Travel

Daftar Tempat Wisata Gratis di Jakarta untuk Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Rekomendasi tempat wisata gratis di Jakarta yang seru dikunjungi saat liburan akhir pekan. Saat liburan akhir pekan bersama keluarga, tentunya kamu ingin menikmati momen yang seru dan mengesankan. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, tak perlu jauh jauh untuk menikmati liburan akhir pekan yang singat.

Di Jakarta sendiri memiliki banyak tempat wisata menarik cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Bahkan tempat wisata di Jakarta ini bisa dikunjungi secara gratis, alias tidak dipungut biaya tiket masuk. Mengunjungi Kota Tua Jakarta saat sore hari, menjadi pilihan yang tepat.

Karena matahari sudah tidak begitu terik, kamu bisa berjalan jalan di sekitar Kota Tua tanpa takut kepanasan. Pengunjung bisa menikmati bangunan kuno di sana secara lebih leluasa. Bagi kamu para penggemar selfie, spot Kota Tua Jakarta ini bisa jadi pilihan kamu untuk mengabadikan momen.

Kamu juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling Kota Tua. Jika kamu berada di Jakarta Selatan, liburan ke Taman Ayodya bisa menjadi pilihan yang menarik. Di sana kamu bisa bersantai sambil menikmati danau dan juga disediakan pula Wi Fi untuk publik secara gratis.

Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Taman Ayodya bersama keluarga dan teman teman. Sore dan malam hari menjadi waktu yang tepat untuk menikmati pertunjukan Air Mancur Menari di Lapangan Benteng. Pengunjung yang datang bisa menikmati pertunjukan air mancur ini secara gratis

Kamu bisa menikmati pemandangan sambil duduk lesehan di sekitar kolam. Dalam satu kali pertunjukan air mancur, ada enam instrumen lagu yang diputar. Empat di antaranya merupakan lagu nasional, yakni Bagimu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, Indonesia Pusaka, dan Tanah Air Ku.

Dua lagu lainnya adalah lagu daerah Yamko Rambe Yamko dan kombinasi tiga lagu Betawi (Surilang, Ondel ondel, dan Jali jali). Di Jakarta, Monas masih menjadi tempat untuk liburan akhir pekan yang populer. Selain tiket masuk gratis, di Monas juga sudah ada layanan penyewaan sepeda.

Layanan ini berbasis aplikasi yang bisa dicoba secara gratis. Syaratnya, pengunjung harus mengunduh aplikasi 'Gowes' melalui PlayStore atau AppStore di ponsel pintar. Layanan sepeda gratis di monas ini didominasi warna ungu dan kuning tersebut.

Pengunjung bisa menemukan lokasi persewaan sepeda di tujuh titik yang tersebar di kawasan Monas. Jika kamu ingin menikmati ruang hijau di Jakarta, Taman Situ Lembang bisa menjadi rekomendasi tempat wisata untuk liburan akhir pekan. Pengunjung dari Jakarta atau luar Jakarta bisa datang ke sana sekaligus menikmati rindangnya pepohonan.

Taman Situ Lembang memiliki koleksi tanaman bunga yang beragam dan ditata dengan cantik. Ada banyak pedagang yang berjualan disekitar lokasi, mulai dari pedagang nasi goreng, ketoprak, gado gado, roti bakar, hingga jus. Bagi kamu yang ingin mengajak serta keluarga dan anak anak, Taman Situ Lembang punya berbagai permainan menarik.

Mulai dari ayunan, seluncuran, hingga jungkat jungkit bisa dicoba di tempat ini. Galeri Indonesia Kaya adalah sebuah ruang edutainment budaya berbasis teknologi digital yang dapat menyalurkan kreativitas berekspresi generasi muda dalam lingkup tradisi budaya nusantara. Destinasi ini digagas dan dibangun oleh Bakti Budaya Djarum Foundation yang sejak tahun 1992 selalu aktif mendukung berbagai program seni pertunjujan di Indonesia.

Dengan teknologi digital, Galeri Indonesia Kaya mengemas budaya secara modern dan menyajikan informasi tradisi budaya dengan lebih interaktif dan menarik. Galeri Indonesia Kaya terletak di Grand Indonesia (GI) yang menyuguhkan berbagai macam pertunjukan budaya. Galeri Indonesia Kaya dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 150 yang menyuguhkan tontonan budaya, mulai dari seni panggung, musik, pemutaran film, diskusi budaya, seminar dan workshop secara gratis.

Dilansir dalam laman indonesiakaya.com, para seniman yang ingin memakai auditorium dapat menggunakannya tanpa dipungut biaya. Destinasi wisata Kali Besar merupakan satu di antara tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi secara gratis. Dilansir dari Kompas.com, Kali Besar ini merupakan proyek revitalisasi yang dilakukan oleh Sandiaga Uno saat menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Di sana kamu juga bisa sekaligus menikmati bagunan bangunan tua yang ada di sekeliling Kali besar. Apalagi, bangunan bangunan berarsitektur kuno berdiri di sepanjang sisi. Museum Art Mon Decor berlokasi di Jalan Selatan Raya No.3 5, RT.4/ RW.6, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

Museum Art Mon Decor merupakan alternatif tempat wisata yang menarik dikunjungi saat liburan akhir pekan. Melansir dari Kompas.com, keunikan museum ini terletak pada koleksinya yang selalu berganti tiap 6 bulan sekali sesuai tema. Museum ini buka setiap hari kecuali hari senin.

Pengunjung bisa datang setiap pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Baca Berita Lain

Butuh Kebersamaan Membangun Sektor Pariwisata

Adinda Sherlina

Mantan Pembersih Pesawat Ini Akhirnya Jadi Pilot Kerja Keras Selama 24 Tahun

Adinda Sherlina

Mie Dan Me Menu Favorit Penggugah Selera Hadir Di Holiday Inn Express Jakarta International Expo

Adinda Sherlina

Penumpang Wanita ini Berani Merokok di Pesawat & Ancam akan Ledakkan Pesawat

Adinda Sherlina

Gubernur Jakarta Resmikan Wahana Baru Ancol Taman Impian

Adinda Sherlina

hingga wajib Rahasiakan Pernikahan Mantan Pramugari Ungkap Sulitnya jadi Awak Kabin Zaman Dulu

Adinda Sherlina

Perinkat Kota Paling Populer di Instagram versi Hoppa, Jakarta Kalahkan Los Angeles dan Tokyo

Adinda Sherlina

6 Tips Liburan di Era New Normal Pariwisata

Adinda Sherlina

Simak Penjelasan Kadis Pariwisata Kapan Bali Dibuka Kembali buat Wisatawan

Adinda Sherlina

Leave a Comment