Nasional

Akhirnya Indonesia wajib Memikul Beban Pro Kontra Pemulangan WNI Eks ISIS SETARA

Pemulangan 600 Warga Negara Indonesia (WNI) di Timur Tengah yang tergabung dalam kelompok teroris Islamic State Iraq Suriah (ISIS) menuai pro dan kontra. SETARA Institute mendorong pemerintah bertindak tegas untuk memulangkan mereka. Terlepas dari status kewarganegaraan 600 WNI yang sempat tergabung dalam kelompok teroris tersebut. "Pada akhirnya Indonesia, negara kita ini harus memikul beban tersebut. Dan mau tidak mau saatnya nanti, menerima juga sebagian dari mereka," ujar Wakil Ketua SETARA Institute Bonar Tigor Naipospos dalam sebuah diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md memastikan, hingga kini pemerintah belum memutuskan apakah akan emulangkan 600 warga negara Indonesia (WNI) eksISISke Tanah Air. Pemerintah, kata Mahfud, masih mempertimbangkan manfaat dan kerugian apabila mereka dipulangkan ke Indonesia. "Mulai dari mudarotnya kalu dipulangkan itu nanti bisa menjadi masalah di sini, bisa menjadi virus baru di sini. Karena jelas jelas dia pergi ke sana untuk menjadi teroris," ujar Mahfud.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung apabila pemerintah akan memulangkan para WNI mantan ISIS dari Suriah ke Indonesia. "Kami mendukung rencana ini, sejauh itu sudah dipertimbangkan masak masak," kata Bambang. Presiden Joko Widodo sendiri mengaku tak setuju apabila ratusan WNI eksISISpulang ke tanah air. Namun, Jokowi mengatakan keputusan itu harus dibahas terlebih dahulu dalam rapat terbatas.

"Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas lho ya, kalau bertanya pada saya saya akan bilang tidak. Tapi masih dirataskan," kata Jokowi.

Baca Berita Lain

Salah Satunya Diduga Plagiat Dua Calon Hakim Tidak Lolos Seleksi di DPR

Adinda Sherlina

Wiranto Hadiri Syukuran Pelantikan Anggota Watimpres 2019-2024

Adinda Sherlina

Tuntaskan 19.708 Perkara & Tolak menuju Luar Negeri Dewas KPK Baru Fakta Menarik Artidjo Alkostar

Adinda Sherlina

Saya Tidak Kaget yang Melakukan Ari Askhara Ari Askhara Terseret Kasus Penyelundupan Said Didu

Adinda Sherlina

Dibully Karena Dinilai Selingkuh dengan Puput Nastiti, Ahok Puji Balasan Ibunya: Bijak Tapi Nyelekit

Adinda Sherlina

Kronologi Wanita yang Mengaku Kehilangan Bra di Kereta, Baru Sadar Ketika Bercanda dengan Teman

Adinda Sherlina

Minta Maaf Kepada Saksi Pendemo, Ratna Sarumpaet: Aku Buat Kalian Kecewa

Adinda Sherlina

Direksi TVRI Bingung Pemberhentian Helmy Yahya karena Faktor Liga Inggris

Adinda Sherlina

Politik Saya Seperti Makan Kacang Sangrai Siti Nur Azizah

Adinda Sherlina

Leave a Comment