Nasional

BNPB Hanya Menerima 50.000 Masker dari Shopee Bukan Satu Juta Egy Massadiah

Tenaga Ahli bidang Media BNPB, Egy Massadiah meluruskan pemberitaan yang dilansir Shopee Indonesia. Banyak media massa, terutama media online pada tanggal 2, 3, dan 4 April 2020 memajang berita dengan judul senada: "Perangi Covid 19, Shopee Sumbang 1 Juta Masker". Berita itu bersumber dari press release pihak Shopee Indonesia, salah satu platform e commerce yang cukup dikenal di Indonesia dan Taiwan.

Dalam release Shopee, tertulis : "Shopee kembali memberikan donasi sebanyak 1 juga masker kepada dokter dan tenaga medis. Bantuan tersebut diserahkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19." "Berhubung sampai hari ini tidak ada ralat dari pihak Shopee, maka saya berkepentingan untuk membuat pelurusan, biar masyarakat mengerti situasi yang sebenarnya. Jangan pula ada persepsi BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 menimbun masker," papar Egy.

Egy menegaskan, "BNPB hanya menerima lima puluh ribu masker, bukan satu juta seperti yang dirilis Shopee." Egy berharap, masyarakat mengetahui duduk persoalannya, seperti yang dilansir pihak Shopee. Bahwa "Saat ini 50.000 masker sudah diterima oleh BNPB dan menurut Shopee sisanya sebanyak 50 ribu lagi akan dikirim secara berkala oleh Shopee hingga akhir bulan April."

Shopee sendiri berjanji akan meluruskan bahwa dari 1 juta masker yang sedang dalam proses impor, 100 ribu akan didonasikan melalui BNPB dan 900 ribu sisanya, akan didistribusikan melalui aplikasi Shopee dengan bentuk subsidi transaksi. Di sisi lain, Egy mengapresiasi para pihak yang atas kesadaran kolektif, berkenan membantu percepatan penanganan pandemi covid 19 dengan menyumbang APD, dana, serta bantuan lain yang bermanfaat. Ia juga memahami jika para pihak yang memberi bantuan itu, punya keinginan diketahui oleh masyarakat luas.

"Yang saya minta, jika merasa harus memberitakan bantuan, maka sampaikan berita dengan data yang benar, supaya tidak timbul salah persepsi," tandasnya. Semua pihak, corporate maupun perorangan sejatinya sangat diharapkan memberi bantuan, dengan kapasitas yang dimiliki. "Masyarakat, orang per orang, korporasi sudah sangat membantu penanganan covid 19 dengan cara tetap tinggal di rumah, berpola hidup sehat, serta mematuhi anjuran pemerintah," kata Egy Massadiah.

Diberitakan sebelumnya, platform e commerce, Shopee kembali memberikan donasi dan subsidi sebanyak 1 juta masker untuk dokter dan tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19. Sebelumnya, Shopee telah berdonasi melalui Benihbaik dan PMI sebesar Rp 1 miliar untuk menangani penyebaran Covid 19. Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan Shopee sangat menghargai dan mengapresiasi pejuang garis depan di Indonesia, yakni para dokter dan tenaga medis yang bekerja di rumah sakit dan puskesmas.

"Kami berharap dengan donasi dan subsidi 1 juta masker yang kami berikan bisa sedikit meringankan dan membantu penyembuhan pasien beserta orang orang di sekitarnya yang terdampak dari pandemi ini. Bersama dengan BNPB, kami ingin mendukung dan meringankan beban para tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam situasi sulit seperti saat ini," tutur Radityo melalui keterangan resmi, Kamis (2/4/2020). Pengguna Shopee dapat ikut berpartisipasi dalam donasi melalui aplikasi Shopee dengan cara membuka aplikasi Shopee, kemudian Klik button Pulsa, Tagihan dan Tiket. Setelah itu pilih donasi masker dan masukan nominal donasi yang ingin diberikan.

Donasi dan subsidi 1 juta masker yang diberikan Shopee diharapkan dapat digunakan dalam waktu dekat ini oleh para tenaga medis yang membutuhkan, dimana pada bulan April Mei diprediksi menjadi puncak dari penyebaran virus Covid 19 di Indonesia. "Semoga upaya baik yang dilakukan oleh Shopee menjadi contoh oleh pihak lain," ungkap Tenaga Ahli Kepala BNPB yang juga Anggota Satgas Covid 19, Egy Massadiah.

Baca Berita Lain

Dibully Karena Dinilai Selingkuh dengan Puput Nastiti, Ahok Puji Balasan Ibunya: Bijak Tapi Nyelekit

Adinda Sherlina

Kejati DKI Jakarta Teliti Berkas Perkara Tersangka Pembobolan ATM Ramyadjie Priambodo

Adinda Sherlina

Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Mangkir dari Pemeriksaan Polisi

Adinda Sherlina

BNPT Ungkap Alasannya Teroris Incar Aparat Penegak Hukum

Adinda Sherlina

Cek Namamu di Sini! Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019 DPR & MPR RI

Adinda Sherlina

Sebelum Meninggal Aurel Sempat Cerita pada Sang Adik: Dipukuli Senior di Paskibra, Tubuhnya Lebam

Adinda Sherlina

Dulu Diarak Ribuan Orang Kini Dikelilingi oleh Pengamanan Aktivis HAM Soroti Pelantikan Jokowi

Adinda Sherlina

Tegaskan NU Berbeda dari Parpol, Yenny Wahid Tepis Anggapan Minta Jatah Menteri

Adinda Sherlina

Terungkap Kebiasaan Sebenarnya Eks Dirut Garuda Ari Ashkara di Kampung Punya 12 Sertifikat Tanah

Adinda Sherlina

Leave a Comment