Sains

Ini Beda Kembar Identik & Fraternal Berkaca dari Kisah Si Kembar yang Terpisah Nadya & Nabila

Manusia kembar masih menyimpan banyak misteri, dan kita mungkin selalu ingin menggalinya. Seperti kisah haru Nadya dan Nabila, anak kembar yang terpisah sejak lahir selama 16 tahun. Tak hanya serupa secara fisik, dua insan yang terpisah jarak itu juga memiliki hobi dan fobia yang sama. Keduanya sama sama fobia balon.

Nadya dan Nabila adalah contoh kembar identik. Mereka memiliki fisik yang sangat mirip, bagai pinang dibelah dua. Namun, ada juga kembar yang tak mirip. Namanya kembar fraternal. Salah satu ciri kembar identik adalah memiliki fisik yang sama persis.

Dilansir Sehatq , kembar identik disebut pula sebagai monozigot. Kembar identik terbentuk dari sel telur tunggal yang dibuahi. Setelah pembuahan, zigot terbagi menjadi dua sehingga menghasilkan dua embrio. Kedua embrio tersebut memiliki asal genetik dan DNA yang sama.

Akan tetapi, keduanya dapat memiliki plasenta yang berbeda dalam kandungan. Penyebab terjadinya kembar identik belum diketahui hingga saat ini. Selain itu, tidak ada faktor keturunan yang memengaruhi Anda untuk memiliki bayi kembar identik.

Berbeda dengan kembar identik, kembar fraternal atau yang biasa disebut dizygotic, merupakan saudara kandung yang lahir di waktu bersamaan tapi memiliki fisik berbeda. Selain fisik yang berbeda, kembar fraternal juga memiliki DNA yang berbeda. Dilansir www.healthychildren.org , kembar fraternal terjadi saat dua sel telur dibuahi secara terpisah.

Mereka biasanya mengembangkan dua kantung amnion terpisah, plasenta, dan struktur pendukung lain. Jika ada kembar perempuan dan laki laki, jelas mereka adalah saudara kembar fratenal. Anak laki laki memiliki kromosom XY dan anak perempuan memiliki kromosom XX.

Disebutkan dalam situs tersebut, kembar cewek cowok terjadi saat telur X dibuahi dengan sperma X, dan sperma Y membuahi telur X lainnya. Saat ibu sedang mengandung, petugas medis dapat mengidentifikasi bayi dalam kandungan kembar identik atau kembar cewek cowok dengan pemeriksaan USG. Namun, cara terbaik untuk mengetahui apakah anak kembar identik atau fraternal adalah dengan memeriksa DNA setiap anak.

Pasalnya, ada kembar yang awalnya dikira kembar fraternal berdasarkan temuan plasenta, padahal keduanya adalah kembar identik. Kembar identik memiliki DNA yang sama. Namun, mereka mungkin tidak terlihat sama persis satu sama lain karena faktor lingkungan seperti posisi rahim dan pengalaman hidup setelah dilahirkan. Pengalaman hidup misalnya, salah satu kembar identik mengalami kecelakaan dan harus mendapat jahitan. Hal inilah yang membuat dia tak lagi terlihat sama persis dengan kembarannya.

Atau gaya rambut, letak tahi lalat, dan lainnya. DNA terus beradaptasi dengan pengalaman seorang anak. Oleh karena itu, seiring waktu, sepasang DNA kembar identik menjadi semakin berbeda. Semua anak kembar, entah identik atau fraternal, adalah dua individu yang unik dan berbeda.

Baca Berita Lain

Harus Pakai Inovasi Lokal yang Punya TKDN Tinggi Bangun Ibu Kota Baru BPPT

Adinda Sherlina

Epidemi Virus Corona Akan Segera Berakhir Prediksi Ilmuwan Peraih Nobel

Adinda Sherlina

Penjelasan Ilmiah Kalau Mencium Aroma Kentut Itu Bau

Adinda Sherlina

Video Syur Mirip Gisella Anastasia Misteri Tahi Lalat Besar di Paha Belakang Akhirnya Terjawab

Adinda Sherlina

Kisah Bayi Terkecil Seberat 245 Gram Bernama Saybie yang Sanggup Bertahan Hidup

Adinda Sherlina

Kenapa Makan Mie Instan Justru Bikin Cepat Lapar?

Adinda Sherlina

Penjelasan TERBARU BMKG Soal Potensi Gempa 8,8 SR Disertai Tsunami Setinggi 20 Meter di Selatan Jawa

Adinda Sherlina

Ini Daerah yang Dilewati Catat! Gerhana Matahari Cincin Sambangi Langit Indonesia 26 Desember

Adinda Sherlina

Kunci Gitar Paling Mudah Dimainkan Chord ‘Sedih Tak Berujung’ – Glenn Fredly

Adinda Sherlina

Leave a Comment