Pendidikan

Hari Pertama Anak Sekolah, Hati Hati Unggah Foto Si Kecil Ke Media Sosoal, Ini 7 Tipsnya!

— Hari ini, Senin 15 Juli 2019, merupakan hari pertama masuk sekolah. Orangtua tentu semangat untuk mengantarkan anak ke sekolah dan menyapa guru. Pada momen bahagia seperti ini, biasanya orangtua semangat menyebarkan foto foto seru bersama anak ke media sosial. Tapi ingat, ada beberapa hal perlu diingat orangtua sebelum menyebarkan foto tersebut ke media daring. Beberapa risiko perlu diwaspadai orangtua saat mengunggah foto anak di media sosial; kejahatan paedofilia atau predator anak, perundungan (bullying), perampokan, penculikan, pencurian identitas, dan bahaya lain.

Dilansir dari laman resmi Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum orangtua mengunggah foto hari pertama sekolah anak di media sosial: 7 hal penting saat unggah foto hari pertama sekolah: 1. Jangan memasang identitas lengkap anak, seperti nama lengkap, tanggal, lahir, nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon, dan lainnya. 2. Hati hati, pastikan fitur geo tagging atau penanda lokasi dimatikan saat memutuskan memasang foto anak.

3. Bila ingin berbagi foto anak, sebaiknya terbatas pada keluarga dan lingkungan dekat yang bisa dipercaya, tidak kepada publik luas. Setiap media sosial bisa mengatur jenis privasi dan peredaran foto. 4. Jangan memasang foto anak yang memungkinkan ia mendapatkan pelecehan, penghinaan dan perundungan.

5. Pikirkan dari sisi anak, apakah ia akan senang dangan foto yang dipasang, atau malah akan merasa malu dan sedih. 6. Jangan memasang foto anak lain tanpa seizin orangtuanya. 7. Ajak keluarga dan teman untuk berhati hati saat memasang foto anak.

Pertanyaan penting untuk sekolah Selain itu, ada beberapa hal penting perlu ditanyakan orangtua kepada pihak sekolah saat bertemu guru atau kepala sekolah di hari pertama sekolah: 1. Adakah informasi mengenai program sekolah? 2. Bagaimana sekolah dalam menangani masalah kesiswaan, baik masalah akademik maupun nonakademik?

3. Apa saja kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti anak? 4. Adakah nomor telepon wali kelas atau sekolah yang bisa dihubungi? 5. Adakah jadwal rutin pertemuan antara orangtua dan wali kelas? Jika tidak ada, apakah orangtua bisa mengatur sendiri pertemuan dengan wali kelas?

Baca Berita Lain

Dilengkapi Linknya & Bisa Diunduh di Sini Kisi-kisi Ujian Nasional SMA Sederajat 2019/2020

Adinda Sherlina

Universiti Putra Malaysia Buka Peluang Kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia

Adinda Sherlina

Inovasi Teknologi Diharapkan Jawab Tantangan Pendidikan di Masa Nadiem Makarim

Adinda Sherlina

STAN Paling Banyak Diminati, Ini Tahap Seleksi Sekolah Kedinasan, Ada SKD hingga Kesamaptaan

Adinda Sherlina

UniSadhuGuna Telah Luluskan Lebih dari 3.000 Orang

Adinda Sherlina

SDM Lulusan Indonesia Tidak Kalah Dibandingkan SDM Asing

Adinda Sherlina

Ustaz Abdul Somad Bagikan Doa-doa Terbaik Hadapi Ujian Soal di Sekolah atau Kuliah

Adinda Sherlina

Ridwan Hisjam Terpilih Sebagai Ketua Senat IKA ITS

Adinda Sherlina

Esri Indonesia capai UI Award 2019 Berkontribusi di Bidang Pendidikan

Adinda Sherlina

Leave a Comment