Sains

Ini Tata Cara Salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf Gerhana Bulan Penumbra Terjadi 11 Januari

Gerhana Bulan Penumbra akan melintas dan bisa dinikmati di wilayah Indonesia pada Sabtu (11/1/2020) dini hari. Ini adalah gerhana bulan pertama yang terjadi pada awal tahun 2020. Istimewanya, Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi pada Sabtu dini hari nanti dapat disaksikan dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali.

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Gerhana Bulan hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Dikutip dari siaran pers BMKG, Gerhana Bulan Penumbra akan dimulai pada pukul 00.05,7 WIB dengan puncaknya pada pukul 02.10 WIB. Gerhana Bulan Penumbra akan berakhir pada pukul 04.14,4 WIB. Dengan demikian, Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi pada Sabtu dini hari nanti berlangsung selama 4 jam 8,7 menit.

Dengan adanya fenomena alam ini, umat Islam diimbau untuk melaksanakan Salat Gerhana atau Salat Khusuf. A. Berniat di dalam hati B. Takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa

C. Membaca do’a iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih) sebagaimana terdapat dalam hadits Aisyah: “Nabi Saw. menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika shalat gerhana.”(HR. Bukhari no. 1065 dan Muslim no. 901) D. Kemudian ruku’ sambil memanjangkannya E. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd"

F. Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama G. Kemudian ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya H. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal)

I. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali J. Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan gerakannya lebih singkat dari sebelumnya K. Salam

Setelah itu, imam akan menyampaikan khutbah kepada para jemaah. Khotbah tersebut berisi anjuran untuk berzikir, berdoa, beristighfar, dan bersedekah. Masih dari BMKG, seluruh proses Gerhana Bulan Penumbra pada 11 Januari dapat dilihat di Asia.

Termasuk di Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia. Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian Barat, Samudera Atlantik. Sebagian kecil Amerika bagian Timur Laut dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian Timur juga bisa melihat detik detik Gerhana Bulan Penumbra.

Proses Gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di Amerika Utara bagian Barat Laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian Timur. Sayangnya, Gerhana Bulan Penumbra tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian Timur. Masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Penumbra walau tidak seluruh proses Gerhana Bulan Penumbra diamati.

Masih dari BMKG, untuk wilayah Indonesia barat, Gerhana Bulan Penumbra dimulai lewat tengah malam hingga dini hari. Sementara untuk wilayah Indonesia tengah dan timur, Gerhana Bulan Penumbra dimulai dini hari dan berakhir pada saat fajar. Gerhana Mulai (P1): 00.05,7

Puncak Gerhana (Puncak): 02.10,0 Gerhana Berakhir (P4): 04.14,4 Gerhana Mulai (P1): 01.05,7

Puncak Gerhana (Puncak): 03.10,0 Gerhana Berakhir (P4): 05.14,4 Gerhana Mulai (P1): 02.05,7

Puncak Gerhana (Puncak): 04.10,0 Gerhana Berakhir (P4): 06.14,4

Baca Berita Lain

Ini Jamur yang Bisa Indikasikan Ada Kandungan Emas di Bawah Tanah

Adinda Sherlina

Black Hole Pertama Kali dalam Sejarah Tertangkap Kamera, Apa Dampak Penelitian untuk Indonesia?

Adinda Sherlina

Ada yang Punya 8 Jari di Satu Tangan 10 Orang yang Terlahir dengan Bagian Tubuh Unik & Langka

Adinda Sherlina

Ada Kunang-kunang Kawin Serentak & Kambing Memanjat Pohon 12 Fenomena Alam yang Langka di Dunia

Adinda Sherlina

Kenapa Makan Mie Instan Justru Bikin Cepat Lapar?

Adinda Sherlina

Ini 7 Fakta Lumba-lumba yang Jarang Diketahui kisah Selamatkan 12 Pemancing di Tengah Laut

Adinda Sherlina

Peringatan Dini BMKG Gelombang Tinggi Di Perairan Indonesia 17 20 Juni 2019

Adinda Sherlina

Penjelasan TERBARU BMKG Soal Potensi Gempa 8,8 SR Disertai Tsunami Setinggi 20 Meter di Selatan Jawa

Adinda Sherlina

BESOK, Gerhana Matahari Total Terjadi, Ini Link Live Streaming Nonton Detik Detik Gerhana

Adinda Sherlina

Leave a Comment