Internasional

Mulai Mei 2020 Penumpang Shinkansen Jepang Dilarang Membawa Barang dengan Panjang 250 Cm

Perusahaan kereta api Japan Railways, JR Tokai, JR Jepang Barat, dan JR Kyushu, Kamis (29/8/2019) mengumumkan mulai pertengahan Mei 2020, penumpang kereta peluru (Shinkansen) Jepang dilarang membawa barang dengan panjang keseluruhan(total dimensi tinggi, lebar, dalam) lebih dari 250 cm. "Barang (koper) yang dibawa harus kurang dari 250 cm panjang keseluruhannya," ungkap para pemimpin JR dalam jumpa pers kemarin. Hasil survei yang dilakukan JR sejak kemarin hingga siang hari ini diikuti 3.934 responden menghasilkan suara 71 persen setuju, 24 persen menentang pembatasan tersebut dan 6 persen tidak memberikan kepastian setuju atau menentang.

Penggunaan koper atau barang nantinya maksimal dengan panjang keseluruhan 250 cm. Antara 160 cm 250 cm dikenakan biaya 1.000 yen dengan cara memesan tempat lewat internet, atau beli di loket penjualan tiket Shinkansen. Selain ruang di belakang kursi belakang dekat perbatasan antar gerbong akan ditetapkan sebagai tempat khusus, juga akan ada lagi tempat khusus untuk koper yang berbayar 1.000 yen tersebut.

Langkah langkah JR tersbeut berdasarkan pada fakta bahwa dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan jumlah bagasi besar yang dibawa ke Jepang oleh orang asing yang mengunjungi Jepang. Peningkatan lebih lanjut diperkirakan akan terjadi selama Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade 2020 mendatang. Sementara itu untuk koper lebih kecil dari 160 cm digratiskan dan dapat ditaruh di atas lorong yang ada di atas kursi.

Koper atau barang yang berukuran besar sampai dengan 250 cm tersebut diperkirakan untuk barang seperti sepeda yang dilipat lipat. Uji coba awal, termasuk uji coba pengenaan biaya 1.000 yen itu, akan dilakukan mulai Mei 2020 mendatang sebagai masa sosialisasi dan 100 persen dipastikan diterapkan pada tahun 2023 mendatang. "Kita orang yang ada di Jepang pasti sudah tahu tetapi orang asing dari banyak negara mungkin belum tentu tahu sampai dengan tahun depan sekali pun dengan adanya aturan baru ini. Itulah sebabnya masih berupa sosialisasi meskipun juga akan kita denda bayar 1000 yen bagi yang melanggar, disesuaikan pula dengan melihat situasi kondisi di lapangan nantinya," katanya.

Baca Berita Lain

Menhub Lobi Negara Lain agar Pilih Indonesia Pencalonan Dewan IMO

Adinda Sherlina

Hanya Dihadiri 11 Tamu Kesaksian Fotografer Membuat Pernikahan Pasangan Ini Viral

Adinda Sherlina

Wanita 19 Tahun Ini Ditembak Suaminya Kepergok Hubungan Intim dengan Pria Lain di Rumahnya

Adinda Sherlina

Cakar Pemiliknya Hingga Tewas, Burung Kasuari Kesayangan Ini Akhirnya Dilelang

Adinda Sherlina

Mengenal Wilhelmina, Ratu Belanda yang jadi Miliarder Wanita Pertama di Dunia

Adinda Sherlina

Indonesia Harusnya Ambil Pelajaran & Tak Panik Terbukti Menurun di China Corona Bisa Sembuh

Adinda Sherlina

Mobil si Penabrak Langsung Ditendang-tendang VIRAL Bocah Tak Bisa Tahan Marah saat Ibunya Tertabrak

Adinda Sherlina

A Star Wars Story Kisah Han Solo Tayang di Bioskop Trans TV Pukul 23.00 WIB Sinopsis Film Solo

Adinda Sherlina

Pangeran Abdul Mateen Bikin Salfok Pesona Anak Sultan Brunei Darussalam Hadiri Pelantikan Jokowi

Adinda Sherlina

Leave a Comment