Nasional

Achmad Yurianto Sebut Salah Satu Kunci Keberhasilan Isolasi Mandiri Adalah ‘Perasaan Gembira’

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, salah satu kunci keberhasilan dalam isolasi mandiri adalah perasaan yang tetap gembira. Menurut Yuri, secara ilmiah perasaan gembira sangat berpengaruh terhadap imunitas individu. "Secara ilmiah, perasaan gembira, tidak tertekan, perasaan tidak stres itu sangat mempengaruhi perbaikan pada status imunitas seseorang," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Senin (6/4/2020).

"Artinya, kalau orang itu sedih, stress, ketakutan, maka umunitasnya akan turun dan memperparah penyakit," lanjut dia. Oleh karenanya, pemerintah menyarankan agar lokasi untuk pelaksanaan isolasi mandiri dipilih yang tidak menimbulkan rasa tertekan. Selain itu, untuk menjaga kondisi psikis individu, disarankan pula ada fasilitas yang mendukun, yakni fasilitas penunjang kehidupan sehari hari atau fasilitas hiburan.

"Sebaiknya dipilih bagaimana caranya mereka bisa bergembira. Misalnya tadi kita lihat ada fasilitas olahraga supaya individu tenang dan bisa lupa (melupakan kekhawatiran karena tertular Covid 19," jelas Yuri. Pemerintah mempersilakan masyarakat untuk menyiapkan lokasi isolasi mandiri di mana pun selama memadai. "Di tempat mana saja kalau memang itu inisiatif masyarakat tetapi itu membawa rasa bahagia, tenang. Itulah kuncinya. Kemudian perlu ditanamkan bahwa saat melakukan isolasi diri individu perlu menyadari bahwa itu untuk melindungi orang yang sehat," tegas Yuri.

Dengan menerapkan berbagai saran pemerintah tersebut, kaya Yuri, masyarakat diharap tidak merasa seperti 'dipejara'. "Ini kan prinsip dari komitmen yang sakit melindungi yang sehat. Sehingga tidak ada yang merasa seperti dipenjara," lanjut dia. Sebelumnya, Yuri menjelaskan ada empat kelompok yang harus melakukan isolasi atau karantina untuk mencegah meluasnya penularan Covid 19 yang disebabkan virus corona.

Keempatnya yakni individu yang terkonfirmasi tertular Covid 19, individu yang kemungkinan tertular berdasarkan hasil rapid test dan individu yang merasakan keluhan yang mengarah atau menyerupai gejala Covid 19. Kemudian, individu yang tidak merasakan keluhan tertentu tetapi terjangkit Covid 19. Dia pun menjelaskan bahwa isolasi mandiri sebaiknya dilakukan lebih dari 14 hari. Hal tersebut merujuk kepada masa inkubasi penularan Covid 19 selama 14 hari.

Selanjutnya, dalam isolasi mandiri harus memperhatikan kontrol. Artinya, selama 14 hari ada monitoring oleh petugas kesehatan.

Baca Berita Lain

Kita Butuh BUMN Diperbaiki secara Mendalam Partai Hanura Dukung Ahok Pimpin BUMN Benny Ramdhani

Adinda Sherlina

Akhirnya Indonesia wajib Memikul Beban Pro Kontra Pemulangan WNI Eks ISIS SETARA

Adinda Sherlina

Mahfud MD Tegaskan Indonesia Sedang Tak Berperang dengan China Soal Konflik Natuna

Adinda Sherlina

Berdampak Rugikan Banyak Pihak Aria Bima Tanggapi soal Kasus Jiwasraya

Adinda Sherlina

Bahas Mulan Jameela Masuk DPR Meski Kalah Suara Ketua DPP Nasdem Apakah Itu Gak Zalim

Adinda Sherlina

Kemendagri Dukung Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun Depan

Adinda Sherlina

Proses Pembuatan Visa Haji Indonesia Terus Dikebut, 143 Ribu Paspor Sudah Terkumpul

Adinda Sherlina

Sampai Detik Ini Nggak Tahu Kena di Mana Aktor Detri Warmanto Positif Corona Jalani Isolasi Mandiri

Adinda Sherlina

Hanya . . . Anies Enggan Komentar Banyak Disinggung soal Banjir Berkali-kali Terjadi di Jakarta

Adinda Sherlina

Leave a Comment