Sains

Ini Daerah yang Dilewati Catat! Gerhana Matahari Cincin Sambangi Langit Indonesia 26 Desember

Fenomena langit akan kembali menyambangi Indonesia pada bulan Desember ini. Adalah fenomena Gerhana Matahari Cincin yang akan menghiasi langit Indonesia pada 26 Desember mendatang. Pada Kamis (26/12/2019), Gerhana Matahari Cincin melintasi sebagian wilayah Indonesia.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Hal inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya. Secara umum, Gerhana Matahari Cincin terjadi tiap satu hingga dua tahun sekali.

Gerhana Matahari Cincin terakhir terjadi pada 26 Februari 2017. Sementara Gerhana Matahari Cincin akan terjadi dalam 6 tahun ke depan. Sementara itu, hanya gerhana pada 2019 yang dapat diamati dari wilayah Indonesia.

Dikutip dari situs gerhanamatahari.id milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Kabupaten Siak, Riau menjadi lokasi yang paling ideal untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin. Gerhana Matahari Cincin dipredikasi akan dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB. Selain Kabupaten Siak, masyarakat Indonesia juga bisa mengamati momen Gerhana Matahari Cincin di wilayah tertentu.

Misalnya di Padang Sidempuan, Sibolga, Kepulauan Riau, dan sebagian dari Kalimantan Barat bagian utara, yaitu Kabupaten Singkawang. Artinya, Gerhana Matahari Cincin hanya bisa disaksikan di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan. Sementara wilayah lain di Indonesia hanya akan menikmati Gerhana Matahari Sebagian sekitar tengah hari, tergantung lokasi pengamatan.

Misalnya di daerah Sumatera Selatan mencapai 80 persen, sedangkan di Pulau Jawa mencapai 70 80 persen. Sementara itu, wilayah lain di Indonesia dapat melihat gerhana sebagian dengan porsi tertutupnya Matahari hingga paling sedikit 20 persen di wilayah selatan Papua. Untuk wilayah Bandung, bulan menutupi 70 persen permukaan matahari.

Di Jakarta, Gerhana Matahari Sebagian mencapai sekitar 72 persen. Semakin mendekati jalur pusat gerhana, porsi tertutupnya matahari semakin besar. 1. Sumatera Utara

Sibolga Padang Sidempuan 2. Riau

Siak Duri Pulau Pedang

Pulau Bengkalis Pulau Tebing Tinggi Pulau Rangsang

3. Kepulauan Riau Batam Tanjung Pinang

4. Kalimantan Barat Singkawang 5. Kalimantan Utara

Makulit Tanjung Selor 6. Kalimantan Timur

Berau

Baca Berita Lain

Planet Terlarang Telah Ditemukan oleh Astronom, Berjarak 920 Tahun Cahaya dari Bumi

Adinda Sherlina

Ahli Psikologi Ungkap Rasa Takut VS Rasa Penasaran Pada Cerita Horor KKN di Desa Penari Viral

Adinda Sherlina

Ini Beda Kembar Identik & Fraternal Berkaca dari Kisah Si Kembar yang Terpisah Nadya & Nabila

Adinda Sherlina

Ini Penyebab Pesawat British Airways Nyasar dan Salah Mendarat 800 Km dari Kota Tujuan

Adinda Sherlina

Black Hole Pertama Kali dalam Sejarah Tertangkap Kamera, Apa Dampak Penelitian untuk Indonesia?

Adinda Sherlina

Penjelasan TERBARU BMKG Soal Potensi Gempa 8,8 SR Disertai Tsunami Setinggi 20 Meter di Selatan Jawa

Adinda Sherlina

6 Ton Ini 5 Fakta Hiu Paus Beratnya Bisa Capai 20 Viral Video Hiu Paus Minta Tolong menuju Nelayan

Adinda Sherlina

Operasi Hujan Buatan Dirancang buat Pindahkan Potensi Hujan di Jabodetabek

Adinda Sherlina

Kenapa Makan Mie Instan Justru Bikin Cepat Lapar?

Adinda Sherlina

Leave a Comment