Kesehatan

Ini Risikonya Terlalu Sering Gunakan Hand Sanitizer & Cuci Tangan Ternyata Bahaya

Menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan dipercaya dapat membunuh bakteri yang ada di tangan. Oleh karena itu, sebagian orang sering melakukannya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Namun, penggunaan pembersih tangan berbasis alkohol seperti hand sanitizer secara berlebihan ternyata berbahaya.

Mengutip laman , dampak yang ditimbulkan yakni meningkatkan risiko infeksi gangguan kulit. Mencuci tangan terlalu sering juga dapat menimbulkan efek buruk pada kulit. Sebab, zat pada kulit yang biasanya bertindak sebagai penjaga kelembaban kulit akan hilang.

Menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan yang berlebihan untuk menghindari virus justru akan menghilangkan bakteri jinak yang berfungsi menangkis patogen seperti norovirus. Hal serupa juga dinyatakan oleh Juru bicara produsen bahan kimia dan kosmetik, Kao Corp. "Tentu saja, perlu mencuci tangan dan menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol untuk mengurangi penularan virus, tetapi melakukan sesuatu yang berlebihan itu tidak baik," katanya dikutip dari .

Ia pun mengatakan, kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat menghilangkan kulit dari minyak dan cairannya, sehingga mengakibatkan tangan menjadi kasar. "Kulit kering dan rusak bisa menjadi sarang bakteri penyakit dan juga meningkatkan risiko virus memasuki tubuh melalui luka di kulit," kata juru bicara KAO Corp. "Untuk mencegah infeksi, jauh lebih penting untuk mencuci tangan dengan sabun dalam jumlah sedang selama lebih dari 30 detik secara efektif daripada mencuci tangan beberapa kali sehari," lanjutnya.

Selain itu, ia mendesak setelah orang orang mencuci tangan untuk mengelap tangan mereka menggunakan handuk bersih atau tisu. Sebab, membiarkan tangan tetap basah dapat menyebabkan gangguan kulit dan memudahkan patogen menempel. Ia menambahkan bahwa menerapkan lotion atau krim pelembab sangat penting untuk menjaga kulit tidak kering.

Sementara itu, melansir laman Piedmont , mencuci tangan sebaiknya dilakukan saat sebelum makan, setelah bertemu seseorang yang sedang sakit, dan setelah menggunakan kamar mandi. "Cuci tangan Anda jika Anda beada di sekitar seseorang yang sakit, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah menutup hidung atau mulut saat bersin atau batuk," kata Dokter Blackmod dikutip dari . Berikut ini cara mencuci tangan yang benar menurut Dokter Blackmod.

1. Basahi tangan Anda dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin) 2. Baluri tangan Anda dengan sabun. Pastikan punggung tangan, sela sela jari, dan kuku terjangkau sabun. 3. Gosok tangan Anda setidaknya selama 30 detik.

4. Bilas tangan Anda dengan air bersih yang mengalir. 5. Keringkan tangan Anda dengan handuk bersih atau tisu.

Baca Berita Lain

Mengatasi Flu Tanpa Minum Obat

Adinda Sherlina

Wanita Ini Ceritakan Bagaimana Kandung Kemihnya Hampir ‘Meledak’ 5 Tahun Tak Bisa Buang Air Kecil

Adinda Sherlina

Riwayat Perjalanan & Pertemuan Pasien Virus Corona Penting Ditelusuri buat Pantau Penyebarannya

Adinda Sherlina

Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah 5 Manfaat Santan Kelapa buat Kesehatan Tubuh

Adinda Sherlina

Penuaan dini hingga Rambut Rontok 5 Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Kolagen & Serat

Adinda Sherlina

Cemino Adalah Akses Utama Bagi Pasien Cuci Darah

Adinda Sherlina

Bahaya di Balik Kenikmatan Makan dengan Sumpit, Begini Cara Membersihkannya untuk Hindari Bakteri

Adinda Sherlina

Kenali Gejala & Juga Penyebab Sebelum Mengatasinya Lakukan 7 Hal Ini Jika Anak Demam

Adinda Sherlina

Tiga Hal yang Wajib Diingat Penderita Diabetes Soal Makanan

Adinda Sherlina

Leave a Comment