Pendidikan

Alasan hingga Waktu Pelaksanaan Nadiem Makarim Jawab soal Wacana Penghapusan UN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan penjelasan mengenai wacana penghapusan Ujian Nasional (UN). Nadiem membeberkan alasan rencana penghapusan UN hingga kapan perkiraan waktu pelaksanaanya. Berikut rangkuman pernyataan Nadiem sebagaimana dikutip dari Kompas.com:

Nadiem Makarim memastikan UN di tahun ajar ini yakni UN pada tahun 2020 akan tetap berjalan. UN 2020 tetap dilakukan agar para siswa yang belajar saat ini tetap tenang. "Yang sudah pasti 2020 kan masih akan jalan UN."

"Itu kan sudah kami umumkan, biar tenang bagi yang sudah belajar dan sebagainya," ujar Nadiem di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/11/2019). Nadiem kemudian menjelaskan bahwa wacana penghapusan UN saat ini masih dikaji, dievaluasi dan dilakukan penilaian. "Kan masih dikaji. Baru minggu lalu kan. Ya kita bertahap assessment . Tahap mengevaluasi, jadi ya belum siap," kata Nadiem.

Nadiem Makarim, evaluasi terhadap UN bisa sekedar wacana hapus menghapus. Menurut Nadiem yang lebih penting adalah melihat kembali esensi dari pelaksanaan UN itu sendiri. "Jadi ini (kajian UN) semacam prinsipnya. Jadi semua ini bukan wacana hapus menghapus tetapi ini juga wacana memperbaiki esensi dari UN sebenarnya itu apa. Apa untuk menilai murid atau untuk menilai sistem," jelas Mendikbud Nadiem.

Nadiem menyatakan banyak aspirasi datang dari masyarakat dan dunia pendidikan untuk mengkaji kembali pelaksanaan UN. Ia melanjutkan, banyak pula aspirasi masyarakat yang sebenarnya bukan ingin menghapuskan UN tetapi lebih kepada menghindari dampak dampak negatif yang ditimbulkan dari UN tersebut. "Banyak sekali aspirasi dari masyarakat, dari guru, dari murid dari orangtua yang sebenarnya banyak juga dari mereka yang bukan ingin menghapuskan tetapi menghindari hal hal yang negatif; dari sisi stress, kayak menghukum siswa yang mungkin dari bidang (UN) itu kurang kuat dan lain lain," ujar Mendikbud Nadiem.

Nadiem Makarim mengungkapkan alasan yang melatarbelakangi rencana penghapusan ujian nasional (UN). Menurut dia, ada keinginan untuk menghindari dampak negatif dari UN tersebut. "Banyak sekali aspirasi dari masyarakat. Sebenarnya dari guru, dari murid, dari orangtua yang sebenarnya banyak juga dari mereka yang inginnya bukan menghapus, tapi menghindari hal yang negatif," ujar Nadiem di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Dia mencontohkan, tingkat stres yang tinggi pada siswa saat persiapan ujian nasional. Kemudian, saat siswa menghadapi ujian yang pelajarannya bukan bidang mereka, ada rasa khawatir yang berlebihan. Pemerhati Pendidikan Dony Koesoema memberikan tanggapan positif terkait dengan kabar pengkajian penghapusan ujian nasional oleh Mendikbud.

Dony Koesoema menilai keputusan Nadiem Makarim untuk mengevaluasi kebijakan ujian nasional sudah tepat. "Kalau Mas Nadiem ini mau mengevaluasi kebijakan ujian nasional itu sudah sangat tepat, tetapi saya ingin jangan sampai evaluasi ujian nasional hanya membahas satu kegiatan yang disebut ujian nasional," jelas Dony dalam tayangan yang diunggahtvOneNews, Kamis. Dony Koesoema mengatakan soal pengkajian ujian nasional harus menggunakan pertimbangan yang utuh.

Meliputi evaluasi yang sifatnya internal dan evaluasi yang sifatnya eksternal. Karena ujian nasional adalah bagian dari standar nasional pendidikan yang berhubungan dengan standar penilaian. Selain itu, ujian nasional juga berkaitan dengan proses seleksi masuk ke perguruan tinggi.

"Karena ujian nasional itu adalah bagian dari standar nasional pendidikan terutama standar penilaian, evaluasi yang sifatnya internal ada yang evaluasi sifatnya eksternal," terang Dony. "Nah ini harus dipertimbangkan secara utuh oleh Mas Menteri ini, terutama ujian nasional ini kan terkait juga dengan bagaimana proses seleksi masuk ke perguruan tinggi," tambahnya.

Baca Berita Lain

Kapan Puasa Syawal 6 Hari Dilaksanakan? Ini Penjelasan, Bacaan Niat dan Tata Caranya, Terbaru 2019

Adinda Sherlina

Try Out & Seminar Motivasi Masuk Kampus Hadir di Bekasi

Adinda Sherlina

Kemendikbud Telah Serahkan Hasil UNBK SMA/SMK/MA 2019 Ke Pemda: Rata Rata Nilai UN Meningkat

Adinda Sherlina

Perum Perindo Salurkan Bantuan Pendidikan buat 11 Mahasiswa Jurusan Perikanan dari Keluarga Nelayan

Adinda Sherlina

Pendaftar Meningkat Berlipat, World English Paling Mentereng di Kampung Inggris Pare Kediri

Adinda Sherlina

‘Kebanyakan Menghafal Hingga Kebutuhan Bimbel’ Ini Alasan Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional

Adinda Sherlina

TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Adinda Sherlina

Mendorong Keterlibatan Pihak Swasta dalam Memajukan Pendidikan di Indonesia

Adinda Sherlina

Link Pendaftaran UTBK Gelombang II, Simak Mekanisme dan Jadwal Tesnya, Jangan Sampai Ketinggalan!

Adinda Sherlina

Leave a Comment