Nasional

BMKG Tegaskan Tak Ada Larangan menuju Pantai saat Tahun Baru

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menegaskan tidak ada larangan bagi masyarakat untuk beraktivitas di Pantai saat malam tahun baru. "Perlu diluruskan kembali. Kami tidak melarang tahun baru di pantai. Tapi kami memberikan informasi bahwa ada potensi gelombang tinggi cuaca ekstrim terutama dibeberapa wilayah," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawatidi Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (30/12/2019). Diamengatakan tidak melarang masyarakat untuk bermain main di pantaidi malam tahun baru.

Akan tetapi masyarakat perlu mengantisipasi beberapa hal, yang mana satu diantaranya terkait potensi cuaca yang terjadi belakangan. "Jika akan melakukan aktivitas di pantai, tadi sudah saya sebutkan mulai pagi sampai siang, insya Allah cuaca masih cerah berawan. Biasanya mulai ekstrim itu menjelang sore, dan juga gelombang tinggi," ujarnya Menghindari kejadian tsunami di Banten setahun yang lalu, Dwikorita menyampaikan beberapa hal kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas di pantai.

Di antaranya, masyarakat yang akan melakukan aktivitas di pantai pada malam hari supaya memiliki jarak aman sekiranya 200 meter dari bibir pantai. "Yang terpenting apabila ada aktivitas di pantai itu jangan mepet dibibir pantai. Apalagi membelakangi pantai, apalagi malam hari. Jadi harus ada radiusnya. Zona aman, katakan 200 meter dari tepi pantai. Jadi bukan melarang, tapi beradaptasi dengan kondisi musim saat ini," ujarnya Kepala BMKG tersebut juga mengimbau pada masyarakat agar selalu memantau informasi terkait cuaca di sosial media dan website BMKG resmi, untuk mendapatkan informasi terkini secara tepat.

Serta menghindari informasi dari sumber sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Walaupun berita hoaks itu mengatasnamakan BMKG, tapi jika itu tidak ada di sosial media atau website resmi kami itu tidak benar (beritanya)," ujarnya

Baca Berita Lain

Hanya Ganti Plat Nomor Prabowo Ogah Ambil Gaji Menhan & Pakai Mobil Dinas Berniat Mengabdi Negara

Adinda Sherlina

Menteri Kesehatan Minta Jemaah Haji Diperiksa Kesehatannya 10 Tahun Sebelum Keberangkatan  

Adinda Sherlina

Lebih Berbobot & Dikontrol Ketat Passing Grade & Jumlah Soal SKD CPNS 2019 Berbeda Dibanding 2018

Adinda Sherlina

Dinamika Politik di Solo Berubah jadi Isu Nasional Saat Gibran Maju Mendaftar Cawalkot Solo 2020

Adinda Sherlina

Terkait TPPU Soetikno Soedarjo, KPK Panggil Dua Karyawan Anak Perusahaan MRA Grup

Adinda Sherlina

KPK Berikan Materi Pendidikan Anti Korupsi kepada 139 Guru PPKn di Jakarta

Adinda Sherlina

Politisi PAN yang Kini Menjabat sebagai Anggota DPR RI 2019-2024 Profil Alimin Abdullah

Adinda Sherlina

Ada 450 Ribu Anggota Polri yang wajib Diurus Beratnya Tugas Kapolri Diungkap Tito Karnavian

Adinda Sherlina

Begini Simulasi Pengamanan Awak Media Ketika Demo Berujung Rusuh

Adinda Sherlina

Leave a Comment