Bisnis

Larangan Ekspor Nikel Bikin Investor Minati Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan pelarangan ekspor nikel yang bertujuan untuk meningkatkan hilirisasi mulai dirasakan. Ia mengatakan pelaku usaha atau investor di Korea Selatan dan Cina berminat membangun pabrik di Indonesia. Hal ini seiring melonjaknya harga nikel, beberapa perusahaan sudah berniat membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) di Indonesia.

"Pada pertemuan dengan LG Chemical di Seoul beberapa hari lalu mereka mengatakan sedang mempertimbangkan pengembangan fasilitas produksi lithium battery nya di Indonesia setelah mendengar rencana Indonesia untuk menerapkan pelarangan ekspor biji nikel efektif Januari 2020 dan juga setelah harga nikel di pasar global yang terus naik,” kata Menko Luhut, dalam siaran pers, Senin (23/9/2019). Menurutnya, LG Chemical masih belum menentukan mitra dengan perusahaan, bisa dengan Cina atau Volkwagen, perusahaan pembuat mobil Jerman yang sekarang sedang mengembangkan produk mobil listriknya. Keberadaan pabrik produksi lithium battery ini juga sejalan rencana pemerintah mengembangkan kendaraan listrik.

Sebagaimana diketahui, bahan baku baterai mobil listrik adalah nikel dengan kadar di bawah 1,4 persen yang saat ini masih diekspor. "Mobil listrik juga menggunakan aluminium dan carbon steel seperti untuk bagian casisnya, mesin. Kami berharap penerimaan pajak akan meningkat dan membuka lebih banyak lapangan kerja,” jelasnya.

Baca Berita Lain

PT Garam Fokus Kegiatan Produksi Penuhi Permintaan Pasar yang Memiliki Potensi Besar

Adinda Sherlina

Rupiah Tergerus Imbas Perang Dagang AS China

Adinda Sherlina

Indonesia Masih Lemah dalam Lima Pilar Pariwisata Jokowi

Adinda Sherlina

PLN Santuni 560 Anak Yatim Dhuafa

Adinda Sherlina

Prudential Indonesia Lanjutkan Program Edukasi Asuransi & Literasi Keuangan 2020

Adinda Sherlina

Adhi Persada Properti Hadirkan Hunian Berkonsep Youthpreneur di Kota Malang

Adinda Sherlina

TASPEN Lakukan Langkah Baru Ganti Logo

Adinda Sherlina

Astra Auto Fest 2020 Bakal Digelar Di BSD 19 Hingga 23 Februari Ini

Adinda Sherlina

Kopi Asal Sumedang Ini Mulai Lirik Pasar Afrika

Adinda Sherlina

Leave a Comment