Bisnis

Larangan Ekspor Nikel Bikin Investor Minati Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan pelarangan ekspor nikel yang bertujuan untuk meningkatkan hilirisasi mulai dirasakan. Ia mengatakan pelaku usaha atau investor di Korea Selatan dan Cina berminat membangun pabrik di Indonesia. Hal ini seiring melonjaknya harga nikel, beberapa perusahaan sudah berniat membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) di Indonesia.

"Pada pertemuan dengan LG Chemical di Seoul beberapa hari lalu mereka mengatakan sedang mempertimbangkan pengembangan fasilitas produksi lithium battery nya di Indonesia setelah mendengar rencana Indonesia untuk menerapkan pelarangan ekspor biji nikel efektif Januari 2020 dan juga setelah harga nikel di pasar global yang terus naik,” kata Menko Luhut, dalam siaran pers, Senin (23/9/2019). Menurutnya, LG Chemical masih belum menentukan mitra dengan perusahaan, bisa dengan Cina atau Volkwagen, perusahaan pembuat mobil Jerman yang sekarang sedang mengembangkan produk mobil listriknya. Keberadaan pabrik produksi lithium battery ini juga sejalan rencana pemerintah mengembangkan kendaraan listrik.

Sebagaimana diketahui, bahan baku baterai mobil listrik adalah nikel dengan kadar di bawah 1,4 persen yang saat ini masih diekspor. "Mobil listrik juga menggunakan aluminium dan carbon steel seperti untuk bagian casisnya, mesin. Kami berharap penerimaan pajak akan meningkat dan membuka lebih banyak lapangan kerja,” jelasnya.

Baca Berita Lain

Amien Sunaryadi Temui Erick Thohir di Kantornya Diangkat Jadi Komut PLN

Adinda Sherlina

Menulusuri Keasrian Budi Daya Ternak Kambing di Bumi Pasundan

Adinda Sherlina

Setelah KPU Umumkan Prabowo Sandi Kalah Pilpres, Seperti Ini Nasib Saham Saratoga Milik Sandi

Adinda Sherlina

Menhub Minta Proses Rekrutemen Driver Ojol Diperketat Pasca Bom Medan

Adinda Sherlina

Desainer Property Global asal Inggris Mulai Garap Pasar Indonesia

Adinda Sherlina

YLKI Minta Pemerintah Tingkatkan Indeks Keberdayaan Konsumen

Adinda Sherlina

Rupiah Tergerus Imbas Perang Dagang AS China

Adinda Sherlina

Fokus Tingkatkan Kapasitas, Buana Lintas Lautan (BULL) Tambah Kapal Baru

Adinda Sherlina

Terus Beri Dampak Positif Bagi Indonesia, Gojek Adakan Kirab Merajut Nusantara

Adinda Sherlina

Leave a Comment