Seleb

Betrand Peto Sigap Gantikan Ruben Onsu Ada Ayam di Ritual Adat Buktikan Didikan Suami Sarwendah

Ruben Onsu dan Sarwendah baru saja pulang dari NTT setelah ikuti rangkaian prosesi adat penyerahan Betrand Peto. Rekan kerja Ivan Gunawan itumengaku dirinya sempat alami ketakutan saat melakukan salah satu rangkaian prosesi adat. Beruntung Betrand Peto dengan sigap menolongnya. Apa yang dilakukan Betrand Peto ?

Ruben Onsu dan Sarwendah telah resmi menjadi orang tua dari penyanyi cilik asal NTT, Betrand Peto. Selain melalui hukum negara, ayah Thalia Putri Onsu juga harus jalani prosesi adat dari derah NTT untuk menjadikan Betrand Peto sebagai anaknya. Rekan kerja Ayu Ting Ting itu telah melakoni serangkaian prosesi adat NTT untuk mengangkat Betrand Peto sebagai anak pada Sabtu (5/10/2019).

Saat turun dari pesawat Ruben, Sarwendah, dan Betrand telah disambut oleh masyarakat dengan sangat meriah. Bahkan, host program Brownies itu sampai digelarkan karpet merah saat berada di bandara. "Pas udah di Ruteng itu turun pesawat 'hah pake karpet merah emang gue siapa ini'," ujar Ruben Onsu saat konferensi pers secara live di kawasan Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

"Kita disambut luar biasa oleh masyarakat Ruteng. Itu aku terima kasih sekali karena kita udah disambut dengan heboh," ungkapnya. Meskipun merasa senang dengan semua penyambutan yang ia terima, ternyata Ruben harus mengalami pengalaman tak terduga. Salah satu prosesi adat mengharuskan suami Sarwendah itu untuk menangkap ayam.

"Dari awal sambutan sampai akhir itu deg degan, sedih, campur aduk soalnya semua sambutannya pakai ayam," kata Ruben Onsu. Ruben sempat kaget saat dirinya diminta mengambil ayam sebagai salah satu rangkaian prosesi adat. "Sudah gitu, 'Mas Ruben ambil (ayam)'. 'Hah Bapak enggak tahu saya enggak pernah berani sama ayam'," ungkap Ruben Onsu.

Beruntung Ruben pun diselamatkan sang putra, Betrand Peto yang bersedia menggantikan sang ayah untuk mengambil ayam. "Terus si Betrand dengan jantannya 'sudah ayah, kakak yang ambil'," tutur Ruben Onsu. Ruben dan Sarwendah juga telah mempersiapkan segala kebutuhan pengangkatan anak secara hukum negara.

Sebagai orangtua angkat, Ruben ingin Betrand tumbuh menjadi anak yang berguna dan kebanggaan bagi semua orang. Sebelum diangkat anak oleh Ruben Onsu, Betrand Peto merupakan seorang bocah yang berasal Desa Cancar, Manggarai, NTT. Karena hobi bernyanyi, suara merdu Betrand sering direkam pamannya dan diunggah ke YouTube.

Tak disangka, video Betrand saat bernyanyi lagu "Titip Rindu buat Ayah" milik Ebiet G Ade menjadi viral di media sosial. Karena suara merdu yang ia miliki, Betrand pun diundang untuk tampil dalam program Brownies yang dipandu Ruben. Resmi jadi anak angkat<span></span> <span></span>dan<span></span> ,<span></span> <span></span>mulai bersekolah di Jakarta.

Ruben Onsu ceritakan kisah<span></span> <span></span>yang syok saat pertama kali bersekolah di Jakarta. Rupanya kebiasaan sekolah<span></span> <span></span>putra sulung<span></span> <span></span>ini jauh berbeda saat berada di NTT. Menjadi anak angkat dan tinggal bersama<span></span> <span></span>dan<span></span> <span></span>membuat<span></span> <span></span>juga harus menimba ilmu di Jakarta.

Sebagai orangtua,<span></span> <span></span>dan<span></span> <span></span>ingin agar<span></span> <span></span>mendapatkan pendidikan yang layak di Jakarta. Hari pertama bersekolah di Jakarta, Bertrand Peto diantar oleh kedua orangtua angkatnya, Ruben onsu dan Sarwendah. Rupanya memindahkan sekolah<span></span> <span></span>dari Manggarai Nusa Tenggara Timur ke Jakarta,<span></span> <span></span>memiliki cerita tersendiri.

