Nasional

Fatayat NU Antisipasi Penyebaran Radikalisme di Kalangan Perempuan

Fatayat Nahdlatul Ulama, Badan Otonom NU untuk kalangan perempuan, berupaya mengantisipasi terjadi penyebaran paham radikalisasi yang menyasar perempuan. Ketua Umum PP Fatayat NU, Anggia Ermarini, mengatakan doktrinasi radikalisme sudah menyasar kaum perempuan sehingga dirasa perlu membangun gerakan menjaga kaum perempuan dari paparan radikalisme. “Kondisi sangat memprihatinkan saat kaum perempuan menjadi aktor radikalisme. Ini persoalan nyata dan perlu membentengi kaum perempuan dari paparan radikalisme,” kata dia, di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jum’at (25/10/2019).

Sebagai upaya mengantisipasi itu, organisasi Fatayat NU meluncurkan Garda Fatayat NU (Garfa). Dia menjelaskan, Garfa itu akan menjadi kekuatan besar kaum perempuan NU untuk bisa berpartisipasi aktif menangkal radikalisme. Selain berupaya menangkal paham radikalisme, Garfa berkonsentrasi pada dukungan teknis dan operasional dalam upaya penanggulangan dan mitigasi bencana yang difasilitasi dan dikoordinasi Fatayat NU. Pembentukan Garfa itu merupakan hasil Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Fatayat NU tahun 2017 di Palangkaraya Kalteng dan KONBES Fatayat NU tahun 2018 di Ambon Maluku.

"Mandat Rakernas ini harus dijalankan, keputusan bersama untuk kemaslahatan bangsa,” kata dia. Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, meminta supaya Garfa dapat berkontribusi. “Keberadaan Garfa diharapkan menjadi peredam faham radikalisme, membawa kedamaian dan membantu terciptanya keamanan di Indonesia,” tambahnya.

Baca Berita Lain

Politisi PKB Sarankan FPI Jadi Partai Politik : Aku Kasihan Aja, Udah Cape Cape Gak Dapet Apa Apa

Adinda Sherlina

Ada 2.196 Formasi Catat Persyaratannya di Sini! Pendaftaran CPNS 2019 Kemendikbud HARI INI

Adinda Sherlina

BNPB Hanya Menerima 50.000 Masker dari Shopee Bukan Satu Juta Egy Massadiah

Adinda Sherlina

Suhendra Kritik Pernyataan Jusuf Kalla

Adinda Sherlina

Wiranto Menyatakan Hoaks Bisa Dijerat UU Terorisme, Rocky Gerung Sebut Orang yang Pertama Kali Kena

Adinda Sherlina

Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Mangkir dari Pemeriksaan Polisi

Adinda Sherlina

Rakyat Pandai Tak Tutup Tempat Ramai saat Corona Mewabah Jubir

Adinda Sherlina

Tengku Zulkarnain Ungkap Bukti Tuduhan di Ponselnya Kesal Penusukan Wiranto Dihubungkan dengan PKS

Adinda Sherlina

Saor Siagian Ungkap 3 Kriteria yang Perlu Dimiliki Dewan Pengawas KPK

Adinda Sherlina

Leave a Comment