

Cuma 30 Detik! Coba 5 Tes Super Cepat Ini yang Akan Tunjukkan Tubuhmu Sehat atau Tidak

Adinda Sherlina

Atasi Dengan Cepat! Inilah cara Ampuh Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Adinda Sherlina

Baik buat Kesehatan Bila Penggunaannya Tepat Manfaat Tak Terduga MSG atau Micin

Adinda Sherlina

Bisa Sebabkan Kematian Mendadak, Ini Waktu Terlarang Untuk Mandi

Adinda Sherlina

Wanita Ini Ceritakan Bagaimana Kandung Kemihnya Hampir ‘Meledak’ 5 Tahun Tak Bisa Buang Air Kecil

Adinda Sherlina

Hilangkan Citra Buruk Gangguan Jiwa, Sejumlah Dokter Resmikan Komunitas Sahitya

Adinda Sherlina

Leave a Comment