Kesehatan

Bisa Timbulkan Bahaya buat Kesehatan 4 Minyak Ini Sebaiknya Tidak Digunakan buat Memasak

Ada banyak jenis minyak yang tidak direkomendasikan untuk menggoreng makanan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan, simak penjelasannya berikut ini. Minyak adalah salah satu sumber lemak yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa jenis minyak bahkan bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Biasanya minyak digunakan untuk memasak dengan cara menggoreng bahan makanan. Tetapi, ternyata tidak semua minyak aman digunakan untuk menggoreng makanan. Selain itu, beberapa jenis minyak juga harus dibatasi penggunaanya karena bisa menimbulkan masalah untuk kesehatan.

Minyak zaitun, kanola dan minyak wijen adalah jenis minyak yang direkomendasikan untuk memasak. Ketiga minyak tersebut mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan peredaran darah. Dilansit dari HelloSehat, berikut ini adalah beberapa jenis minyak yang tidak direkomendarikan untuk memasak.

Minyak kelapa yang digunakan untuk memasak masih menjadi kontroversi hingga saat ini. Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang membuatnya sulit unruk diubah menjadi simpanan energi. Kepala bagian gizi di Pritikin Longevity Center di Amerika Serikat, Kimberly Gomer, MS, RD, megimbau untuk penderita kolesterol tinggi agar tidak mengkonsumsi minyak kelapa.

Minyak yang berasal dari lemak hewani memang lebih baik daripada lemak trans. Tetapi, lemak hewani juga memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi seperti minyak sawit. Kandungan lemak jenuh bahkan bisa mencapai 40 persen dari total nutrisi yang ada pada minyak lemak hewani.

Lemak jenuh dapat menyebabkan masalah pada kesehatan seperti kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Kolesterol jahat bisa menyumbat pembuluh darah dan dapat membahayakan kesehatan jantung. Hidrogenasi adalah proses mengubah lemak cair atau minyak menjadi padat dengan menggunakan hidrogen.

Proses ini menghasilkan minyak terhidrogenasi parsial yang disebut dengan lemak trans. Minyak ini tergolong minyak yang tidak sehat untuk memasak karena dapat meningkatkan kolesterol yang membahayakan jantung. Minyak sawit adalah minyak yang diproses dari kelapa sawit.

Sebenarnya, minyak sawit memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Tetapi minyak sawit mengandung lemak jenuh yang tinggi dan membuat minyak ini tidak direkomendasikan untuk memasak. Studi yang dimuat dalam jurnal Lipid Health and Disease menemukan bahwa minyak sawit dapat meningkatkan kolesterol jahat, khususnya kolesterol yang memiliki partikel besar.

Kolesterol mampu memicu pembentukan plak pada pembulih darah dengan cepat dan sangat berisiko memicu penyakit jantung. Kebanyakan orang hanya mengetahui satu jenisminyak zaitun, yaitu yang biasanya digunakan para chef untuk membuat atau campuran makanan. Chef biasa menggunakanminyak zaitununtuk campuran salad sayuran dan beberapa makanan lainnya.

Minyak zaitun ini sangat digandrungi banyak orang karena khasiatnya. Banyak orang yang sangat suka dengan rasa yang khas dariminyak zaitunini. Namun, harga dariminyak zaitunini berbeda denganminyak minyak lainnya.

Minyak zaitun ini terkenal dengan harganya yang lumayan mahal ketimbangminyaklainnya. Di dunia ini, ternyata terdapat banyak jenis minyak zaitun. Dikutip dari Alodokter.com,minyak zaitunini dikelompokkan berdasarkan proses ekstrak dan kadar keasamannya.

Minyak zaitun ini diekstrak langsung dari buah zaitun. Pengekstrakan ini hanya melalui proses perasan. Jadi extra virgin didapat dari perasan pertama buah zaitun.

Kadar keasaman extra virgin hanya 1 persen. Jenis ini juga didapat dari perasan pertama buah zaitun dan memiliki kadar asam 3 persen. Jenis ini didapat dari campuran extra virgin dan virgin.

Minyak zaitun ini diperoleh dari pencampuran minyak zaitun jenis virgin yang telah diolah dan extra virgin. Jenis ini telah melalui proses saring yang hasilnya memengaruhi warnaminyak zaitun. Bagaimana untuk mengetahui kualitas dariminyak zaitun?

Untuk memastikan kualitasminyak zaitun, kalian mencobanya dengan cara menelan beberapa sendok makanminyak zaitun. Minyak zaitun berkualitas tinggi akan memberi rasa sedikit pedas setelah dicicipi. Minyak zaitun (kecuali extra virgin) bisa dipakai untuk menumis atau memanggang.

Lebih baiknya,minyak zaitundigunakan langsung pada makanan seperti menambahkannya pada sayuran, seperti salad. Kandungan polifenol dalamminyak zaitundapat rusak jika dipanaskan dalam suhu yang terlalu tinggi. Berapa Lama Minyak Zaitun Bisa Digunakan?

Dikutip dari Alodokter.com, ada produkminyak zaitunyang bertahan tiga bulan dari proses produksi. Waktu tersebut tergolong sebentar untuk sebuahminyak. Namun, ada juga yang tahan hingga dua tahun.

Meskipun begitu, manfaatminyak zaitunakan lebih terasa ketika kalian menggunakannya di bawah satu tahun. Menurut penelitian, kadar antioksidan padaminyak zaitunakan turun drastis setelah disimpan selama setahun, meskipun kalian telah menyimpannya dengan baik dan benar. Untuk mendapatkan manfaatminyak zaitunhingga maksimal, sebaiknya kalian membeliminyak zaitunyang kira kira dapat habis dalam waktu setengah tahun.

Simpan kemasan di tempat yang gelap, jauhkan dari cahaya, dan hindari dari hawa panas. Lebih baik jikaminyaktersebut disimpan pada botol kaca hitam. Pastikanolive oiltidak berubah warna dan berbau ketika digunakan.

Pastikan produk yang kalian beli telah terdaftar di BPOM RI. Perhatikan juga tanggal produksi dan batas akhir penggunaan.

Baca Berita Lain

PTTEP Memilih 100 Duta Sehat untuk Negeri

Adinda Sherlina

Ciri Ciri Kebiasaan Hidup Orang Yang Tak Pernah Stres, Anda Bisa Menirunya

Adinda Sherlina

Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsinya 7Jenis Makanan Ini Malah Bisa Merusak Ginjal Meski Sehat

Adinda Sherlina

Sebagian Orang Percaya Ketindihan Ulah Makhluk Halus, Bagaimana Menurut Pandangan Medis?

Adinda Sherlina

Berikut Gejala & Penyebabnya Radang Telinga (Labyrinthitis) Dapat Ganggu Pendengaran

Adinda Sherlina

Tiga Hal yang Wajib Diingat Penderita Diabetes Soal Makanan

Adinda Sherlina

Dua Mahasiswi Ini Olah Bayam Jadi Camilan Sehat, Rasanya Mirip Nori, Rasanya Lebih Lezat

Adinda Sherlina

Manfaat Jalan Kaki selama 30 Menit, Menaikkan Mood hingga Membentuk Kaki Lebih Bagus

Adinda Sherlina

Evergen capai Piala Karya Anak Bangsa Dorong Kemandirian Bahan Baku Farmasi Nasional

Adinda Sherlina

Leave a Comment