Mengutip dari Kompas.com, inilah lima fakta kisah Bertrand Peto yang sempat syok bersekolah di Jakarta. Menurut Ruben, tak mudah mendaftar sekolah untuk seorang murid pindahan. "Orang masuk sekolah kan enggak gampang. Pada nanya, 'Betrand kapan sekolah' ya sabar. Masuk sekolah kan enggak gampang. Ada beberapa prosedur yang harus diikuti," kata Ruben.

Namun meski harus melewati beberapa prosedur, Ruben mengaku tak mendapatkan perlakuan khusus. "Semuanya normal, tidak ada perlakuan spesial," kata Ruben. Betrand kini harus menyesuaikan diri dengan jam sekolahnya di mana ia harus bersiap sejak pagi.

Pada hari pertama sekolah, Betrand sudah berangkat dari rumah Ruben pukul 06.00 WIB. "Dia happy, dia syok aja karena harus bangun jam setengah 5 pagi. Jadi jam 9 harus sudah tidur. Itu sudah saya terapkan sebelum sekolah. Karena awal awal di rumah saya, Betrand itu tidurnya jam 3 pagi. Saya ubah berkala," kata Ruben. Di hari pertama Sekolah, Betrand mendapat banyak buku pelajaran.

Rupanya hal itu membuatnya syok karena berbeda dengan kebiasaan saat di NTT. "Dia juga syok karena di sini buku pelajarannya banyak. Karena kalau di sana katanya dia cuma bawa satu buku ditaruh di kantong aja gitu. Di sini pakai tas, dia bingung," ujar Ruben. Ruben berharap Betrand bisa menyesuaikan cara belajar di Jakarta.

Ruben Onsu juga sengaja mengurangi jadwal manggung<span></span> . "Saya kurangi jadwal dia di TV, kecuali memang yang kemarin kemarin sudah kita ambil. Kadang kan ada satu TV yang sudah nge lock di beberapa tanggal," ujar Ruben. Kini, jadwal manggung Betrand harus dikoordinasikan dengan pihak sekolah.

Bagi Ruben, yang terpenting buat Betrand saat ini bukanlah karier bermusik. "Betrand mengerti ketika pendidikan itu enggak boleh dikalahkan. Itu juga sevisi dengan orangtua betrand yang di Manggarai," ujar Ruben. Ruben akan mendorong Betrand fokus dengan sekolahnya terlebih dahulu.

"Kalau jadi anak saya, saya lebih mengutamakan pendidikan. Sekolah dulu diutamakan, baru nyanyi," imbuhnya. Sebelumnya, Ruben juga sempat mengunggah momen dirinya bersama sang istri mengantar sekolah<span></span> . Dalam captionnya, Ruben juga menuliskan pesannya untuk sang putra agar mengutamakan pendidikan dan membanggakan keluarga di NTT.

Tak hanya mengantar sang putra ke sekolah, rupanya suami<span></span> <span></span>ini juga sempat membuatkan sarapan untuk Betrand. Hal tersebut tergambar dari tayangan melalui kanal YouTube MOP Channel pada Senin (10/9/2019). Dalam tayangan tersebut, nampak Betrand tengah bersiap untuk hari pertamanya sekolah.

Ruben sendiri terlihat memasak di dapur makanan untuk sarapan sang putra. Meski begitu Ruben menganggap tindakannya tersebut tidaklah sesuatu yang berlebihan. Sebagai orangtua Ruben hanya ingin memberikan yang terbaik untuk sang putra.

Baca Berita Lain

Ini Isinya Addie MS Terharu saat Temukan Surat Berumur 39 Tahun dari Mendinag Ayah

Adinda Sherlina

Lengkap dengan Chord Gitar & Lirik Lagu Download MP3 Mudah Saja – Sheila On 7

Adinda Sherlina

Steve Emmanuel Diduga Ingin Membuang Barang Bukti Sebelum Tertangkap

Adinda Sherlina

Kabar Terbaru Jerry Yan ‘Tao Ming Tse’ Buat Sedih, Ditinggal Menikah Setelah 17 Tahun Pacaran

Adinda Sherlina

Tapi Kontrak Kerja Jadi Kendala Pedangdut Gina Youbi Ingin Langsung Dapat Momongan Menikah

Adinda Sherlina

Idap Kanker, Cinta Penelope Beberkan Kebiasaan Buruknya di Masa Lalu

Adinda Sherlina

Gading Marten Didoakan Segera Menikah, Sahabat Tunjuk Wanita Ini, Ayah Gempi Malu Malu : Yang Mana ?

Adinda Sherlina

Sedang Naik Daun, Sheryl Sheinafia Bakal Nyanyi Solo di Acara Ini

Adinda Sherlina

Kini Dipanggil menuju Istana Karir Cemerlang & Karya Berlimpah Rekam Jejak Wishnutama Calon Menteri

Adinda Sherlina

Leave a Comment