Otomotif

Jadi Sopir Bus Listrik Ternyata Harus Miliki Sertifikat dari Kemenhub

Penggunaan bus dengan bahan bakar minyak harus siap siap ditinggalkan dikemudian hari. Salah satu langkah awal untuk kemajuan pemanfaatan bus sebagai moda transportasi umum yaitu dengan lahirnya bus listrik. Peredaran bus listrik di tanah air pun dimulai sejak beberapa waktu yang lalu dimana PTMobil Anak Bangsa(MAB) menjual unit bus listrik pertamanya.

Mengikuti perkembangan zaman dalam angkutan umum khususnya bus, para pengemudi bus pun juga harus siap dengan segala pembaharuan ini. Mengambil langkah cepat, Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) pun menggelar serangkaian uji coba serta pelatihan khusus bagi pengemudi yang akan mengoperasikan bus listrik ini. "Sosialisasi terhadap driver setelah unitnya tersedia, artinya bila besok ketika satu unit itu tersedia akan kita gunakan sebagai momentum untuk sosialisasi terhadap pengemudi," ujar Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa,Selasa (2/7).

Putu juga mengatakan bus listrik di kalangan masyarakat merupakan barang baru, khususnya bagi para sopir. Para pengemudi angkutan umum bus ini lebih mengenal unit bus konvensional yang menggunakan mesin diesel. Maka dari itu ia menganggap bahwa pengenalan serta sosialisasi sangat dibutuhkan.

Bagi calon sopir bus listrik ini nantinya terdapat latihan khusus yang tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Dari pelatihan tersebut nanti yang lolos alan mendapatkan sertifikasi khusus dari PPD dan Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Namun pengenalan dan pelatihannya sendiri nantinya akan digelar oleh pihak internal Perum PPD.

"Bila sosialisasi dan pelatihan sudah, kita akan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) untuk mendapatkan sertifikasi bagi pengemudi. Perlu diketahui bahwa seluruh pengemudi PPD yang ada saat ini semuanya juga sudah mempunyai sertifikasi," kata Putu.

Baca Berita Lain

Honda Siapkan Teknologi & Tampang Baru dari Flagship SUV Avancier

Adinda Sherlina

Kendala Bahan Bakar Jadi Alasan Volkswagen Tak Jual Golf di Indonesia

Adinda Sherlina

Begini Spesifikasinya Harga Daihatsu Rocky Diperkirakan Tidak Lebih Rp 200 Juta

Adinda Sherlina

Ingin Beli Mobil, Simak Ragam Diskon MPV Murah Bulan Ini

Adinda Sherlina

Menperin Mengaku Sedang Bahas Aturan Turunan Perpres Mobil Listrik

Adinda Sherlina

AHM Adakan Honda Ramadan Fest 2019, Telah Hadir di 28 Kota

Adinda Sherlina

Ini Keuntungan Membeli Mobil Bekas Saat Terjadi Pandemi Virus Corona

Adinda Sherlina

Ini Daftar Komplet Harga Mobil Murah di Indonesia Bulan Ini

Adinda Sherlina

Kerjasama dengan Isuzu, FIN Logistics Pesan 300 Unit Isuzu Giga

Adinda Sherlina

Leave a Comment