Techno

Lengkap dengan Link E-Learning Cara Dapatkan Kuota Gratis buat Belajar di Rumah

Kemunculan virus corona yang sudah mulai meluas hampir di seluruh dunia ini, menyebabkan ketakutan tersendiri bagi masing masing orang. Dampak dari virus corona ini juga mempengaruhi keberlangsungan segala sistem di Indonesia, termasuk pendidikan. Presiden Joko Widodo memberlakukan adanya e learning, yaitu kegiatan belajar yang efektif secara online, yang sudah dimulai sejak beberapa hari yang lalu.

Belajar online atau e learning adalahproses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Learning merupakan proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi media baru. Learning ini diharapkan bisa menjadi salah satu gerakan antisipasi untuk pencegahan virus corona semakin meluas.

Dikutip dari siaran Pers Presiden RI di kanalYouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah memberlakukan adanya kegiatan belajar di rumah. Jokowi mengungkapkan, pemerintah mendapat bantuan dari beberapa situs belajar online, seperti Ruangguru, Zenius, Google, Microsoft, Quipper dan Sekolahmu untuk membantu para siswa belajar secara daring. Melihat perkembangan situasi terkini terkait penyebaran Covid 19, beberapa operator akhirnya turut menyediakan akses gratis untuk mendukung langkah pemerintah melawan penyebaran virus corona ini.

Berikut beberapa operator yang menyediakan pelayanan akses kuota gratis untuk belajar dirumah atau E Learning: Telkomselmenyediakan kuota internet sebesar 30GB yang bisa dimanfaatkan untuk bebas akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring (e learning). Dilansir dari , berikut adalah untuk akses bebas e learning:

1. Unduh aplikasi MyTelkomsel di Play Store atau App Store di ponsel Anda 2. Kemudian masuk pada aplikasi MyTelkomsel,loginmenggunakan nomor Telkomsel yang aktif sekarang 3. Pilih menu “Bebas Akses Ruangguru 30GB” atau “Bebas Akses Ilmupedia 30GB”

4. Kemudian klik atau pilih “Beli” 5. Setelah menerima SMS notifikasi dari Telkomsel, secara otomatis paket“Bebas Akses Ruangguru 30GB”atau“Bebas Akses Ilmupedia 30GB”langsung aktif. Kedua pilihan paket tersebut berlaku untuk pemakaian selama 30 hari dengan kuota 30GB.

Namun tidak semua e Learning dapat kamu akses secara bebas,berikut ini adalah daftar layanan E Learning yang dapat kamu akses secara bebas menggunakan kuota 30GB dari Telkomsel: Dilansir dari , operator XL juga memberikan kuota gratis untuk akses bebas kuota belajar di rumah. Melalui kuota 2GB per hari ini, pengguna dapat mengakses beberapa platform e learning seperti Kelas Pintar, Sekolah.mu, hingga portal Rumah Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk mendapatkan kuota tersebut, Anda dapat mengakses aplikasi myXL dan Axisnet. Dilansir dari , operator Indosat Ooredoo juga memberikan kuota gratis selama pandemi virus corona ini. Kuota gratis 30GB ini bisa digunakan untuk mengakses beberapa platform belajar online.

Platform itu di antaranya adalah Ruangguru, Quipper, Sekolahmu.com, hingga Rumah Belajar. Kemudian, kuota tersebut juga bisa digunakan untuk mengakses situs e learing beberapa kampus di Indonesia. Untuk mengaktifkan paket ini, pengguna bisa melakukannya via aplikasi myIM3.

Selain itu, pengguna juga bisa mengakses *123*368#. Jokowi berharap, dengan kegiatan belajar di rumah ini bisa mengurangi mobilitas pelajar dan mahasiswa di luar rumah. Selain aplikasi yang disebutkan oleh Presiden RI saat siaran pers, terdapat beberapa laman aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar online.

Aplikasi e learning ini dapat diakses melalui komputer, laptop, tablet maupun ponsel yang memadai. Dilansir dari laman BPPTIK, , juga terdapat beberapa layanan sistem manajemen pembelajaran yang dapat digunakan secara gratis untuk menunjang kegiatan belajar melalui daring. Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan.

Zenius.net merupakan aplikasi yang menyediakan produk dan jasa untuk kegiatan belajar secara online. Google Classroom adalah aplikasi daring untuk menunjang kegiatan belajar dengan memanfaatkan akun Gmail sebagai layanan lingkup pendidikan online. Microsoft juga menyediakan aplikasi belajar online, peserta didik dan pendidik berhak menggunakan Office 365 Education gratis, peserta didik cukup memasukkan alamat email sekolah saja.

Sekolah.mu adalah aplikasi belajar layaknya disekolah dengan sistem blended learning pertama di Indonesia, berbasis teknologi dan berkolaborasi untuk menyediakan program belajar bagi semua orang. Merupakan aplikasi yang dapat diakses secara gratis untuk kegiatan belajar secara online. Blackboard adalah merupakan aplikasi sekaligus portal penyedia layanan pendidikan online yang dapat diakses secara gratis, dan biasanya digunakan oleh berbagai universitas.

Schoology adalah aplikasi LMS (Learning Management System) yang memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara gratis, biasanya beberapa universitas juga menggunakan aplikasi ini. Latitude Learning adalah portal layanan LMS pendidikan yang bisa digunakan oleh 100 pengguna sekaligus dalam satu kelas. Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa sebagai aplikasi penunjang kegiatan belajar mengajar secara online.

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan, yang menyediakan layanan produk/jasa pendidikan bagi siswa di Indonesia. Sevima EdLink adalah aplikasi berbasis android yang dikhususkan untuk dunia pendidikan dalam membantu dosen/guru menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur, dan meningkatkan komunikasi dengan mahasiswa. Presiden Jokowi mengimbau masyarakat agar mengurangi kegiatan di luar rumah, khususnya acara yang mengharuskan untuk bertemu banyak orang.

Hal ini dimaksudkanuntuk mencegah penyebaran Covid 19 makin meluas. Tak hanya itu, penularan yang terbilang cepat menyebabkan dampak besar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Langkah kegiatan belajar di rumah, merupakan bentuk kepedulian terhadap keselamatan para siswa agar terhindar dari virus corona yang sedang marak dibicarakan saat ini.

Baca Berita Lain

Eyang Subur Mendadak Nongol Jadi YouTuber Lama Menghilang

Adinda Sherlina

Galaxy A10 baru Tersedia di Gerai Ponsel Mulai 6 April

Adinda Sherlina

Platform Ritel Offline Asal India Masuk Pasar Indonesia, Targetkan Transaksi Hingga Rp 1,4 Triliun

Adinda Sherlina

Program MANTUL Tinta Blueprint, Berikan Perlindungan Layaknya Printer Original

Adinda Sherlina

Aplikasi Solusi Keuangan Pengurus RW Mengenal WARSO

Adinda Sherlina

Ini Penjelasan Sang CEO Penasaran Arti Kata Xiaomi

Adinda Sherlina

Rumor Menggunakan Prosesor A13 Bocoran Harga & Tampilan Eksklusif Apple iPhone 9 alias SE2

Adinda Sherlina

Jokowi Tetap di Nomor Wahid Top Ten Akun Twitter Terpopuler di Indonesia

Adinda Sherlina

Dua Seri Printer Monokrom EcoTank Terbaru ini Siap Menjawab Kebutuhan Cetak Dokumen yang Serba Cepat

Adinda Sherlina

Leave a Comment