Kesehatan

Marshanda Berupaya Keras Sembuh dari Bipolar Demi Buah Hatinya

Artis peran Marshanda melakukan berbagai cara mengatasi penyakit bipolarnya agar tidak kehilangan hak mengasuh anaknya, Sienna. "Jadi untuk aku treatment, untuk aku konseling, untuk aku seminar, belajar tentang psikologi, belajar tentang diri sendiri, menyembuhkan diri sendiri, aku harus lakukan itu, demi anakku," kata perempuan yang akrab disapa Caca itu saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019). Dia juga melakukan semua jenis pengobatan untuk bipolarnya itu demi keluarga, tim manajemennya, demi orang orang yang bekerja dengannya.

"Kalau enggak, semua orang akan kena," lanjut Marshanda. Ia berusaha memberi contoh yang baik kepada Sienna dengan cara melakukan pengobatan atas penyakitnya. "Satu contoh adalah sebelum kita menjadi orang yang bermanfaat buat dunia, sebelum kita harus mencintai dan menolong orang lain, kita harus menolong diri kita sendiri dulu. Itu contoh paling pertama yang aku contohkan kepada anakku," kata Marshanda.

Sienna merupakan putri Marshanda dari pernikahannya dengan Ben Kasyafani. Ia bercerai dari Ben beberapa tahun lalu. Pengadilan memutuskan hak asuh anak jatuh ke tangan Ben. Meskipun demikian, Marshanda tidak mengalami hambatan bertemu dengan putrinya itu. Artis sinetron yang melejit berkat sinetron Bidadari itu mengungkap jumlah obat yang harus ia konsumsi sudah berkurang.

"Alhamdulillah banget. Jujur, aku tadinya masih pesimis. Karena, katanya kalau turun obat kan harus pelan pelan, bisa jadi kalo orang secara psikologis belum sanggup, dia akan mesti banyak minum obat. Aku ngeliat sampai sekarang 'oh alhamdulillah, aku baik baik aja'," tutur Marshanda. Marshanda mengakui ia berharap harap cemas kalau kalau gejala gejala negatif dari penyakit mentalnya itu muncul lagi. "Aku tuh nungguin gejala gejala yang negatif tuh keluar, tapi enggak datang datang. Dan mungkin karena itu juga aku ganti alternatif yang herbal," imbuh perempuan kelahiran 10 Agustus 1989 itu.

Marshanda didiagnosis menderita gangguan kejiwaan bipolar pada 2009. Sejak itu ibunya kerap mengirim email tentang penyakit tersebut. Jangankan membaca, Marshanda selalu menghapus email email dari ibundanya.

Di usia 20 tahun itu, Marshanda mengabaikan diagnosis dokter. Ia juga tak paham betul apa itu bipolar. Menurut dia, mereka yang lebih cenderung menggunakan otak kanan dalam berpikir adalah orang lebih bisa mengerti dirinya saat itu. Dia pernah menolak mengakui penyakitnya untuk beberapa lama.

Empat tahun kemudian, ia baru benar benar bisa menerima terkena gangguan bipolar.

Baca Berita Lain

Bagaimana Agar Pengidap Diabetes Bisa Travelling Dengan Aman

Adinda Sherlina

Bisa Sebabkan Kematian Mendadak, Ini Waktu Terlarang Untuk Mandi

Adinda Sherlina

Mudah & Menyehatkan Cara Membuat Infused Water Sendiri di Rumah

Adinda Sherlina

Ini 6 Efek Buruk Malas Mandi Bagi Kesehatan Ashanty Punya Kebiasaan Jarang Mandi

Adinda Sherlina

Harga Masker Hidung N95 Melonjak Tajam Semua Orang Panik

Adinda Sherlina

Begini Caranya Program ‘Praktis’ Tawarkan Cara Turun Kelas Layanan BPJS Kesehatan

Adinda Sherlina

Lakukan Ini Demi Langsingkan Tubuh Elma Theana Lelah Diet

Adinda Sherlina

Coba Minum Rendaman Air Ketumbar Setiap Pagi saat Perut Kosong Bisa Cegah Diabetes

Adinda Sherlina

Bahan Alami untuk Sembuhkan Sakit Tenggorokan, Tersedia di Rumah dan Tak Sulit Mencari

Adinda Sherlina

Leave a Comment