Kesehatan

Berikut Tips Jaga Kesehatan Mata Saat Pakai Smartphone Penggunaan HP Meningkat

Smartphone kini tak bisa lepas dari kehidupan sehari hari manusia. Dan penglihatan kita setiap hari tidak akan jauh dari layar smartphone. Cahaya biru dari layar smartphone dapat menyebabkan kebutaan.

Studi ini menemukan, cahaya biru menimbulkan reaksi toxic dalam molekul retina yang merasakan cahaya dan memberi sinyal pada otak. Akibatnya, reaksi kimia beracundapat membunuh fotoreseptor di mata. Para peneliti juga mempelajari dampak cahaya biru apa yang datang dari TV, smartphone, dan tablet terhadap kesehatan kita.

Beristirahat sejenak dari melihat layarsmartphone setiap 20 menit. Dan kemudian lihat sesuatu yang berjarak 20 meter. Melakukan ini akan mengendurkan otot mata untuk sementara waktu dan membuat mata beristirahat.

Saat berkonsentrasi pada smartphone, tingkat kedippada mata menurun yang dapat menyebabkan semua air mata mengering dari permukaan mata. Hal ini menyebabkan iritasi mata, kemerahan, rasa sakit, dan penglihatan kabur. Berkedip lebih sering akan membuat mata lembab dan mengurangi iritasi dan kekeringan.

Jadi, pastikan saat menggunakan smartphone mata berkedip seperti saat melakukan aktivitas lain. Silau layar dapat membuat mata cepat lelah, jadi pastikan ponsel dilengkapi dengan kaca anti silau. Ini akan melindungi mata dari cahaya yang menyilaukan.

Kamu juga dapat mengunduh aplikasi pengurang cahaya untuk mengurangi cahaya biru pada perangkatsmartphone. Secara umum, sebagian besar orang cenderung memegang smartphone mereka hanya sekitar 8 inci dari wajah mereka untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik atau lebih dekat. Ini tidak baik untuk mata karena cahaya biru dapat memengaruhi mata.

Cobalah pegangsmartphone setidaknya sejauh 16 hingga 18 inci dari mata. Ini mungkin terasa aneh ketika kamu melakukannya untuk pertama kali, tetapi secara bertahap akan terbiasa. Menurut National Sleep Foundation, cahaya biru juga dapat memengaruhi tidur dengan menekan produksi hormon melatonin.

Melatonin memainkan peran penting dalam pengaturan siklus tidur dan produksinya dipengaruhi oleh deteksi cahaya biru di smartphone. Jadi, matikansmartphone setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur. Salah satu cara untuk melindungi mata dari ketegangansmartphone adalah dengan menyesuaikan kecerahan dan kontras layar.

Memiliki kecerahan layar terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan mata tidak akan nyaman. Jadi, sesuaikan pengaturan kecerahan dan kontras agar sesuai untuk mengurangi ketegangan mata sampai batas tertentu. Cara lain untuk menyelamatkan mata dari sorotan konstan smartphoneadalah dengan menyiram mata dengan air biasa.

Memercikkan mata dengan air akan menangkal iritasi dan mengurangi kekeringan pada mata. Ini akan menurunkan masalah seperti penglihatan kabur dan membantu mata untuk fokus lebih baik. Ketergantungan smartphone tidak bisa kita hindari, tetapi kamu dapat mengurangi kerusakan mata dengan menerapkan hal hal mudah ini.

Baca Berita Lain

Kenali 7 Efek Samping Penyakit Diabetes Termasuk Gagal Ginjal & Penyakit Gusi Hari Diabetes Sedunia

Adinda Sherlina

KPPS Meninggal Setelah Kelelahan Bertugas, Ini Penjelasan Medis Lelah dan Begadang Picu Kematian

Adinda Sherlina

Berikut Gejala & Penyebabnya Radang Telinga (Labyrinthitis) Dapat Ganggu Pendengaran

Adinda Sherlina

Strategi Rumah Sakit Kalau Pasien Turun Kelas Akibat Iuran Naik

Adinda Sherlina

Nenek Ini Sembuh dari Kanker Payudara Stadium 4 Setelah MInum Rebusan Kayu Bajakah

Adinda Sherlina

Mulai Dari Kemasan Praktis Sampai Beli Online Transformasi Jamu Tradisional

Adinda Sherlina

Tidak Pernah Sakit Serius, Bocah 15 Tahun Divonis Leukemia

Adinda Sherlina

Kata Kemenkes Soal Warga Negara Jepang yang Terjankit Virus Corona Setelah Berkunjung menuju Indonesia

Adinda Sherlina

di Antaranya Campur Kunyit & Gel Lidah Buaya 3 Resep Obat buat Atasi Wasir

Adinda Sherlina

Leave a Comment