Techno

Google Blokir Akses Ponsel Huawei ke Sistem Pembaruan Android, Google Playstore dan Maps

Google telah menangguhkan akses Huawei ke pembaruan sistem operasi Android nya. Perusahaan telekomunikasi asal China ini juga kehilangan akses suplai chip untuk perangkat yang diproduksinya lantaran pemerintah AS memasukkan Huawei sebagai persusahaan daftar hitam. Peristiwa ini menjadi pukulan baru untuk Huawei. Google menyatakan pihaknya mematuhi perintah eksekutif Donald Trump dan sedang meninjau implikasinya. Namun untuk Google Play dan fitur keamanan Google Play Protect masih tetap berlanjut untuk perangkat Huawei yang sudah ada.

Namun untuk ponsel Huawei versi berikutnya darismartphonedi luar China akan kehilangan akses ke aplikasi dan layanan populer, termasuk diantaranya Google Playstore, Maps dan aplikasi Gmail. Pembuat chip seperti Intel, Qualcomm, Xilinx, dan Broadcom telah mengatakan kepada karyawan mereka tidak akan memasok chip ke Huawei sampai pemberitahuan lebih lanjut, Bloomberg melaporkan pada hari Senin, mengutip orang orang yang mengetahui masalah ini. Huawei memiliki akses ke versi sistem operasi Android yang tersedia melalui lisensi open source yang bebas untuk siapa saja yang ingin menggunakannya.

Namun menurut sumber Reuters, Google akan menghentikan dukungan teknis dan kolaborasi untuk Android dan layanan Google. Sebelumnya dikabarkan, Huawei mengatakan sedang mengembangkan sistem operasi cadangan sendiri. Langkah itu dilakukan kalau Huawei diblokir dari menggunakan perangkat lunak di AS. Dalam sebuah wawancara di bulan Maret dengan media Jerman Die Welt, Richard Yu, kepala divisi konsumen Huawei mengatakan perusahaannya memiliki "rencana B" untuk mengatasi kondisi yang ada.

“Kami telah menyiapkan sistem operasi kami sendiri. Jika pernah terjadi bahwa kita tidak dapat lagi menggunakan sistem ini, kita akan siap," ujar Richard.

Baca Berita Lain

Eyang Subur Mendadak Nongol Jadi YouTuber Lama Menghilang

Adinda Sherlina

Samsung Galaxy A70 Resmi Tersedia di Gerai Ponsel Mulai 10 Mei, Harga Rp 5,8 Juta

Adinda Sherlina

PUBG Update PUBG Yang Wajib Kamu Ketahui, Perbaikan Sistem Matchmaking Hingga Senjata Baru

Adinda Sherlina

Siap Beroperasi Aplikasi Pengganti Android Besutan Huawei

Adinda Sherlina

9 Jutaan Seri Max M2 hanya Rp 1 Update Harga HP Asus Zenfone Terbaru November 2019

Adinda Sherlina

Ups, Aplikasi Direct Message di Instagram Dikabarkan Bakal Ditutup

Adinda Sherlina

7 Jutaan Redmi Go Rp 899 ribu hingga Redmi 8 dari Rp 1 Update Harga HP Xiaomi Desember 2019

Adinda Sherlina

Dua Seri Printer Monokrom EcoTank Terbaru ini Siap Menjawab Kebutuhan Cetak Dokumen yang Serba Cepat

Adinda Sherlina

Tips Memilih Smartphone di Gelaran Mega Sale 11.11 Realme

Adinda Sherlina

Leave a Comment