Kesehatan

Konsumsi Jantung Pisang Punya Manfaat Buat Kesehatan

Jantung pisang jarang dijadikan bahan makanan. Tapi, jantung pisang bisa dikonsumsi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. DikutipStyle Craze,African Journal of Biotechnologymengatakan dalam 100 gram jantung pisang memberikan beragam nutrisi. Nutrisi tersebut adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, dan vitamin E.

Berikut manfaat jantung pisang untuk kesehatan: Jantung pisang dapat mengobati infeksi karena kandungan etanolnya. Kandungan etanol berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Selain menghambat pertumbuhan bakteri patogen, etanol menangkal bakteribacillus subtalis,bacillus cereus, danescherichia coli.

Jantung pisang juga dapat membantuAnda mempercepat proses penyembuhan luka. Di sisi lain ekstrak bunga pisang juga dapat menghambat pertumbuhan parasit malariaplasmodium falciparum in vitro. Tubuh yang terpapar radikal bebas dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Jantung pisang yang mengandungmethanoldapat memproduksi antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Di sisi lain antioksidan yang ada di jantung pisang dapat menangani masalah kesehatan seperti penuaan dini dan kanker. Menstruasi bagi sebagian wanita pasti sangat menyakitkan. Semangkuk jantung pisang yang sudah dimasak dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut.

Masak jantung pisang bersama dadih atau yogurt untuk meningkatkan hormon progesteron di tubuh dan mengurangi perdarahan. Mengonsumsi jantung pisang secara berkala dapat mengurangi kenaikan kadar gula. Ini juga meningkatkan kadar total hemoglobin dalam tubuh. Meskipun jantung pisang juga mengandung antimikroba,efek hipoglikemik bunga pisang belum terbukti secara klinis.

Dari pada minumanti depressant, kalau Anda merasa tak bersemangat coba makan jantung pisang. Kandungan magnesium yang ada di jantung pisang dapat mengurangi rasa cemas dan meningkatkanmood. Jantung pisangmengandung sejumlah vitamin diantaranya vitamin A, C, dan E. Selain itu, sayuran ini juga mengandung kalium dan serat.

Maka tak heran sayuran ini menyehatkan dan melancarkan pencernaan. Ibuyang baru pertama kali menyusui pasti mengalami kendala. Kendala tersebut adalah produksi ASI yang tidak mencukupi untuk Si Kecil. Jantung pisangdapat membantu Anda meningkatkan produksi ASI.

Baca Berita Lain

Penyakit Langka yang Banyak Menyerang Anak Kecil Ini Miliki 3 Fase Gejala Demam Kawasaki

Adinda Sherlina

Mulai Sedia Payung hingga Ikuti Prakiraan Cuaca 8 Tips Tetap Sehat & Bebas Flu saat Musim Hujan

Adinda Sherlina

Waspada Pneumonia Wuhan dari Bandara Hingga menuju Berbagai Provinsi di Indonesia

Adinda Sherlina

Lakukan Gerakan Ini Sebelum Tidur buat Mengecilkan Paha Cukup 3 Menit Saja

Adinda Sherlina

Yuk Lakukan 4 Kebiasaan Ini di Pagi Hari di Antaranya Jauhkan Smartphone Ingin Semangat Seharian

Adinda Sherlina

4 Minuman Sehat yang Cocok Diminum saat Musim Hujan

Adinda Sherlina

10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dari Hidangan Lebaran

Adinda Sherlina

Jangan Sungkan Mandi Air Dingin? Ini Manfaatnya Buat Kesehatan

Adinda Sherlina

Dian Sastro Cerita Blak Blakan Tentang Autisme Yang Dialami Anak Pertamanya

Adinda Sherlina

Leave a Comment