Nasional

BMKG Tegaskan Tak Ada Larangan menuju Pantai saat Tahun Baru

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menegaskan tidak ada larangan bagi masyarakat untuk beraktivitas di Pantai saat malam tahun baru. "Perlu diluruskan kembali. Kami tidak melarang tahun baru di pantai. Tapi kami memberikan informasi bahwa ada potensi gelombang tinggi cuaca ekstrim terutama dibeberapa wilayah," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawatidi Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (30/12/2019). Diamengatakan tidak melarang masyarakat untuk bermain main di pantaidi malam tahun baru.

Akan tetapi masyarakat perlu mengantisipasi beberapa hal, yang mana satu diantaranya terkait potensi cuaca yang terjadi belakangan. "Jika akan melakukan aktivitas di pantai, tadi sudah saya sebutkan mulai pagi sampai siang, insya Allah cuaca masih cerah berawan. Biasanya mulai ekstrim itu menjelang sore, dan juga gelombang tinggi," ujarnya Menghindari kejadian tsunami di Banten setahun yang lalu, Dwikorita menyampaikan beberapa hal kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas di pantai.

Di antaranya, masyarakat yang akan melakukan aktivitas di pantai pada malam hari supaya memiliki jarak aman sekiranya 200 meter dari bibir pantai. "Yang terpenting apabila ada aktivitas di pantai itu jangan mepet dibibir pantai. Apalagi membelakangi pantai, apalagi malam hari. Jadi harus ada radiusnya. Zona aman, katakan 200 meter dari tepi pantai. Jadi bukan melarang, tapi beradaptasi dengan kondisi musim saat ini," ujarnya Kepala BMKG tersebut juga mengimbau pada masyarakat agar selalu memantau informasi terkait cuaca di sosial media dan website BMKG resmi, untuk mendapatkan informasi terkini secara tepat.

Serta menghindari informasi dari sumber sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Walaupun berita hoaks itu mengatasnamakan BMKG, tapi jika itu tidak ada di sosial media atau website resmi kami itu tidak benar (beritanya)," ujarnya

Baca Berita Lain

Fahri Minta KPU dan Pemerintah Terbuka Usut Kecurangan Pemilu di Malaysia

Adinda Sherlina

2 Pertimbangan BUMN yang Memilih Rudiantara jadi Bos PLN

Adinda Sherlina

Berikut Rincian Pengeluarannya! 5 Juta Pernikahannya hanya Habiskan Biaya Rp 5 Kisah Viral Satrio

Adinda Sherlina

karena Menolak Buka Pintu Rumah KPK Minta Bantuan Pengurus RT Saat Tangkap Nurhadi

Adinda Sherlina

Komisioner KPAI Diusulkan Dipecat Tidak Hormat Ingat Kontroversi Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang

Adinda Sherlina

3 Juni 2020 Materi TVRI SD Kelas 4-6 Rabu Jawaban Soal Sejarah Berdirinya Museum Nasional

Adinda Sherlina

Senior PPP Yakin Hakim Berikan Putusan Bebas buat Rommy

Adinda Sherlina

Buruh Batal Demo Pemerintah Tunda Pembahasan RUU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan

Adinda Sherlina

Hanya Ganti Plat Nomor Prabowo Ogah Ambil Gaji Menhan & Pakai Mobil Dinas Berniat Mengabdi Negara

Adinda Sherlina

Leave a Comment