Metropolitan

4 Triliun buat Pelaku UMKM Ibu Kota Bank DKI Sudah Kucurkan Dana Rp 1 Hingga September 2019

Penyaluran kredit bagi pedagang di pasar pasar Ibu Kota terus digencarkan Bank DKI. Terhitung hingga September 2019, Bank DKI telah menyalurkan Rp 1,4 triliun kepada pelaku UMKM DKI Jakarta. Angka ini meningkat 25,2 persen dibanding periode September 2018 yang hanya Rp 1,1 triliun.

"Per September 2019, Bank DKI telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp 1,4 triliun atau meningkat 25,2 persen dibandingkan periode September 2018," kata Sekretaris Perusahan Bank DKI Herry Djufraini saat dikonfirmasi, Kamis (21/11/2019). Pelaku UMKM di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) jadi satu dari sekain wilayah yang jadi sasaran Kredit Monas. Lewat program Kredit Monas 25, 75, dan 500, pedagang di PIBC bisa mengajukan pinjaman dengan plafon mulai dari Rp5 juta hingga Rp500 juta.

Mereka bisa memanfaatkan pinjaman ini untuk tambahan modal usaha yang digeluti. "Para pedagang bisa mamanfaatkan itu untuk tambahan modal," ucap dia. Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Bank DKI Zainuddin Mappa menuturkan pelaku usaha di PIBC yang memegang kartu Pedagang akan lebih mudah mendapat pinjaman.

Pasalnya lewat kartu tersebut, portofolio keuangan dari usaha yang mereka jalani sudah terekam. "Portofolio keuangan dari usaha yang dijalani sudah terekam dalam aktivitas rekening para pedagang," tutur Zainuddin. Bukan cuma memudahkan saat pengajuan pinjaman, Kartu Pedagang juga berfungsi sebagai kartu ATM dan uang elektronik JakCard Bank DKI.

Kartu Pedagang ini juga bisa digunakan untuk alat pembayaran retribusi, dan pembayaran tiket Transjakarta, MRT, hingga masuk ke kawasan wisata Jakarta semisal Monas dan Ragunan.

Baca Berita Lain

SPBU Cirendeu Jadi Saksi Bisu Tempat Parkir Mobil Berisi Mayat Ayah Anak Yang Dibunuh Istri Muda

Adinda Sherlina

Pemerintah Kota Tangerang Bantu Percepatan Proyek Strategis Nasional

Adinda Sherlina

Kasus Kematian Tukang Antar Ayam di Depok: Dibunuh Rekan Kerja, Tersangka Terlilit Utang

Adinda Sherlina

Garap Perbaikan Jalur Bus Transjakarta, Dinas Bina Marga Pakai Metode Ini

Adinda Sherlina

Komunitas Lingkungan dan Pelajar Peringati Hari Air Sedunia di Sungai Ciliwung

Adinda Sherlina

Waspada, Ada Ancaman Kekeringan Selama 3 Bulan ke Depan di Wilayah Kabupaten Bekasi

Adinda Sherlina

Konvoi Puluhan Anggota Geng Motor dari Bekasi ke Jakarta Berakhir di Kantor Polisi

Adinda Sherlina

Orangtua Murid Sepakat Berdamai dengan SMA Kolese Gonzaga Sidang Gugatan di PN Jakarta Selatan

Adinda Sherlina

LIPI Pastikan Puluhan Telur Di Kali Cengkareng Drain Bukan Telur Buaya Tapi Biawak

Adinda Sherlina

Leave a Comment