Internasional

Mengenal Wilhelmina, Ratu Belanda yang jadi Miliarder Wanita Pertama di Dunia

<div id='Profil'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Ratu Wilhelmina atau yang bernama lengkap Wilhelmina Helena Pauline Marie van Orange Nassau lahir pada 31 Agustus 1880. Merupakan Ratu Belanda yang bertahta dari tahun 1890 1948.

Wilhelmina merupakan anak tunggal Raja William III dan Ratu Emma of Waldeck and Pyrmont. Raja William sebelumnya memiliki tiga putra dari pernikahan pertama namun semuanya meninggal dunia. Pada usia empat tahun, Wilhelmina menjadi pewaris tahta Belanda setelah saudara tiri dan paman buyutnya meninggal dunia.

Wilhelmina naik tahta saat berusia 10 tahun. Namun, karena masih di bawah umur, sang ibu menggantikannya untuk sementara waktu hingga Wilhelmina berusia 18 tahun. Penobatan Wilhelmina sebagai Ratu Belanda digelar di Nieuwe Kerk, Amsterdam.

Wilhelmina memerintah selama hampir 58 tahun, lebih lama dari Raja Belanda lainnya. Di masa pemerintahannya, Wilhelmina menjadi saksi Perang Dunia I dan II, krisis ekonomi Belanda di tahun 1933 dan runtuhnya kekuatan kolonial Belanda. <div id='KehidupanPribadi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Pada Mei 1900, Ratu Wilhelmina melakukan perjalanan ke Thuringia, Jerman bersama sang ibu untuk bertemu dengan tiga kandidat calon suaminya. Yaitu Pangeran Friedrich Wilhelm dari Prusia dan dua putra Friedrich Franz II, Adipati Agung Mecklenburg Schwerin. Wilhelmina kemudian menjatuhkan pilihan pada Hendrik dari Mecklenburg Schwerin.

Pertunangan mereka diumumkan pada Oktober 1900. Pasangan ini menikah pada 7 Februari 1901, di Grote of Sint Jacobskerk di Den Haag di Belanda. Setelah pernikahan, Heinrich menjadi Pangeran Belanda.

Sembilan bulan kemudian, Wilhelmina mengalami keguguran dan pada 4 Mei 1902 melahirkan seorang putra yang lahir prematur. Kehamilan berikutnya berakhir dengan keguguran pada tahun 1906. Hingga akhirnya, setelah delapan tahun menikah, Wilhelmina dan suami dikaruniai seorang putri pada 30 April 1909 yang diberi nama Juliana.

Wilhelmina kembali mengalami dua kali keguguran pada tahun 1912. <div id='FaktaMenarik'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Ratu Wilhelmina adalah perempuan pertama di dunia yang berstatus sebagai miliarder.

Sumber kekayaannya berasal dari bisnis dan harta dari tanah jajahan. Sejarah mencatat, mulai tahun 1500 an, perusahaan Belanda VOC memonopoli perdagangan atas kepulauan Indonesia atau yang dulu dikenal sebagai Hindia Belanda. Pada 1800 an, VOC dinasionalisasi yang membuat Kerajaan Belanda semakin kaya.

Hasil minyak Indonesia membuat Belanda menjadi eksportir minyak terbesar keempat setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Iran selama paruh pertama abad ke 20. <div id='TutupUsia'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Pada 4 September 1948, Ratu Wilhelmina turun tahta dan digantikan oleh putrinya, Juliana.

Setelah turun tahta, Wilhelmina menghabiskan masa tua di Istana Het Loo dan jarang tampil di depan publik. Wilhelmina meninggal di Istana Het Loo di usia 82 tahun pada 28 November 1962 dan dimakamkan di Nieuwe Kerk, Delft, Belanda.

Baca Berita Lain

6 Jenazah Korban Ditemukan Helikopter Berpenumpang 7 Orang Jatuh di Hawaii

Adinda Sherlina

Kabar Hoax Soal Microwave Buatan Jepang di Indonesia, Bagian dari Perang Dagang Internasional

Adinda Sherlina

Satgas Indobatt UNIFIL Gelar Penyuluhan di Empat Sekolah Lebanon Selatan

Adinda Sherlina

Mengapa Kamu Simpan Foto & Video Itu di Ponselmu Normawati Ibu Reynhard Sinaga Angkat Bicara

Adinda Sherlina

Perkosa Sapi Betina, Pria 68 Tahun Ini Tersenyum saat Ditanya Alasan Lakukan Aksi Bejatnya

Adinda Sherlina

Diangkat dari Novel Horor Stephen King dari Tayang Hari Ini Simak Sinopsis Lengkap Doctor Sleep

Adinda Sherlina

Pemilik Penampungan Hewan Diduga Menyalahgunakan Uang Hasil Donasi, Banyak Kucing Kelaparan dan Mati

Adinda Sherlina

Istrinya Langsung Terkejut & Menangis Viral Pengantin Pria Bawakan Hadiah Unik Pada Mempelai Wanita

Adinda Sherlina

Ternyata Ini Alasannya VIRAL! Video Wanita Siksa Anak Kucing

Adinda Sherlina

Leave a Comment