Internasional

Alami Gejala Diare sampai Sesak Napas Kucing di Belgia Terjangkit Covid-19

Seekor kucing di Belgia menjadi kucing pertama yang terjangkit Covid 19. Pada Jumat (27/3/2020) lalu, otoritas Kota Liege meyakini bahwa kucing malang itu tertular dari pemiliknya. Kucing itu kini telah dites dan mengalami sejumlah gejala sakit mirip pneumonia pada sakit corona.

Antara lain flu dan kesulitan bernapas. "Kucing itu diare, muntah, dan kesulitan bernapas." "Para peneliti menemukan virus (corona) pada kotoran kucing itu," jelas Profesor Steven Van Gucht melansir .

Belum jelas sekarang bagaimana pemilik dan kucing tersebut bisa saling menularkan virus. Profesor ini juga menegaskan bahwa penularan penyakit dari hewan ke manusia sangat tidak mungkin. "Kami ingin tegaskan bahwa ini adalah kasus yang terisolasi."

"Resiko transmisi virus dari hewan ke manusia sangatlah kecil," jelas Gucht. Sejatinya kucing itu bukan hewan peliharaan pertama yang terjangkit virus corona. Seekor anjing di Hong Kong bulan lalu dikarantina setelah dinyatakan positif virus “tingkat rendah”.

Anjing itu dimiliki oleh seorang wanita yang juga menderita sakit Covid 19. Tak lama kemudian, pomeranian berusia 17 tahun itu meninggal setelah pulang dari karantina. Menurut data dari Universitas John Hopkins, ada lebih dari 9.100 kasus virus corona yang dikonfirmasi dan setidaknya 353 kematian di Belgia.

Sementara itu menurut , Belgia telah mengantongi 9.134. Jumlah ini sebelumnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni sebanyak 1.850. Sementara itu angka kesembuhannya 1.063.

Menyoal potensi penularan Covid 19 pada hewan peliharaan, dokter hewan dari American Veterinary Medical Association Gail Golab mengatakan hal yang sama dengan Gucht. "Kami tidak terlalu khawatir terkait penularan Covid 19 melalui kontak dengan anjing atau kucing," jelasnya. Golab juga mengatakan bahwa virus bertahan paling baik pada permukaan yang halus, seperti halnya gagang pintu.

"Bahan berpori, seperti bulu hewan peliharaan, cenderung menyerap dan menjebak patogen." "Sehingga membuatnya lebih sulit untuk menular melalui sentuhan," jelas Golab. Anggapan ni juga diamini Dewan Nasional Perlindungan Hewan Belgia.

Menurut pihaknya, tidak ada alasan pemilik hewan lantas menjauhi peliharaannya terkait khawatir tertular Covid 19. Tetapi perlu diperhatikan juga, sebelum dan setelah menyentuh binatang baiknya adalah mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Lantaran kasus baru baru ini mengambarkan penularan dari manusia ke kucing, bukannya antar kucing.

"Jangan kembali ke abad pertengahan yang suram, ketika orang orang yang tidak mengerti memburu dan membunuh kucing karena takut mereka akan tertular wabah," ungkap Dewan Nasional Perlindungan Hewan Belgia melansir . Sementara itu anjing anjing di Medical Detection Dogs justru dilatih untuk 'memburu' orang yang terinfeksi corona. "Anjing yang mengidentifikasi Covid 19 akan dilatih dengan cara yang sama seperti anjing anjing yang telah dilatih oleh lembaga amal untuk mendeteksi penyakit seperti kanker, parkinson dan infeksi bakteri."

"Dengan cara mencium sampel di ruang penelitian dan mengindikasinya saat mereka menemukan itu." Mereka juga bisa mendeteksi perubahan suhu pada kulit, sehingga berpotensi mengetahui apakah seseorang mengalami demam," jelas lembaga amal ini.

Baca Berita Lain

PM Jepang Shinzo Abe Pusing Dicecar Soal Banyaknya Undangan buat Nonton Sakura

Adinda Sherlina

Begini Media Asing Beritakan Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia

Adinda Sherlina

60.119 Lansia di Jepang Kembalikan SIM-nya kepada Kepolisian

Adinda Sherlina

Manhole pun Disegel Polisi Jelang Pertemuan PM Jepang di China

Adinda Sherlina

Indonesia Harusnya Ambil Pelajaran & Tak Panik Terbukti Menurun di China Corona Bisa Sembuh

Adinda Sherlina

Jokowi Ma’ruf Dilaporkan Menang Telak Di Australia

Adinda Sherlina

Pernikahan Ricuh setelah Mempelai Pria Putar Video Perselingkuhan Istri dengan Ipar di Depan Tamu

Adinda Sherlina

Daftar 20 Negara di Asia yang Belum Terinfeksi Virus Corona Selain Indonesia

Adinda Sherlina

Kami Selalu Dikritik dengan Salah Persepsi Emmy Hafild

Adinda Sherlina

Leave a Comment