Kesehatan

Asal . . . Nasi Putih Tak Selalu Bikin Cepat Gendut

Nasi putih seakan menjadi musuh oleh sebagian orang, terutama yang sedang menurunkan berat badan dan para penderita diabetes. Sebab nasi putih kerapdianggap mengandung kadar gula yang tinggi dan cepat membuat gendut. Terkait anggapan tersebut, Sekretaris Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) dr. Em Yunir menuturkan kalau yang membuat efek efek negatif tersebut karena konsumsi nasi yang berlebihan.

“Nasi jadi kambing hitam karena pola makan kita kan tinggi carbo nasi segunung lauknya sedikit, itu kan banyak kalori yang masuk,” kata dr. Em Yunir saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019). Misalnya jika memiliki tinggi 160 cm, maka maksimal kalori yang dikonsumsi perhari adalah 1.700 kalori sedangkan satu tumpuk nasi padang saja kalorinya bisa mencapai 175 hingga 200 kalori. Kemudian yang membuat tekanan gula dalam tubuh cepat tinggi, karena nasi mengandung indeks glisemik tinggi yang dalam satu hingga dua jam cepat menaikkan tekanan gula darah.

“Karena kan nasi indeks glisemik tinggi kalau makanan yang lain pelan pelan naiknya jadi memberi pankreas mengeluarkan insulin pelan pelan,” ucap dr. Em Yunir. Lalu adanya mitos kalau nasi putih lebih baik dikonsumsi saat dingin karena rendah gula pun langsung dipatahkan oleh dr. Em Yunir, karena tidak ada pengaruhnya. “Kalau nasi hangat dijauhkan ya karena selera kalau nasi panas kan bikin nambah terus jadi banyak gulanya,” kata dr. Em Yunir.

Ada berbagai pilihan nasi lain yang dimodifikasi sehingga memiliki indeks glisemik yang rendah namun efek jangka panjangnya tetap menumpukkan gula di dalam tubuh. “Ada nasi hitam sehingga indeksnya rendah jadi kenaikan gula darahnya beda tapi katanya efek jangka panjangnya sama saja,” kata dr. Em Yunir.

Baca Berita Lain

4 Tips Sederhana & Efektif buat Mencegah Ketombe saat Musim Dingin Tiba

Adinda Sherlina

Manfaat Jus Bayam: Turunkan Kolesterol, Lancarkan Pencernaan, dan Cegah Kanker

Adinda Sherlina

Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah 5 Manfaat Santan Kelapa buat Kesehatan Tubuh

Adinda Sherlina

Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah Jangan Takut Kehabisan Stok

Adinda Sherlina

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Beri Trik Melawan Pelaku Ekshibisionis yang Lakukan Teror Sperma

Adinda Sherlina

Kenali Apa itu GHB & Bahayanya GHB Diduga Obat yang Digunakan Reynhard Sinaga kepada Korbannya

Adinda Sherlina

Leonid Rogozov, Dokter yang Nekat Operasi Dirinya Sendiri karena Tak Punya Pilihan Lain

Adinda Sherlina

Mengecilkan Perut hingga Mencegah Diabetes 12 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Adinda Sherlina

Ciri Ciri Kebiasaan Hidup Orang Yang Tak Pernah Stres, Anda Bisa Menirunya

Adinda Sherlina

Leave a Comment