Travel

6 Tips Liburan di Era New Normal Pariwisata

Pariwisata Indonesia segera dibuka saat new normal pariwisata diberlakukan. Ia memberi syarat sektor pariwisata dapat beroperasi di suatu daerah jika R0 (basic reproductive number, R naugt) atau potensi penularan Covid 19 tercatat di bawah 1. "Rt (R effective) nya di bawah 1, sehingga betul betul secara bertahap kita bisa membuka sektor pariwisata tetapi sekaligus dengan pengendalian protokol yang ketat," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang pariwisata di masa pandemi melalui video conference .

Nah, kalaupun jadi dibuka, traveler harus tahu beberapa tips perjalanan berikut ini. Usahakan saat bepergian selama new normal untuk menghindari kerumunan. Hindari sebanyak mungkin orang sehingga menjauhi transportasi umum bisa jadi pilihan tepat.

Bila menggunakan mobil pribadi ke bandara, usahakan sopir dan penumpang tidak sejajar, sopir di depan dan penumpang di belakang. Jika terpaksa menggunakan angkutan umum usahakan untuk terus mengenakan masker dan berhati hati saat menyentuh apapun. Selama bepergian, jangan pernah melepas masker apalagi di tempat umum.

Jika kamu tidak punya masker bisa menggunakan bandana, syal, kaus, ataupun handuk untuk menutup hidung dan mulutmu. Sekali lagi, kamu harus menghindari sebanyak mungkin kontak fisik dengan orang lain selama perjalanan. Jadi kalau memungkinkan lakukan check in online.

Pada setiap tahap perjalanan, traveler harus rajin mencuci tangan baik saat berada di bandara ataupun turun dari pesawat. Saat berada di bandara dan saat naik, jaga jarak setidaknya enam kaki dari wisatawan lain. Beberapa maskapai juga mempunyai beberapa aturan sendiri untuk mencegah penularan covid 19 di pesawat.

Beberapa maskapai mempunyai layanan minuman dan makanan di pesawat. Saat pandemi covid 19 ini beberapa restoran menyediakan layanan antar makanan. Namun, untuk lebih aman, traveler bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Berkat filter udara HEPA, virus tak akan menyebar dengan mudah di pesawat. Namun, sangat rentan apabila terlalu dekat dengan orang yang terkena virus. Untuk itu penting melakukan social distancing di pesawat.

Beberapa maskapai sudah menghilangkan kursi tengah mereka agar jarak penumpang bisa berjauhan.

Baca Berita Lain

10 Kode Rahasia Pramugari ini Tidak Diketahui Banyak Penumpang

Adinda Sherlina

Rekomendasi 9 Kuliner Enak yang Wajib Dicoba di Kota Bandung

Adinda Sherlina

Review Penginapan Bandung Termurah

Adinda Sherlina

Termasuk Emirates Protokol Kesehatan dari 6 Maskapai Penerbangan di Dunia

Adinda Sherlina

7 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah, Cobalah Rute Baru

Adinda Sherlina

Gubernur Jakarta Resmikan Wahana Baru Ancol Taman Impian

Adinda Sherlina

Mantan Pembersih Pesawat Ini Akhirnya Jadi Pilot Kerja Keras Selama 24 Tahun

Adinda Sherlina

Banyuwangi Kini Punya Terminal Pariwisata Terpadu buat Mudahkan Wisatawan

Adinda Sherlina

Penerbangan Ini Dibatalkan Setelah Awak Kabin Laporkan Ada Es di Sayap Pesawat

Adinda Sherlina

Leave a Comment