Nasional

Ini Profil & Rekam Jejaknya Zulkifli Zaini Resmi Ditunjuk Erick Thohir Jadi Dirut Baru PLN

Inilah profil Zulkifli Zaini, Direktur Utama ( dirut ) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Zulkifli Zaini resmi ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai dirut PLN. Sebelumnya, beredar kabar yang menyebutkan bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan menjadi dirut PLN.

Namun, kabar tersebut dipatahkan dengan keputusan resmi Erick Thohir yang menunjuk Zulkifli Zaini. Zulkifli ditunjuk sebagai dirut untuk menggantikan Sofyan Basyir yang dijadikan tersangka oleh KPK atas kasus suap PLTU Riau I. Tak hanya Zulkifli, Erick Thohir juga menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN.

Kini nama Zulkifli Zaini pun kian menjadi sorotan. Banyak yang mencari tahu sosok Zulkifli. Zulkifli rupanya bukan orang baru di tubuh PLN.

Ia sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai Komisaris PLN sejak tahun 2013 silam. Pria berusia 63 tahun itu mengemban tugas sebagai Komisaris hingga April 2015. Selain di PLN, Zulkifli juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2010 hingga April 2013. Saat itu dia menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan.

Pria yang meraih gelar sarjana di bidang Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1980 itu juga pernah menjadi Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sejak Maret 2015 hingga Maret 2016. Zulkifli juga pernah menduduki posisi Komisaris Independen Bank Permata pada 2017. Untuk urusan pendidikan, dia juga pernah kuliah di luar negeri.

Zulkifli pernah meraih gelar Master of Business Administration dari Washington University, Amerika Serikat, pada tahun 1994. Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN. Zulkifli ditunjuk sebagai dirut untuk menggantikan Sofyan Basyir yang dijadikan tersangka oleh KPK atas kasus suap PLTU Riau I.

Selain Zulkifli, mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan itu juga menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN. “Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan KomutBUMNlainnya.

Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas pemerintah,“ ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/12/2019). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohirtelah menunjukAmien Sunaryadisebagai Komisaris Utama danZulkifli Zainisebagai Direktur UtamaPLNyang baru. Penunjukkan resmi keduanya serta susunan kepengurusanPLNyang baru akan dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Senin (23/12/2019) sore ini.

“Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah,“ ucap Erick Thohir dalam keterangannya, Senin (23/12/2019). Erick Thohir menjelaskan sepak terjang Amien dan Zulkfli menjadi alasan kedua ditunjuk untuk memimpin perusahaan listrik milik negara tersebut.

Menurutnya,PLNbakal memiliki tugas yang berat mulai dari merealisasikan rasio elektrifikasi 100 di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat dan industri. Selain itu, para pimpinanPLNini juga ditugaskan untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik. Salah satu yang harus dipenuhiPLNadalah pemenuhan listrik ramah lingkungan di Ibu Kota Baru. "PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik.PLNakan fokus pada distribusi," ucap Erick.

Sebagai informasi,Amien Sunaryadiadalah wakil ketua KPK periode 2003 2007. Selama jabatannya, Amien memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan surveillance yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile. Sementara itu,Zulkifli Zainisaat ini merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015 dan pernah menjadi Dirut Bank Mandiri di 2010 2013.

Baca Berita Lain

2 Pertimbangan BUMN yang Memilih Rudiantara jadi Bos PLN

Adinda Sherlina

Begini Simulasi Pengamanan Awak Media Ketika Demo Berujung Rusuh

Adinda Sherlina

Yogyakarta Cerah di Pagi Hari Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota Besar di Indonesia Kamis (28/11/2019)

Adinda Sherlina

Dibully Karena Dinilai Selingkuh dengan Puput Nastiti, Ahok Puji Balasan Ibunya: Bijak Tapi Nyelekit

Adinda Sherlina

Silaturahmi AHY Ke Jokowi Megawati Dan Cuitan Andi Arief, Akankah Demokrat Berpaling Ke Jokowi?

Adinda Sherlina

Jalani Pemeriksaan KPK 7 Jam, Mantan Dirut Garuda Indonesia Belum Juga Ditahan

Adinda Sherlina

Saor Siagian Ungkap 3 Kriteria yang Perlu Dimiliki Dewan Pengawas KPK

Adinda Sherlina

Sandiaga Uno Komentari Aksi Pegawai Honorer yang Disuruh Berendam dalam Selokan di Jelambar

Adinda Sherlina

Komisi III DPR Cecar BNN Hingga Ancam Bubarkan Lembaga

Adinda Sherlina

Leave a Comment