Pendidikan

Ditutup Pukul 24.00 WIB, Ratusan Ribu Pelamar Daftar Sekolah Kedinasan, STAN Paling Banyak Diminati

Pendaftaran sekolah kedinasan akan ditutup hari ini Selasa (30/4/2019) pukul 24.00 WIB. Dikutip dari siaran pers BKN, hingga pukul 11:08 WIB total 225.238 pelamar telah submit atau menyelesaikan pendaftaran. Dari 21 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran, PKN STAN menjadi sekolah kedinasan yang paling banyak diminati.

Untuk diketahui, sebanyak 21 sekolah kedinasan menerima pendaftaran siswa baru di tahun ini yang terdiri dari delapan Kementerian dan Lembaga. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka pendaftaran sekolah kedinasan sejak 9 April 2019. Pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan melalui portal dikdin.bkn.go.id.

Penutupan pendaftaran berlaku bagi seluruh instansi kecuali Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). STSN akan memperpanjang pendaftaran hingga Minggu (5/5/2019). Dikutip dari Siaran Pers BKN dengan nomor : 062/RILIS/BKN/IV/2019, dari total 21 sekolah kedinasan ada lima besar sekolah kedinasan yang paling banyak diminati oleh pelamar.

Berikut urutan sekolah kedinasan berdasarkan banyaknya pelamar yang melakukan submit dokumen: 1. PKN STAN: 128.987 peserta 2. IPDN: 38.141 peserta

3. STIS: 16.377 peserta 4. STTD Bekasi: 8.452 peserta 5. Poltekim: 5.677 peserta

Melalui siaran pers tersebut, disebutkan bahwa pelamar yang telah menyelesaikan pendaftaran akan mengikuti proses verifikasi administrasi. Namun dua sekolah kedinasan yakni PKN STAN dan Politeknik Statistika STIS tidak melalui tahap verifikasi administrasi. Seluruh pelamar pada dua sekolah kedinasan tersebut akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Untuk diketahui, sekolah kedinasan merupakan salah satu jalur menjadi CPNS. Pengangkatan CPNS akan dilakukan setelah siswa/siswi menyelesaikan pendidikan serta memperoleh ijazah dari lembaga yang bersangkutan. Sementara itu, bagi pelamar yang ingin mendaftar di STSN masih dapat melakukan pendaftaran secara online di situs dikdin.bkn.go.id.

Perpanjangan masa pendaftaran ini, menurut Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, dikarenakan belum terpenuhinya jumlah pelamar jika dibandingkan tahun lalu. Dikatakan Ridwan, tahun ini pendaaftar di STSN baru mencapai 50 persen dibandingkan dengan tahun lalu. "Mereka (STSN) ingin memperbanyak pendaftar karena tahun ini baru 50 persen dibanding tahun lalu," kata Ridwan saat diwawancara Kompas.com , Selasa (30/4/2019) sore.

Dikutip dari akun Facebook resmi Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia, hingga pukul 11.08 WIB sebanyak 1.557 pelamar mendaftar di STSN. Dikhawatirkan jumlah tersebut tidak memenuhi target penerimaan mahasiswa. "Sementara masih banyak proses seleksi sampai dengan kelulusan akhir," ujar Ridwan.

Untuk mendaftar sekolah kedinasan, peserta harus melewati beberapa alur. 1. Pelamar mengakse portal SSCASN di alamat: 2. Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2019 dan mencetak Kartu Informasi Akun

3. Log in ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarakan Pelamar hanya dapat memilih 1 sekolah 4. Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi nilai, upload berkas, melengkapi biodata

5. Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran 6. Verifikator instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk 7. Pelamar log ini ke SSCN mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

8. Mendapatkan kode billing yang harus dibayar bagi pelamar yang lulus verifikasi. Aturan mengenai pembayaran silakan cek di sekolah kedinasan terkait 9. Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem 10. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan informasi

11. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh panitia seleksi sekolah kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN.

Baca Berita Lain

IIBS 2019 Hadirkan Pembicara dari Mancanegara

Adinda Sherlina

Ridwan Hisjam Terpilih Sebagai Ketua Senat IKA ITS

Adinda Sherlina

299 dari Penerima Beasiswa Budi Luhur Kembali Mewisuda 1.759 Mahasiswanya

Adinda Sherlina

Beri Motivasi Penggunaan Bahasa Inggris yang Baik Melalui Kampanye EF Ambassador

Adinda Sherlina

Bersama PT Paragon, IZI Lounching Sekolah Kemandirian Embun

Adinda Sherlina

7 Pahlawan yang juga Seorang Guru dari Ki Hajar Dewantara hingga Kartini Hari Guru Nasional

Adinda Sherlina

Nadiem Makarim Pastikan Tahun Ini Tetap Ada UN Rencana Penghapusan UN

Adinda Sherlina

Ustaz Abdul Somad Bagikan Doa-doa Terbaik Hadapi Ujian Soal di Sekolah atau Kuliah

Adinda Sherlina

Profesor Ari Kuncoro akan Dilantik Menjadi Rektor Universitas Indonesia 2019-2024

Adinda Sherlina

Leave a Comment