Metropolitan

Lembaga Pengembangan Guru di Daerah Tertinggal We The Teachers

Berawal menjadi seorang guru sekolah dasar di Amerika Serikat, Amanda Witdarmono mendirikan lembaga non profit We The Teachers ( WTT). Saat Amanda melanjutkan sekolah lagi, ia belajar bagaimana proses persiapan menjadi seorang guru. Amanda mengaku selama hampir satu tahun melakukan riset. Mengamati peran guru, yang menurutnya memiliki hati dan dedikasi.

Akan tetapi pengembangan guru dianggapnya masih sangat minim. "Tahun 2014, berdirilah We The Teachers yang merupakan lembaga non profit. Fokus pada pengembangan guru guru Indonesia, terutama di daerah tertinggal," ujar Founder We The Teachers , Amanda Witdarmono saat konferensi pers di Kuningan, Jakarta, Selasa (19/11/2019) kemarin. Dengan slogan Reimagine teaching, We The Teachers mendorong para guru guru untuk dapat berkreasi dalam proses pengajaran dengan tidak meninggalkan aspek sosial budaya setempat.

Dijelaskan, pemerintah sebetulnya memiliki kewajiban agar para guru dapat mengikuti pelatihan. Namun karena akses, ternasuk geografi, dua atau tiga tahun sekali para guru mendapatkan pelatihan. Hal ini yang juga membuat Amanda berinisiatif. Kumpul dengan para guru yang lain, berbagi pengalaman bekerja di dalam kelas.

"Misalnya ada seorang guru yang mewajibkan siswanya untuk salim setiap hari, karena ia ingin mengetahui kondisi siswanya. Dia jadi tahu siswanya lagi sedih atau bahagia, itulah cara ia memetakan emosi dan afeksi di kelas sebelum memulai pelajaran," jelasnya. "Bahkan tidak hanya sesama guru, kita juga belajar negoisasi dari para lawyers. Belajar public speaking dari teman teman media, yang juga berguna," kata Amanda. Amanda mengungkap, para guru kerap menemukan kendala kendala yang memerlukan bantuan dari pihak sekolah maupun dinas pendidikan.

"Akhirnya kami menyusun kurikulum yang terlepas dari kurikulum nasional, seperti muatan lokal atau ekstrakulikuler," ujarnya. Tak hanya menyusun kurikulum, WTT juga ikut mendistribusikan alat alat sekolah. Bantuan yang langsung didistribusika melalui para guru yang lebih mengetahui anak muridnya yang layak mendapat bantuan.

Baca Berita Lain

Dame Gembong Narkoba di Bekasi Tak Berkutik Dibekuk Polisi Jual Sabu di Pinggir Jalan

Adinda Sherlina

Baru Bebas Kembali Diamankan Diduga Terlibat Penganiayaan di Green Lake City Rekam Jejak John Kei

Adinda Sherlina

Jalan Arteri Bekasi Menuju Jakarta Putus Buntut Derasnya Luapan Kali Cakung

Adinda Sherlina

MRT Jakarta Targetkan 130.000 Penumpang Per Hari

Adinda Sherlina

Pelaku Curanmor di Bekasi Kepergok & Dikeroyok Warga Hingga Kondisinya Kritis

Adinda Sherlina

Mahasiswa & Buruh Sampaikan Tuntutan Hari Sumpah Pemuda Berhias Unjuk Rasa di Jakarta

Adinda Sherlina

Ini Faktanya Ancam Perawat Pakai Pecahan Kaca Dobrak Pintu Pasien Ijtima Ngamuk saat Diisolasi

Adinda Sherlina

Singgung Jas Pengantinnya Minta Dicarikan Anak Asuh Pengakuan Mantan Karyawan Soal Sisi Lain Ahok

Adinda Sherlina

Korsleting Listrik Akibatkan Kebakaran di Gudang Penyimpanan Toko Ananda di Pasar Ciputat

Adinda Sherlina

Leave a Comment