Travel

Kru Kabin Ungkap Sejumlah Kode Rahasia yang Sering Digunakan saat di Pesawat

Terbang naik pesawat memang menjadi alternatif mudah untuk sebagian orang yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Dianggap sebagai moda transportasi aman, tetap ada saja kondisi darurat yang terjadi di pesawat seperti turbulensi hingga kerusakan mesin. Meskipun kecil kemungkinan, kejadian tersebut menjadi momok untuk sebagian orang.

Oleh sebab itu, awak kabin memiliki sejumlah kata rahasia berupa kode yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam keadaan tertentu. Dengan menggunakan kode rahasia tentu saja bisa mengurangi risiko panik dari penumpang karena tak banyak yang tahu arti dari kode tersebut. Pramugari yang diketahui bernama Amanda Pleva mengatakan jika menggunakan kode rahasia di pesawat juga bertujuan untuk menjaga ketenangan dan ketertiban di kabin.

Amanda mengatakan "Kami dilatih secara khusus dalam situasi darurat dan sikap panik dapat menyebabkan kami kehilangan kendali atas situasi darurat yang bisa menyebabkan cedera atau kematian". Pilot dan pramugari biasanya menggunakan kode rahasia ketika berkomunikasi. Namun beberapa kode rahasia juga digunakan kru kabin untuk menggambarkan identitas penumpang.

Diwartakan dalam pada Jumat (19/6/2020), ada sejumlah kode rahasia yang digunakan kru kabin seperti berikut ini. Kode ini biasa disebutkan pramugari yang menunjukkan harus memberikan perhatian penumpang agar tidak panik karena adanya bahaya. Jadi pramugari dapat menangani situasi tanpa gangguan dari siapa pun.

Kode ini jarang sekali digunakan saat penerbangan untuk menggambarkan situasi di pesawat. Namun kode tersebut lebih sering digunakan untuk berkomunikasi antar kru kabin. Kode itu mengacu pada keinginan kru kabin untuk pergi ke hotel agar bisa istirahat di sela sela shif kerjanya.

Turbulensi menjadi satu dari sekian alasan orang yang takut terbang. Meskipun sebenarnya turbulensi tidak begitu berbahaya, tapi masih banyak orang yang takut dengan hal tersebut. Inilah sebabnya kru kabin menggunakan kodeair pocket untuk memberi bantuan ke penumpang agar tidak gugup.

Anggota awak kabin dapat menggunakan kode rahasia itu untuk menunjukkan pintu darurat pesawat telah dinon aktifkan. Kode rahasia ini juga beberapa kali digunakan pilot dan pramugari sebagai istilah untuk merujuk saat seseorang telah memverifikasi tugas orang lain. Mantan pramugari yang akrab disapa James mengungkapkan arti kode rahasia ini.

Dia mengatakan jika kode rahasia Cheerio digunakan ketika pramugari menemukan ada penumpang yang menurutnya menarik. Pramugari akan mengingat nomor kursi penumpang yang dianggap menarik tersebut. Sebagai contoh ketika ada penumpang yang dinggap menarik oleh pramugari dan ia duduk di kursi nomor 7D.

Pramugari akan mengatakan dengan kode isyarat "Saya mungkin akan di Denmark selama tujuh hari minggu depan". James melanjutkan jika tiap tiap maskapai memiliki isyarat dengan kalimat sendiri untuk mendeskripsikan penumpang menarik tersebut. Mereka biasanya menggunakan nomor kursi dan menggunakannya untuk menyebutkan nama negara.

Dead head adalah kode rahasia yang digunakan untuk menunjukkan adanya pramugari yang tidak bekerja, tapi ia hanya duduk saja seperti penumpang. Kode rahasia tersebut digunakan ketika kru kabin yang sedang tidak bertugas tapi diperlukan untuk membantu dalam keadaan darurat. Kode rahasia the sin bin ini umum digunakan oleh kru kabin.

The sin bin mengacu pada area di mana sebuah pesawat menunggu lepas landas ketika landasan pacu masih terlalu sibuk. Seorang pilot British Airways yang tidak menyebutkan identitasnya mengatakan "Biasanya, kode itu digunakan ketika penerbangan tidak sesuai jadwal, baik karena alasan arah penerbangan yang sibuk daripada pesawat lain atau karena cuaca buruk di lokasi tujuan".

Baca Berita Lain

Batu di Candi Borobudur Ditempeli oleh Ribuan Noda Permen Karet Menyedihkan

Adinda Sherlina

Dua Kota di Turki yang Bisa Dikunjungi buat Melihat Sejarah Sinterklas Demre & Patra

Adinda Sherlina

Sering Dianggap Sepele, Satu Hal Ini Sebaiknya Jangan Pernah Dilakukan di Pesawat

Adinda Sherlina

Butuh Kebersamaan Membangun Sektor Pariwisata

Adinda Sherlina

Situs Sejarah Megalitikum di Lampung Barat Deretan Fakta Unik Batu Berak

Adinda Sherlina

Mie Dan Me Menu Favorit Penggugah Selera Hadir Di Holiday Inn Express Jakarta International Expo

Adinda Sherlina

Negara Konsumen Emas Terbesar di Dunia hingga Cincin Kawin Dipakai di Kaki 9 Fakta Unik India

Adinda Sherlina

Resor Mewah Termahal di Dunia, Tarif Menginapnya Rp 1,4 M Per Malam

Adinda Sherlina

8 Tiket Pesawat Murah Rute Jakarta Samarinda, Kalimantan Timur

Adinda Sherlina

Leave a Comment