Otomotif

Inilah 5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Beli Mobil Bekas

Inilah 5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Beli Mobil Bekas

Seperti yang sudah diketahui, kebutuhan masyarakat akan keberadaan mobil pribadi setiap tahunnya terus meningkat. Sebagian besar, mereka ingin mendapatkan sebuah mobil dengan harga yang terjangkau, dimana salah satu alternatifnya dengan beli mobil bekas secara kredit.

Alasan utama dari mereka yang memilih melakukan angsuran mobil bekas adalah karena  angsurannya yang lebih ringan. Mereka akan mendapatkan program pembiayaan atau angsuran yang sesuai dengan keinganannya.

Perlu diketahui, jumlah pembiayaan angsuran mobil bekas ini biasanya akan dihitung sebagai pinjaman berdasarkan harga mobil yang dipilih. Beban angsuran setiap bulannya pun akan disesuaikan dengan kebijakan dan harga dari mobil yang dipilih.

Selain harga yang relatif lebih murah, melakukan angsuran mobil bekas juga bisa memberikan apa yang Anda harapkan. Anda bisa mendapatkan fitur mobil yang Anda inginkan namun dengan harga yang lebih murah. Namun, dengan berbagai kelebihannya terdapat banyak hal yang harus tetap Anda pertimbangkan saat beli mobil bekas, diantaranya :

Selektif Dalam Memilih Tempat Pembelian

Ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan saat hendak melakukan kredit mobil. Tentu, meskipun dengan harga yang jauh lebih murah, beban biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah mobil tidak seringan untuk saat membeli keperluan lain. Karena itu, Anda dituntut untuk selektif saat menentukan tempat jual beli mobil bekas agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan.

Hal ini bisa dilakukan dengan mencari informasi tentang pelayanan yang akan diberikan oleh tempat showroom mobil yang Anda pilih. Anda bisa mendapatkannya dari orang yang berpengalaman atau dari internet.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Mempertimbangkan pilihan mobil dengan kebutuhan menjadi salah satu hal yang bisa membantu Anda dalam menekan pengeluaran untuk membayar angsuran. Kesampingkan dulu keinginan, karena untuk mendapatkan kredit mobil bekas murah Anda harus memprioritaskan pemilihan mobil berdasarkan harga dan kebutuhan.

Anda harus bisa menyesuaikan pilihan Anda dengan jumlah dana yang Anda miliki. Jangan sampai Anda berutang untuk bisa membeli mobil yang Anda inginkan. Perlu diingat, berutang untuk membayar utang. Jika tidak terlalu mendesak, akan lebih baik jika Anda menabung terlebih dahulu agar mobil yang bisa Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hindari Terburu-buru Melakukan Pengajuan Kredit

Ini berkesinambungan dengan poin pertama, dimana Anda tidak dianjurkan untuk terburu-buru melakukan pengajuan agar hal yang tidak diharapkan dapat dihindari. Artinya, dalam memilih tempat kredit mobil selektif menjadi hal yang pertama dan paling utama untuk dilakukan.

Periksa Kondisi Mobil Secara Menyeluruh

Karena mobil yang akan beli adalah mobil bekas, memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan. Ini dilakukan untuk menghindari segala hal yang sifatnya merugikan.

Anda wajib mengecek seluruh bagian mobil, baik bagian fisik maupun mesinnya. Jika Anda tidak mampu atau mungkin tidak mengetahui bagian mana saja yang harus diperiksa keadaannya, Anda bisa meminta bantuan kepada rekan Anda yang ahli dalam otomotif.

Periksa Kelengkapan Dokumen

Setelah memastikan keadaan mobil pilihan Anda dalam keadaan yang baik dan aman untuk digunakan, Anda harus memeriksa kelengkapan dokumennya. Pastikan mobil yang Anda pilih memiliki dokumen yang lengkap secara hukum. Keberadaan dokumen-dokumen penting kendaraan ini tentu akan sangat dibutuhkan di waktu-waktu tertentu.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan saat beli mobil bekas. Hal-hal tersebut tentu dilakukan untuk menghindari segala hal yang sifatnya merugikan. Karena itu, lakukan hal tersebut agar Anda bisa mendapatkan apa yang Anda harapkan. Semoga bermanfaat.

Baca Berita Lain

Datsun Seken Bisa Diboyong dari Rp 65 Jutaan Cari Mobil Murah

Adinda Sherlina

Supra X hingga BeAT Lengkap Daftar Harga Terbaru Motor Honda di Bulan Maret 2020

Adinda Sherlina

Komparasi Skutik Honda Genio vs Suzuki Nex II dan Yamaha Mio M3

Adinda Sherlina

HDC 2019 Seri 1 Purwokerto Jadi Awal Bagus Buat Tim Daya Honda Jayadi

Adinda Sherlina

Perubahan STNK Jadi Kartu ATM Bakal Dibebankan menuju Pemilik Kendaraan

Adinda Sherlina

Hino Jual Truk dan Bus Terbanyak di Bulan Maret

Adinda Sherlina

Saksi Kedigdayaan Farudilla Adam di Kelas FFA 250 Sirkuit Boyolali

Adinda Sherlina

Autovision Kenalkan 4 Tipe Lampu LED Terbaru buat Mobil

Adinda Sherlina

Desain Motor Gesits buat PLN Hasil Plagiat Viral

Adinda Sherlina

Leave a Comment